...
tanda tangan simple tapi bagus
5-min read

7 Tips Membuat Tanda Tangan Simple tapi Bagus, Nggak Usah Ribet!

tanda tangan simple tapi bagus

Mau bikin tanda tangan nggak usah ribet-ribet! Simak tips membuat tanda tangan simple tapi bagus berikut ini!

Kamu mau punya tanda tangan yang sederhana tetapi tetap menarik? Apa pun profesimu, tanda tangan unik dapat memberikan kesan profesional dan memperkuat identitas pribadi kamu. Kali ini, Kostmin bakal kasih tujuh tips untuk membuat tanda tangan yang sederhana namun menarik.

Emang Apa, sih, Fungsi Tanda Tangan?

Jangan dikira tanda tangan ini cuma sekedar coretan nggak berarti, kamu salah! Tanda tangan ini memiliki beberapa fungsi, loh. Penasaran sama apa aja fungsi dari tanda tangan ini?

1. Mewakili diri sendiri

Yang pertama, tanda tangan dapat dijadikan sebagai bukti bahwa kamu telah melakukan sebuah kesepakatan atau menyatakan persetujuan terkait hal-hal tertentu. Karena tanda tangan unik dan berbeda setiap orangnya, maka bisa dianggap mewakili pemiliknya.

Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan tanda tangan untuk membuktikan bahwa kamu sebagai pemilik tanda tangant tersebut sudah menyetujui suatu kesepakatan.

Misalnya ketika membeli barang, kamu menerima kwitansi yang di dalamnya tertulis catatan “barang tidak dapat dikembalikan”. Ketika kamu menandatangani kwitansi tersebut, itu artinya kamu menyetujui bahwa barang yang sudah kamu beli tidak bisa dikembalikan lagi.

2. Menjadi pembeda

tanda tangan simple tapi bagus
Source: Viva

Tanda tangan juga bisa berfungsi sebagai pembeda antara seseorang dengan yang lainnya. Karena, kalau hanya mengandalkan nama untuk membuktikan validitas suatu dokumen, maka kebenarannya tidak terlalu kuat, dan bisa jadi nama tersebut palsu atau tertukar dengan nama orang lain.

Maka dari itu, perlu ditambahkan tanda tangan agar dokumen tersebut tidak tertukar dan memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Sebab tanda tangan setiap orang pasti berbeda-beda.

Misalnya ketika kamu menerima buku pelajaran yang dipinjamkan dari sekolah, kamu bisa menambahkan tanda tangan menggunakan pensil untuk sebagai ciri tersendiri. Dengan begitu, buku milikmu tidak akan tertukar dengan buku temanmu.

3. Bukti legalitas dokumen

Nah, tanda tangan juga bisa jadi tanda legalitas sebuah dokumen, di mana jika kamu ingin membuat dokumen penting yang memerlukan legalitas dari seseorang, kamu bisa menggunakan tanda tangan sebagai bukti legalitasnya.

Dalam hal ini, tanda tangan bersifat mengikat dan keabsahannya tetap seperti yang diatur dalam Pasal 1869 s/d Pasal 1874 KUHP atau Pasal 1 Ordonansi 1867 No. 29 tentang syarat penandatanganan dokumen.

Pasal tersebut menyatakan bahwa tanda tangan dapat dijadikan bukti kepemilikan dokumen penting atau surat berharga.

Info wajib baca: 10 Ide Hiasan Kelas Sederhana tapi Mewah, Makin Semangat Belajar!

7 Tips Membuat Tanda Tangan Simple tapi Bagus

Nah, sekarang kamu yang mau bikin tanda tangan tapi nggak mau ribet-ribet, bisa simak tips membuat tanda tangan simple tapi bagus berikut ini. Dengan tips ini, kamu bia bikin tanda tangan yang sederhana, tapi tetep kelihatan bagus!

1. Bisa dibaca oleh orang lain

Tanda tangan yang bisa dibaca oleh orang lain bukan menjadi hal yang buruk, justru semakin bagus kalau tanda tanganmu jelas dan terbaca oleh orang lain.

Menurut Listiani Alim, tanda tangan yang bisa dibaca oleh orang lain secara tidak langsung akan membantu pembacanya untuk menilai pemilik tanda tangan. Misalnya pada saat kamu akan memulai kerja sama dengan orang lain.

Jika suatu hari kamu menjadi orang penting atau terkenal, tanda tangan yang bisa dibaca tentunya akan meninggalkan kesan berbeda kepada penerimanya.

2. Tips tanda tangan simple tapi bagus: Bersih dan bebas dari coretan

Tanda tangan yang bersih dan bebas dari coretan menunjukkan bahwa pemiliknya adalah orang yang yakin dengan dirinya sendiri dan posisinya di masyarakat. Selain itu, tanda tangan yang bersih juga bisa meninggalkan kesan bahwa pekerjaan pemiliknya bersih.

Bahkan pada saat memulai kerja sama, tanda tangan yang bersih bisa memberikan kesan awal yang baik pada orang lain, lho. Soalnya, tanda tangan tersebut menggambarkan bahwa pemiliknya bisa bekerja dengan aturan yang jelas.

Sebaliknya, tanda tangan yang penuh coretan serta terlalu banyak noda justru menimbulkan kesan pemiliknya tidak terlalu memerdulikan dirinya dan kualitas pekerjaannya. Di samping itu, tanda tangan kotor cenderung meninggalkan kesan buruk untuk orang-orang yang membacanya.

3. Hindari mencoret nama sendiri

Beberapa orang punya kebiasan mencoret nama sendiri saat membuat tanda tangan. Tentu saja mereka punya alasannya sendiri untuk melakukan kebiasaan ini. Tapi secara tidak langsung, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan kesan bahwa pemiliknya kurang menyukai dirinya sendiri.

Tanda tangan ini menunjukkan kesan kalau mungkin pemiliknya merasa dirinya kurang baik di mata orang lain, atau mungkin merasa tidak bahagia karena alasan khusus, atau bisa juga karena pengalaman buruk di masa lalu.

4. Tips tanda tangan simple tapi bagus: Memperlihatkan nama jelas

tanda tangan simple tapi bagus
Source: IDX Channel

Walaupun bebas memilih bentuk tanda tangan sesuai dengan keinginanmu, tapi lebih baik jika tanda tangan tersebut memperlihatkan nama jelas kamu sendiri. Pasalnya bentuk seperti ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang percaya diri dengan kemampuanmu sendiri.

Entah nama singkat, atau gabungan huruf-huruf di bagian awal nama kamu. Yang penting, dalam tanda tanganmu memperlihatkan nama jelas.

Info wajib baca: 20+ Tebak-tebakan Hewan yang Lucu untuk Cairkan Suasana

5. Gunakan huruf kapital di awal

Kamu bisa menulis huruf awal namamu dengan menggunakan huruf kapital yang ukurannya lebih besar dari huruf lainnya. Cara ini dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki semangat tinggi untuk meraih apa yang kamu mau.

6. Tips tanda tangan simple tapi bagus: Gunakan Garis Bawah

Kamu tau nggak, kalo tanda tangan yang menggunakan garis bawah dapat menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang percaya tinggi sekaligus ambisius. Dan cara ini masih lebih baik dibandingkan mencoret nama sendiri di tanda tangan.

7. Tambahkan Simbol yang Unik

Agar tanda tangan kamu terlihat unik dan berbeda dari yang lain walaupun simple, kamu bisa menambahkan simbol unik seperti setengah lingkaran berukuran kecil untuk menggantikan titik, atau mungkin coretan yang hanya bisa kamu tulis sendiri.


Kalo udah tau tips membuat tanda tangan simple tapi bagus, kamu bisa cari contoh tanda tangan mudah buat jadi referensimu bikin tanda tangan. Anyway, kamu udah tau belom, kalo ada cara membuat amplop dari kertas?

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare