...
5-min read

22 November Memperingati Apa? Dari Perhubungan Nasional Hingga Kematian JFK

22 November yang jatuh pada hari Rabu di tahun 2023 ini memperingati beberapa kejadian. Apa sajakah itu?

Tanggal 22 November merupakan hari yang penuh makna. Banyak peristiwa bersejarah di seluruh dunia yang jatuh pada tanggal ini dan mencatat titik-titik penting dalam sejarah dunia. Dari Hari Perhubungan Darat Nasional yang dirayakan di Indonesia sampai peringatan kematian John F. Keneddy, ada beberapa kejadian lainnya yang berkesan pada 22 November.

Dari momen yang merubah jalannya sejarah hingga peringatan yang mendorong refleksi mendalam, artikel ini akan menyelusuri peristiwa-peristiwa bersejarah dan peringatan yang diabadikan pada tanggal ini. Untuk itu, mari kita bersama-sama merenung dan menghormati peristiwa yang membentuk dunia kita saat ini.

1. 22 November Hari Perhubungan Darat Nasional

Source: RRI

Setiap tanggal 22 November, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Darat Nasional. Acara ini diadakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Adapun peringatan ini memiliki tujuan utama yakni untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas semua aspek perhubungan darat, mulai dari transportasi umum hingga kebutuhan para pejalan kaki. Semuanya bertujuan untuk mendukung mobilitas masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

Tujuan Hari Perhubungan Darat Nasional

Hari Perhubungan Darat Nasional diperingati untuk mencapai sejumlah tujuan penting, yakni sebagai berikut:

1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas perhubungan darat

Tujuan utama dari peringatan ini yakni untuk mendorong peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas seluruh sistem perhubungan darat. Ini mencakup pengembangan transportasi darat dan fasilitas pejalan kaki.

2. Mendukung mobilitas masyarakat Indonesia

Acara ini memilki tujuan yakni untuk mendukung mobilitas masyarakat. Selain itu, Kemenhub juga ingin memastikan bahwa sistem perhubungan darat dapat memberikan layanan yang efisien dan dapat diandalkan bagi semua lapisan masyarakat.

3. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya sistem perhubungan darat

Hari Perhubungan Darat Nasional juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap peran krusial sistem perhubungan darat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Apresiasi terhadap peran ekonomi dan mobilitas masyarakat

Adanya peringatan pada tanggal 22 November setiap tahunnya ini bertujuan untuk mengapresiasi peran sistem perhubungan darat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memfasilitasi mobilitas masyarakat.

2. Hari Kemerdekaan Lebanon

Hari Kemerdekaan Lebanon jatuh pada tanggal 22 November 1943. Akhirnya 22 November diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat Lebanon dan menjadikannya hari libur nasional untuk memperingati emansipasi Lebanon dari Mandat Prancis, yang telah menduduki wilayah Lebanon selama hampir 23 tahun.

Lebanon secara administratif diperintah oleh Kekaisaran Ottoman Dari tahun 1516 hingga 1918. Jenderal Gouraud, komandan tentara Prancis di Levant pada saat itu, mengeluarkan arahan yang menetapkan batas-batas Lebanon Besar, atau ‘Liban Besar’, pada tahun 1920. Liban Besar tetap berada di bawah Mandat Prancis hingga tahun 1941.

Info wajib baca: 14 November Memperingati Hari Apa Saja? Salah Satunya Hari Brimob

3. Love Your Freckles Day

Source: Allure

Love Your Freckles Day jatuh pada tanggal 22 November setiap tahunnya. Ini adalah tentang merayakan dan memamerkan bintik-bintik pada kulit kita. Ini umumnya ditemukan pada orang berambut merah atau mereka yang orang tuanya berkulit gelap dan berkulit putih. Bintik-bintik lucu kehitaman ini membuat sebagian besar orang yang diberkati dengan freckles tersebut terlihat sangat unik dan alami.

Dari tahun 1914 hingga 1928, beberapa iklan di negara Barat menyebut freckles “jelek” dan memalukan. Pergeseran terjadi dalam persepsi tentang freckles ketika pada pertengahan hingga akhir abad ke-20. Freckles menjadi dapat diterima dan bahkan diinginkan oleh banyak orang.

Pada tahun 90-an, freckles juga dikaitkan dengan penampilan yang lebih muda, dan hal ini berlanjut hingga 20 tahun kemudian. Faktanya, Chanel adalah perusahaan pertama yang memasarkan produk yang dirancang untuk membuat freckles palsu pada tahun 1995. Kini, freckles secara luas dianggap unik dan indah.

4. Hari Sebelum Thanksgiving 2023 di Amerika Serikat

Juga dikenal sebagai Drinksgiving, Blackout Wednesday adalah fenomena budaya orang-orang berkumpul untuk menikmati malam yang menyenangkan di bar bersama teman-teman pada malam sebelum Thanksgiving pada 22 November. Perayaan ini dirayakan oleh mahasiswa dan orang dewasa muda yang kembali ke kampung halaman mereka untuk liburan.

Meskipun begitu, bagi banyak orang, malam Thanksgiving adalah waktu persiapan dan penantian untuk liburan yang menyenangkan. Banyak orang Amerika Serikat juga memasak sebanyak yang mereka bisa pada 22 November sebelum perayaan Thanksgiving agar tidak terlalu padat pada hari perayaan. Baik mengupas sayuran atau membuat isian, tidak semuanya harus dilakukan di pagi hari.

Info wajib baca: 10 November 2023 Hari Apa? Cek Info dan Faktanya di Sini!

5. Peringatan Kematian John F. Kennedy

Source: The Colombus Dispatch

Pada tanggal 21 November 1963, Presiden Kennedy terbang ke Texas untuk menyampaikan beberapa pidato politik. Keesokan harinya, pada tanggal 22 November, ketika mobilnya melaju perlahan melewati kerumunan orang yang bersorak-sorai di Dallas, sebuah suara tembakan terdengar dengan kencang.

Sekitar 60 tahun yang lalu, John F. Keneddy ditembak dan dibunuh oleh Lee Harvey Oswald saat iring-iringan mobil kepresidenan melewati pusat kota Dallas, membuat negara itu berada dalam guncangan dan kehancuran.


Tanggal 22 November adalah rentetan peristiwa yang mencerminkan keragaman dan kompleksitas dunia kita. Apakah ada yang berulang tahun pada tanggal ini? Jika iya, tulis komentar di bawah, ya!

Mau tahu informasi lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare