...
tempat wisata di Medan yang gratis
5-min read

10 Tempat Wisata di Medan yang Gratis, Nggak Menguras Kantong!

tempat wisata di Medan yang gratis

Tempat wisata di Medan yang gratis dan sayang dilewatkan!

Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara, merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang kaya akan budaya, sejarah, dan keindahan alamnya. Bagi wisatawan dengan anggaran terbatas, menemukan tempat-tempat wisata yang gratis adalah pilihan cerdas untuk menikmati keindahan kota ini tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Dalam menjelajahi tempat-tempat wisata gratis di Medan, penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan alam. Pastikan kamu membuang sampah pada tempatnya dan menghormati aturan yang berlaku di setiap lokasi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Gratis

Source: Andalastourism.com

Daripada bingung, berikut ini tempat wisata di Medan yang gratis dan dapat memanjakan kamu dengan keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Simaklah ulasannya!

Yuk, nikmati keindahan dan keragaman tempat wisata di Medan untuk membuat pengalaman liburan kamu menjadi nggak terlupakan.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Wisata di Ciater, Yuk Eksplorasi Keindahan Alam!

1. Tempat wisata di Medan yang gratis, Kampung Keling

Salah satu tempat wisata di Medan yang pertama adalah Kampung Keling. Tempat ini juga dikenal dengan nama Little India karena memiliki suasana mirip dengan kota-kota di India. Selain disebut sebagai Little India, tempat ini juga dikenal dengan sebutan Kampung Madras.

Kampung Keling adalah sebuah perkampungan yang dihuni oleh banyak orang dari etnis India yang datang ke Medan untuk mencari kehidupan baru. Seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi kampung wisata karena memiliki banyak spot yang cocok untuk berwisata. Di sini, terdapat beragam tempat makanan khas India dan bangunan-bangunan atau kuil dengan desain khas India.

  • Lokasi: Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan, Sumatera Utara

2. Taman Lope-lope

Destinasi wisata ini memiliki julukan lain yang menarik, yaitu Taman Cinta di Pinggir Kota. Nama ini membuat banyak orang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata gratis ini.

Taman Lope-lope memiliki kolam dengan jembatan unik dan batu-batuan berbentuk hati, yang membuatnya disebut sebagai Taman Cinta. Selain itu, terdapat area bermain dengan ayunan yang sering digunakan sebagai tempat berfoto bagi pasangan.

  • Lokasi: Jalan Bulu Cina, Klumpang Kb, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

3. Danau Siombak

Selanjutnya, ada Danau Siombak yang sangat populer nggak hanya di kalangan wisatawan lokal, tapi juga wisatawan luar kota.

Tempat ini terkenal bukan hanya karena gratis masuknya, tapi juga karena pemandangan danau yang indah dengan beberapa spot yang sangat cocok untuk berfoto di media sosial.

Untuk masuk secara gratis, pilihlah jalur memutar ke arah Situs Cina.

  • Lokasi: Jalan Ps. Nippon, Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara

4. Taman USU

Taman USU atau Taman Universitas Sumatera Utara adalah taman yang terletak di kawasan kampus.

Meski berada di antara gedung-gedung universitas, taman ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Taman USU memiliki keunikan dengan adanya kawanan rusa yang dipelihara di sini.

Kamu dapat datang ke Taman USU untuk melihat rusa yang menggemaskan dan memberi makan mereka. Selain rusa, terdapat juga hewan lain seperti reptil, anjing, kucing, kelinci, dan sebagainya.

  • Lokasi: Jalan Dr. Mansyur No.9, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan

5. Tempat wisata di Medan yang gratis, Taman Burung Cemara Asri

Lanjut, ada rekomendasi Taman Burung Cemara Asri adalah tempat wisata gratis di Medan yang dapat dimasukkan ke dalam daftar kunjungan kamu.

Di tempat ini, kamu dapat melihat ribuan burung yang terbang bebas. Taman Burung Cemara Asri memiliki berbagai macam burung yang sengaja dipelihara dalam kandang-kandang burung yang ada di sana.

  • Lokasi: Komplek Cemara Asri, Jalan Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Info wajib baca: 8 Wisata Malioboro Wajib Mampir ketika di Jogja!

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Gratis

6. Taman Sri Deli

Destinasi ini sangat cocok untuk wisata romantis bersama pasangan karena memiliki pemandangan yang indah dan menawan.

Taman Sri Deli merupakan salah satu taman tertua di kota Medan. Seperti namanya, taman ini memiliki gaya arsitektur yang dominan dengan sentuhan gaya India, Turki, dan Mesir pada bangunannya.

Sebaiknya kunjungi Taman Sri Deli pada malam hari, karena pada saat itu taman akan diterangi dengan lampu-lampu yang indah dan menciptakan suasana romantis.

  • Lokasi: Jalan Sisingamangaraja, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara

7. Danau Cadika

Danau Cadika merupakan tempat wisata di Medan yang menawarkan pemandangan alam yang asri dan menenangkan. Ketika mengunjungi tempat ini, kamu dapat menikmati panorama danau yang indah serta berbagai fasilitas taman bermain dan area bersantai di tepi danau.

Ajaklah pasangan atau keluarga kamu untuk menghabiskan waktu santai di tepi danau pada sore hari.

  • Lokasi: Jalan Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara

8. Masjid Raya Medan

Tempat wisata ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia dengan arsitektur yang indah dan unik. Masjid ini menggabungkan gaya arsitektur Melayu, Turki, dan Arab.

Jika kamu dan keluarga ingin mengunjungi tempat wisata religi sambil menikmati keindahan arsitektur masjid yang unik, Masjid Raya Medan adalah tempat yang tepat.

Selalu ingat untuk menjaga kerapihan dan kebersihan saat mengunjungi Masjid Raya Medan.

  • Lokasi: Jalan Mahkamah No.74C, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara

9. Pemandian Air Panas Sipoholon

Pemandian Air Panas Sipoholon terletak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Medan. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah, termasuk gunung, perkebunan teh, dan kolam air panas yang dapat digunakan untuk bersantai dan menghilangkan stres.

  • Lokasi: Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara.

10. Tempat wisata di Medan yang gratis, Gedung London Sumatera

Tempat wisata berikutnya memiliki konsep vintage ala tahun 80-an dan menampilkan pemandangan gedung-gedung tua di Pusat Kota Medan, yaitu Gedung London Sumatera.

Gedung yang dibangun pada tahun 1906 ini memiliki 5 lantai dan dulunya digunakan sebagai kantor perdagangan milik perusahaan Harrison and Crossfield Company dari Inggris. Gedung London Sumatera menjadi spot yang populer untuk berfoto karena memiliki pemandangan yang bagus. Banyak orang menggunakan gedung-gedung ini sebagai latar belakang foto prewedding atau foto buku tahunan.

  • Lokasi: Jalan Jend. Ahmad Yani No.2, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara

Meski memiliki anggaran terbatas, kamu tetap dapat menikmati keindahan Medan dengan mengunjungi rekomendasi tempat wisata gratis tersebut. Kota ini menawarkan berbagai pilihan menarik tanpa harus mengeluarkan banyak uang, seperti pilihan wisata malam di Jogja

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan menghormati lingkungan saat mengunjungi tempat-tempat ini. Selamat menikmati liburan kamu di Medan!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare