...
urutan make up
5-min read

Mau Tampil Flawless Sepanjang Hari? Ikuti Urutan Pemakaian Make Up yang Benar Berikut Ini

urutan make up

Urutan pemakaian make up ini cocok untuk pemula!

Setiap perempuan pastilah mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam menggunakan make up. Dengan menggunakan urutan make up yang tepat, tentu saja hasilnya akan lebih optimal daripada kamu mengaplikasinya dengan cara yang sembarangan.

Pastinya, perempuan ingin terlihat cantik dan menarik bagi orang lain setiap hari. Untuk merealisasikan hal itu, perempuan harus mengaplikasikan urutan make up yang tepat agar tidak terlihat pucat dan tetap tampil sempurna tanpa berlebihan.

Info wajib baca: Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat dalam 1 Minggu, Bisakah?

Urutan Pemakaian Make Up yang Benar

urutan make up
Source: kumparan.com

Ada beberapa urutan atau langkah dalam pemakaian make up yang benar dan cocok untuk pemula sehingga mendapatkan tampilan yang lebih segar dan cantik setiap saat. Berikut di antaranya:

1. Bersihkan wajah

Urutan pertama sebelum mulai melakukan make up adalah mempersiapkan kulit dengan baik. Cuci wajahmu dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulitmu dan jangan lupa menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Setelah itu, aplikasikan pelembap agar kulit terhidrasi dengan baik sebelum menggunakan make up.

2. Primer

Setelah kulitmu siap, saatnya menggunakan primer. Primer akan membantu membuat make up tahan lama dan mengisi pori-pori kulit. Pilih primer yang sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya primer matte untuk kulit berminyak atau primer dengan efek mencerahkan untuk kulit kusam.

3. Foundation atau BB cream

Selanjutnya, aplikasikan foundation atau BB cream yang sesuai dengan warna kulitmu. Pastikan untuk meratakannya dengan baik dan pilih produk yang memberikan coverage yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin tampil lebih natural, kamu bisa mencampurkan foundation dengan pelembap.

4. Concealer

Gunakan concealer untuk menutupi noda hitam, bekas jerawat, atau kantung mata yang membandel. Aplikasikan dengan lembut dan ratakan dengan jari atau kuas kecil. Pilihlah shade yang sedikit lebih terang dari warna kulitmu untuk efek highlight.

5. Bedak

Setelah foundation dan concealer, kamu bisa menggunakan bedak untuk membuat tampilanmu lebih tahan lama. Pilihlah bedak yang sesuai dengan jenis kulitmu, apakah loose powder atau compact powder. Gunakan kuas bedak untuk meratakan bedak di wajah secara keseluruhan.

6. Blush on

Source: klikdokter.com

Berikan sedikit warna pada pipimu dengan blush on. Pilih warna yang cocok dengan warna kulitmu dan aplikasikan di bagian pipi dengan kuas blush on. Pastikan untuk meratakannya dengan baik agar tampilanmu terlihat segar dan alami.

Info wajib baca: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Panu di Wajah Tanpa Efek Samping

7. Eyebrow

Rapihkan alismu dengan menggunakan pensil alis atau eyebrow powder. Isilah bagian yang kurang lebat dengan gerakan ringan dan rapi. Sikat alismu dengan sikat alis agar terlihat lebih natural.

8. Eyeshadow

Sekarang saatnya untuk mempercantik mata. Pilih warna eyeshadow yang sesuai dengan suasana dan pakaianmu. Gunakan warna terang di kelopak mata dan tambahkan warna sedikit lebih gelap di lipatan mata. Jangan lupa untuk meratakannya dengan kuas eyeshadow.

9. Eyeliner dan maskara

Aplikasikan eyeliner di bagian atas mata untuk memberikan kesan mata yang lebih besar dan tajam. Jika ingin efek dramatis, tambahkan sedikit eyeliner di bagian bawah mata juga. Setelah itu, aplikasikan maskara untuk memberikan efek bulu mata yang lebih panjang dan bervolume.

10. Lipstik

Berikan sentuhan akhir pada tampilanmu dengan menggunakan lipstik. Pilihlah warna yang sesuai dengan suasana atau outfitmu.

Jika ingin tampilan yang lebih tahan lama, gunakan lip liner sebelum mengaplikasikan lipstik. Setelah mengaplikasikan lipstik, tepuk-tepuklah bibirmu dengan tisu untuk menghilangkan kelebihan produk dan agar lipstik lebih tahan lama di bibir.

11. Setting spray

Source: facetofeet.com

Agar make up kamu tetap tahan lama sepanjang hari, jangan lupa untuk menggunakan setting spray. Semprotkan setting spray secara merata di wajahmu setelah selesai menggunakan semua produk make up. Setting spray ini akan membantu mengunci make up agar tidak luntur dan membuatnya tetap terlihat segar sepanjang hari.

12. Touch up

Selama hari berjalan, mungkin akan ada beberapa area make up yang perlu di-touch up. Selalu bawa beberapa produk seperti bedak, lipstik, dan kertas blotting untuk mengatasi kilap berlebih di wajah. Dengan melakukan touch up secara berkala, tampilanmu akan tetap flawless sepanjang hari.

13. Hapus make up sebelum tidur

Jangan lupa untuk membersihkan make up dengan benar sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan hindari tidur dengan make up yang masih menempel di wajah. Membersihkan make up dengan benar akan membantu menjaga kesehatan kulitmu dan mencegah masalah kulit seperti jerawat.


Itulah urutan pemakaian make up yang benar agar tahan lama dan flawless sepanjang hari. Ingat, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu karena penggunaan produk yang tidak cocok dengan jenis kulit kita malah dapat menjadi penyebab wajah bruntusan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu pun bisa tampil cantik dan percaya diri sepanjang hari, deh. Semoga tips ini bermanfaat, ya, gaes!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare