...
7 cara membuat daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan benar
5-min read

7 Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan

7 cara membuat daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan benar

Masih tidak tahu membuat daftar riwayat hidup gimana? simak selengkapnya

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, tentunya membuat daftar riwayat hidup atau yang lebih dikenal CV yang menarik dan profesional adalah langkah awal yang sangat penting.

CV merupakan lembaran pribadi Anda yang akan memperlihatkan kepada calon employer tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan Anda.

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik dalam membuat daftar riwayat hidup yang benar agar dapat meningkatkan peluang Anda dalam melamar pekerjaan impian. Yuk simak selengkapnya!

Info wajib baca: Panduan Lengkap Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan beserta Contohnya

7 Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

7 cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar
Source: Pexels.com

Cara membuat daftar riwayat hidup (CV) yang baik dan menarik dapat menjadi kunci kesuksesan dalam melamar pekerjaan. Berikut adalah beberapa langkah penting untuk membantu Anda membuat CV yang benar.

1. Buatlah cv yang singkat, padat dan jelas

CV yang baik dan bagus adalah CV yang singkat, padat dan jelas ringkasannya sehingga tidak membuat bingung HRD. Usahakan CV jangan lebih dari dua halaman.

Selain itu, masukanlah data pribadi dengan jelas. Jangan lupa juga masukkan dekripsi diri dan isinya kalau bisa terdapat kelebihan dan kelemahan kamu.

2. Pengalaman kerja atau magang wajib dicantumkan

Selanjutnya, masukan pengalaman magang atau pengalaman kerja yang sudah kamu lakukan. Pastikan pengalaman tersebut sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar.

Contohnya, jika kamu ingin melamar untuk posisi content writer. Nah, kamu sempat menjalani sebagai content writer untuk kebutuhan suatu blog perusahaan.

Dengan begitu, pengalaman tersebut menjadi nilai plus dimata HRD karena sesuai dengan posisi yang dilamar.

Teruntuk yang baru lulus atau fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman apapun, bisa kamu masukkan soft skill atau hard skill kamu selama menjalani proses perkuliahan.

3. Menggunakan kata-kata yang mempunyai kekuatan

Maksudnya adalah CV yang kamu buat mempunyai kata-kata yang dapat memikat HRD. Jadi, pastikan kamu telah memilih kata yang benar.

Contoh kata-kata yang mempunyai kekuatan seperti, “kreatif”. Dimana kata “kreatif” itu mengindikasikan bahwa kamu orang yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi serta mampu dapat memajukkan suatu perusahaan.

4. Cek tata bahasanya

Tata bahasa menjadi hal yang sangat penting dalam membuat CV atau daftar riwayat hidup. Pastikan bahasa apa pun yang kamu pilih antara Indonesia atau Inggris, usahakan jangan sampai ada salah kata.

Jadi, alangkah baiknya adalah kamu harus mengecek ulang CV kamu dengan teliti dan benar agar tidak ada kesalahan.

5. Memakai font yang profesional

Dalam membuat CV di komputer atau laptop, perlu diperhatikan font yang akan digunakan. Walaupun kedengarannya sepele, tapi itu sangat berpengaruh dimata rekruiter.

Font yang sering dipakai atau yang palim aman adalah Times New Roman, Arial atau Calibri karena font tersebut mudah untuk dibaca.

Selain itu juga, pastikan ukuran huruf kata di dalam CV harus berukuran 10 sampai 12 kata. Jangan sampai font kamu terlalu kecil yang dapat membuat pusing rekruiter.

6. Mencantumkan kontak telepon

Kontak telepon di dalam CV sangat penting keberadaannya. Pasalnya, rekruiter akan menghubungi kandidat yang lolos ke tahap berikutnya. Pastikan nomor telepon tersebut aktif dan bisa di hubungi.

Selain kontak telepon, kamu juga wajib untuk mencantumkan alamat email. Pastikan alamat email kamu sesuai dan tidak salah huruf satupun.

Gunakanlah nama alamat email yang profesional dan baik. Hindari nama alamat email yang tidak profesional.

7. Keyword yang relevan

Selain memasukkan pengalaman yang relevan, juga harus memperhatikan keyword yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Contohnya, jika kamu ingin melamar untuk posisi SEO Content Writer. Kamu bisa menambahkan keyword yang relevan seperti, SEO, content writer, copywriter, dan yang lainnya.

Dengan begitu, skill yang kamu maksudkan tersebut akan membantumu untuk meyakinkan bahwa kamu adalah pribadi yang berkualitas di mata rekruiter.

Keyword juga sangat berguna untuk rekruiter guna mencari kandidat karyawan melalui aplikasi di Linkedin.


Itulah dia 7 cara dalam membuat CV atau daftar riwayat hidup untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan. Ikuti, amati dan buatlah CV kamu sekarang juga ya.

Kalau CV kamu sudah siap, langsung cobalah untuk melamar pekerjaan melalui berbagai cara, dari mulai kirim gmail, melalui website, dan aplikasi pencari kerja. Semoga berhasil ya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare