...
universitas negeri di yogyakarta
5-min read

Mau Kuliah di Yogyakarta? Inilah Deretan Universitas Negeri di Yogyakarta Terbaik

universitas negeri di yogyakarta

Berikut ini deretan universitas negeri di Yogyakarta terbaik yang bisa kamu pilih!

Yogyakarta, sering disingkat menjadi Jogja, adalah salah satu kota yang menjadi pusat pendidikan terkemuka di Indonesia. Jadi, tidak salah bahwa universitas negeri di Yogyakarta menjadi yang terbaik di Indonesia.

Banyak universitas negeri di Yogyakarta menarik mahasiswa baru. Nah, kali ini kita akan mengupas beberapa universitas negeri terbaik yang ada di Yogyakarta.

Info wajib baca: Mengerikan! Penyakit Langka Artis Ini Pernah Diderita oleh Artis Dunia, Siapa Saja?

Deretan Universitas Negeri di Yogyakarta

universitas negeri di yogyakarta
Source: Kompas.com

Berikut ini daftar universitas negeri di Yogyakarta terbaik:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) jadi salah satu universitas negeri di Yogyakarta

Salah satu universitas terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara adalah Universitas Gadjah Mada. Dikenal sebagai UGM, universitas ini didirikan pada tahun 1949, dan menjadi lembaga pendidikan tinggi tertua di Indonesia setelah kemerdekaan.

Universitas yang terletak di Yogyakarta telah berkontribusi besar pada kemajuan pendidikan dan sosial di daerah tersebut. Dengan kampusnya yang menerima akreditasi A, UGM jelas menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Kampus ini tidak hanya merupakan universitas terbaik di Yogyakarta, tetapi juga memiliki banyak jurusan dengan akreditasi A. Ini mungkin merupakan pilihan terbaik untuk kamu.

Sejauh ini, UGM memiliki 18 fakultas, sekolah pascasarjana, dan sekolah vokasi, dengan jurusan mulai dari S1, S2, dan S3 serta spesialis.

2. Institut Seni Indonesia (ISI)

Universitas seni terkemuka di Indonesia adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. ISI di Yogyakarta menawarkan kursus dalam seni rupa, tari, musik, dan seni pertunjukan.

Seni dan budaya Indonesia harus dijaga dan dikembangkan di universitas ini. Selain itu, ISI ini adalah pusat seni dan budaya di Indonesia, dan kampusnya sering menjadi tuan rumah berbagai pertunjukan seni, festival, dan pameran seni.

Universitas ini juga memiliki banyak galeri seni dan teater untuk berbagai kegiatan seni dan budaya. Mahasiswa di ISI Yogyakarta dididik oleh pakar seni dan budaya terkemuka sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka dan menjadi kontributor berharga dalam pelestarian seni dan budaya Indonesia.

ISI Yogyakarta adalah hasil dari merger tiga kampus, yaitu Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI), dan Akademi Musik Indonesia (AMI) adalah ketiga universitas tersebut.

Sejauh ini, ISI Yogyakarta memiliki tiga fakultas yang masing-masing menawarkan program studi, seperti Fakultas Seni Rupa, Fakultas Pertunjukan, dan Fakultas Seni Rekam.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang didirikan pada tahun 1964, adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Yogyakarta yang berfokus pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. UNY telah memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Yogyakarta.

UNY sebelumnya dikenal sebagai IKIP Yogyakarta. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kampus ini pada saat itu masih berkonsentrasi pada pendidikan keguruan dan ilmu pendidikan.

Kampus ini kemudian berubah nama menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun 1999, dan bertahan hingga saat ini. Sejauh ini, UNY memiliki tujuh fakultas dengan masing-masing jurusan.

Terdapat Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA (MIPA), Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik, dan Fakultas Keolahragaan.

4. Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta adalah salah satu universitas negeri di Yogyakarta yang akan dibahas lebih lanjut. Mungkin kamu lebih mengenal kampus ini dengan nama UPN Yogyakarta.

Kamu juga mungkin tahu bahwa kampus ini dulunya adalah perguruan tinggi kedinasan. Sampai 1 April 1995, perguruan tinggi ini menjadi swasta.

Statusnya kemudian berubah lagi dan sejak 2014 menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). UPN Yogyakarta memiliki enam fakultas yang menawarkan berbagai jurusan dan program studi.

Daftar fakultas yang dimiliki oleh UPN Yogyakarta tersebut meliputi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri, dan Program Pascasarjana.

Info wajib baca: 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut yang Wajib Kamu Ketahui | Bye Rontok dan Ketombe!

5. Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta (MMTC)

Kali ini ada universitas negeri di Yogyakarta, Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta, atau MMTC. Kementerian Komunikasi dan Informatika mengawasi kampus ini, yang menjadikannya salah satu PTN di Yogyakarta.

MMTC, yang didirikan di bawah Departemen Penerangan oleh Presiden Soeharto, telah beroperasi sejak tanggal 31 Juli 1985. Terdapat tiga jurusan dengan jenjang S1 dan diploma yang ditawarkan oleh MMTC sendiri.

Jurusan itu adalah Manajemen Produksi Pemberitaan atau Manarita, Manajemen Teknik Studio Produk atau Matekstosi, dan Manajemen Produksi Siaran atau Manaprodsi.

6. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Selain itu, ada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di daftar universitas negeri Yogyakarta. Kampus ini telah ada sejak tahun 2001. Didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Republik Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sendiri juga memiliki sebanyak lima akademi kesehatan yaitu Akademi Analisis Kesehatan (AKK), Akademi Kebidanan (AKBID), Akademi Gizi (AKZI), Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL), dan Akademi Kesehatan Gizi (AKG).

7. UIN Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, yang mungkin lebih dikenal sebagai UIN Sunan Kalijaga, adalah pilihan universitas negeri lainnya di Yogyakarta. Salah satu perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang berbasis agama islam adalah UIN Sunan Kalijaga.

Universitas ini juga diberi nama Sunan Kalijaga, salah satu penyebar agama Islam di Jawa yang disebut Walisongo. Kampus terbaik di Yogyakarta ini memiliki delapan fakultas yang dapat kamu pilih, dengan masing-masing memiliki jurusan atau program studi yang berbeda.

Terdapat Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Budaya, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.


Nah, itu tadi merupakan beberapa universitas negeri di Yogyakarta yang bisa pula kamu jadikan sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi nanti.

Setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yang dapat disesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Universitas negeri berkualitas tinggi ada di banyak tempat di Indonesia, tidak hanya di Yogyakarta.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare