...
teks pidato perpisahan sd kelas 6
5-min read

2 Contoh Teks Pidato Perpisahan SD Kelas 6, Ada yang Bikin Haru

teks pidato perpisahan sd kelas 6

Berikut ini contoh teks pidato perpisahan SD kelas 6, cocok untuk si kecil!

Pidato adalah jenis komunikasi lisan di mana seorang pembicara berbicara kepada sekelompok orang dengan tujuan untuk menyampaikan pesan, ide, atau informasi tertentu. Pidato dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan informasi, menginspirasi, memotivasi, atau merayakan peristiwa.

Untuk membuat isi pidato menarik dan mudah dipahami pendengar, teks harus disusun sebaik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai. Dalam artikel ini, kita akan menampilkan beberapa contoh teks pidato perpisahan SD kelas 6 yang bisa si kecil gunakan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Info wajib baca: Kumpulan Contoh Teks MC Pernikahan Lengkap, dari Islami hingga Modern

Contoh Teks Pidato Perpisahan SD Kelas 6 (1)

Source: Suara.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah,

Bapak/Ibu Guru beserta tamu undangan,

Serta kawan-kawanku yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita.

Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada perayaan perpisahan kelas enam. Guru-guru dan teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua, yang telah memberi motivasi kepada kami semua. Untuk teman-teman, meski sudah lulus, kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal, kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Info wajib baca: 9 Acara TV Drama Yoo In Soo, All of Us Are Dead yang Terbaik

Contoh Teks Pidato Perpisahan SD Kelas 6 (2)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji dan syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa untuk semua limpahan rahmat serta karunia-Nya bagi kita semua yang hadir di sini. Pada kesempatan ini, di pagi yang cerah kita bertemu, kita berkumpul di sekolah tercinta ini dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas enam.

Sebenarnya, saya mewakili semua teman-teman kelas enam, berat sekali untuk menyampaikan untaian kata dari pidato ini. Kami sangat sedih karena kini telah tiba saat di mana kami harus berpisah dari guru, teman teman, dan adik–adik kelas semua. Namun, waktu telah membatasi kebersamaan kita, kami harus terus melangkah.

Khusus untuk semua yang hadir di sini, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, kami mengucapkan banyak terima kasih karena kamu telah mendidik kami dengan sangat baik selama enam tahun ini. Memberikan semua pengetahuan yang telah kami terima dengan sepenuh hati sebagai bekal kami untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua pelajaran dan nasihat dari Bapak dan Ibu guru, pasti akan kami ingat selalu sepanjang sisa hidup kami.

Kami juga mengucapkan ribuan meminta maaf kepada Bapak dan Ibu guru yang telah dengan sabar menghadapi kecerobohan kami, kenakalan kami serta tetap sabar membimbing kami selama ini. Kami tentunya menyadari bahwa banyak dari perilaku kami selama mengenyam pendidikan di sekolah ini, di tempat ini, telah mengganggu kenyamanan dan mungkin pernah menyinggung hati Bapak dan Ibu guru. Untuk itu sekali lagi saya mewakili semua teman kelas enam untuk meminta maaf kepada Bapak Ibu guru sekalian.

Dan untuk kedua orang tua kami yang telah mengurus kami, yang telah mengizinkan dan membiayai kami dalam menuntut ilmu ini, kami ucapkan banyak terima kasih, dan maaf akan perilaku kami, sekarang kami akan menjadi remaja, Ibu dan Ayah, kami tetap membutuhkan Ibu dan Ayah sampai kami bisa berdiri sendiri untuk membahagiakan kalian, maka itu kami selalu membutuhkan doa dan dukungan Ibu dan Ayah.

Kepada adik kelas sekalian, belajarlah dengan baik dan rajin semangat untuk menggapai cita-cita, tentunya di tahun berikutnya kalian akan menyusul kami meninggalkan sekolah kita yang tercinta ini. Jangan keras kepala dan jaga sikap kalian, hormatilah semua guru di sini yang ada di sini, itu pesan kami.

Saya rasa cukup, inilah akhir dari pidato ini, wassalamualaikum wr. wb.

Jenis-Jenis Pidato

Source: Liputan6.com

Terdapat beberapa jenis pidato yang digunakan dalam berbagai konteks. Beberapa jenis pidato yang umum meliputi:

  1. Pidato informatif: Pidato ini bertujuan untuk memberikan informasi atau penjelasan tentang suatu topik. Misalnya, pidato tentang sejarah suatu tempat atau pidato ilmiah yang menjelaskan hasil penelitian.
  2. Pidato persuasif: Pidato persuasif bertujuan untuk meyakinkan audiens untuk mengadopsi pandangan atau tindakan tertentu. Pidato politik, pidato iklan, dan pidato kampanye adalah contoh pidato persuasif.
  3. Pidato motivasi: Pidato motivasi bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi audiens. Biasanya digunakan dalam konteks motivasi diri, pendidikan, atau pelatihan.
  4. Pidato hiburan: Pidato ini bertujuan untuk menghibur audiens. Stand-up comedy, pidato perayaan, dan monolog teater adalah contoh pidato hiburan.
  5. Pidato seremonial: Pidato ini digunakan dalam konteks upacara seremonial, seperti pernikahan, pemakaman, atau perayaan hari besar.

Itulah beberapa contoh teks pidato perpisahan SD kelas 6 yang bisa kamu jadikan bahan untuk tugas anak sekolahmu atau jika anak kamu nanti akan berpidato di sekolahnya. Punya contoh lainnya? Jangan ragu share di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare