...
perpustakaan jakarta
5-min read

11 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta, Lengkap dan Pewe!

perpustakaan jakarta

Mau cari tempat yang enak buat baca buku, belajar, bekerja, atau mencari inspirasi? Melipir saja ke perpustakaan di Jakarta ini!

Di era digital ini, akses ke pengetahuan dan informasi semakin mudah dengan bantuan teknologi. Namun, perpustakaan tetap memiliki peranan penting sebagai tempat untuk mendalami pengetahuan, mengeksplorasi budaya, dan mencari inspirasi.

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia yang dinamis, memiliki beragam perpustakaan yang menawarkan berbagai layanan dan sumber informasi.

Info wajib baca: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia, Mana PTS Favoritmu?

11 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta

Inilah 10 rekomendasi perpustakaan di Jakarta yang patut dikunjungi:

1. Perpustakaan Jakarta Taman Ismail Marzuki

perpustakaan taman ismail marzuki
Source: Liburanyuk.co.id

Terletak di kompleks seni dan budaya Taman Ismail Marzuki, perpustakaan ini menawarkan koleksi buku yang kaya, majalah, jurnal, dan media lainnya. Fokus pada sastra, seni, dan budaya membuatnya menjadi tempat ideal untuk pencinta kreativitas.

2. Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta

Source: detikNews

Perpustakaan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini memiliki koleksi yang luas meliputi buku-buku akademis, ensiklopedia, dan bahan-bahan pendidikan. Cocok untuk siswa, mahasiswa, dan siapa saja yang mencari referensi pendidikan.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta

Sebagai perpustakaan nasional, tempat ini menyimpan banyak harta literatur Indonesia dan dunia. Dengan koleksi yang mencakup berbagai bidang, perpustakaan ini memainkan peran penting dalam melestarikan budaya dan pengetahuan.

4. Goethe Insitute

Goethe Institute adalah pusat kebudayaan Jerman yang juga memiliki perpustakaan yang menarik. Koleksi buku, majalah, film, dan musik Jerman yang beragam menawarkan pandangan yang mendalam tentang budaya Jerman.

5. Perpustakaan Umum DKI Jakarta-Kuningan

Source: Klasiloka Kompas

Terletak di Kuningan, perpustakaan ini memiliki lingkungan yang nyaman untuk membaca dan belajar. Koleksi bukunya mencakup berbagai topik, dari fiksi hingga non-fiksi, yang cocok untuk semua kalangan.

6. Perpustakaan UI “The Crystal Of Knowledge”

Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) di Depok juga harus dimasukkan dalam daftar ini. Dengan koleksi yang luas dan modern, serta fasilitas yang lengkap, perpustakaan ini mendukung pendidikan tinggi dan penelitian.

Info wajib baca: 8 Pilihan Tempat Nongkrong di Depok yang Nyaman dan Murah | Cocok untuk Santuy!

7. Perpustakaan Erasmus Huis, Jakarta

erasmus huis
Source: Devenews.com

Perpustakaan ini adalah bagian dari institusi budaya Belanda di Jakarta, Erasmus Huis. Koleksi buku dan media lainnya memiliki fokus pada kajian tentang Belanda, seni, dan budaya internasional.

8. Rimba Baca

Di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan RSPP No 21B Cilandak, kamu bisa mampir ke Rimba Baca. Perpustakaan khusus anak-anak ini bisa menjadi pilihan untuk cuci mata bersama keponakan atau adik kecilmu. Selain menyediakan buku anak-anak, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan sekaligus bersenang-senang. Wajib mampir!

9. Baca di Tebet

Source: Akasaramaya

Baca di Tebet adalah perpustakaan independen yang menyediakan ruang nyaman untuk membaca dan belajar. Terletak di Tebet, perpustakaan ini memiliki atmosfer yang ramah dan kolaboratif. Kalau lapar tinggal mampir ke Makan di Tebet, kafe yang memungkinkan kamu makan sambil terus membaca buku. Asyik, kan?

10. Perpustakaan Freedom Institute

Source: Freedom Institute

Freedom Institute adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan masyarakat melalui pendidikan dan penelitian. Perpustakaan ini menawarkan koleksi buku dan materi yang mendukung berbagai program pendidikan dan pengembangan.

Kunjungan ke perpustakaan tidak hanya tentang membaca, tetapi juga tentang eksplorasi, belajar, dan berbagi pengetahuan. Di tempat-tempat ini, kamu dapat menemukan inspirasi, melatih pikiran, dan membuka pintu untuk pemahaman yang lebih dalam tentang dunia.

Dengan berbagai pilihan perpustakaan di Jakarta, kamu memiliki kesempatan untuk merasakan kekayaan pengetahuan dari berbagai sudut pandang.

11. Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Di Blok M bukan hanya dipenuhi oleh cafe hits dan aneka kuliner. Kamu juga bisa menemukan perpustakaan dengan koleksi buku menarik di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang beroperasi mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB. Tersedia pula koleksi buku elektronik dengan cara memindai kode perpustakaan digital yang tersedia di beberapa titik area paviliun Taman Literasi. Keren, ya?

Tips Belajar atau Bekerja di Perpustakaan

perpustakaan jakarta
Source: Good News From Indonesia

Belajar atau bekerja di perpustakaan dapat memberikan lingkungan yang tenang, fokus, dan penuh dengan sumber daya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memaksimalkan pengalaman belajar atau bekerja di perpustakaan:

Siapkan tujuan dan rencana: Sebelum datang ke perpustakaan, tentukan tujuan kamu. Apakah kamu ingin menyelesaikan tugas tertentu, membaca buku, atau melakukan penelitian? Rencanakan aktivitasmu dan buat daftar apa yang perlu kamu capai.

Pilih waktu yang tepat: Perpustakaan cenderung lebih sepi pada hari-hari kerja biasa dan selama jam-jam sebelum atau sesudah waktu puncak. Pilih waktu yang cocok untuk konsentrasi maksimal, tergantung pada ritme kerja atau belajar kamu.

Ketahui sumber apa saja yang kamu butuhkan: Sebelum tiba di perpustakaan, ketahui apa yang ingin kamu akses. Identifikasi buku, jurnal, atau materi lain yang diperlukan sehingga kamu tidak membuang waktu mencari-cari di perpustakaan.

Bawa alat tulis atau gadget: Selalu bawa pena, pensil, buku catatan, atau perangkat elektronik yang kamu butuhkan untuk membuat catatan, menulis ide, atau mengatur tugas.

Cari ruang yang cocok: Pilih ruang atau meja yang sesuai dengan gaya belajar atau kerja kamu. Beberapa orang suka ruang yang terbuka, sementara yang lain lebih suka ruang tenang dan terisolasi.

Matikan gangguan: Jangan biarkan ponsel atau perangkat elektronik lainnya mengganggu konsentrasimu. Matikan notifikasi atau atur ponsel dalam mode diam selama sesi belajar atau kerja.

Pakai earphone atau alat bantu pendengaran: Jika perpustakaan memiliki suara latar atau jika kamu lebih fokus dengan suara tertentu, pertimbangkan menggunakan earphone dengan musik atau suara alam yang menenangkan.

Istirahat secara teratur: Jangan lupakan istirahat singkat untuk merelakskan mata dan pikiran. Berjalan-jalan sejenak atau meregangkan tubuh dapat membantu menjaga konsentrasimu.

Gunakan sumber daya perpustakaan: Perpustakaan tidak hanya tempat untuk membaca. Manfaatkan koleksi buku, majalah, jurnal, dan sumber elektronik yang tersedia untuk penelitian atau belajar kamu.

Hormati aturan dan etika: Jaga kebersihan dan ketenangan di perpustakaan. Hindari makan atau minum di area yang tidak diizinkan. Dan selalu hormati kebijakan perpustakaan serta hak privasi pengunjung lainnya.

Bekerja secara bertahap: Jika kamu memiliki tugas besar, pecahlah menjadi tugas-tugas lebih kecil. Ini akan membantumu menjaga fokus dan merasa lebih produktif ketika kamu mencapai setiap tonggak.

Jangan takut bertanya: Jika kamu memerlukan bantuan dalam mencari sumber atau mengatasi kesulitan dalam penelitian, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas perpustakaan. Mereka ada di sana untuk membantu.

Info wajib baca: Jakarta After Dark: Mengunjungi 7 Destinasi Wisata Malam Jakarta yang Menarik

3 Kafe Buku untuk Alternatif Baca Buku di Perpustakaan Jakarta

Baca buku di perpustakaan memang harus steril dari makanan dan minuman. Tapi, kamu juga bisa makan sambil menikmati kopi favorit atau mengisi perut kalau datang ke cafe Jakarta dengan konsep perpustakaan ini, alias cafe buku.

1. Ruma Coffeatry Bangka

Dengan desain kayu kecokelatan kafe satu ini menawarkan suasana hangat dan tenang. Kamu bisa pesan minuman atau makanan mulai dari Rp17.000 sambil membaca buku. Mau nugas atau kerja dari cafe? Bisa juga, ya.

Alamat: Ruma Coffeatery Bangka @ 104 Bangka Compound, Jln. Bangka Raya No.104, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

2. Kafe Sastra Balai Pustaka

Butuh ruang untuk bersantai dan berkumpul bersama komunitas? Kamu bisa mampir ke Kafe Sastra Balai Pustaka yang dibangun sejak 2018. Di sini ada buku-buku sastra yang bisa kamu beli dan bawa pulang, serta panggung berukuran 2×4 meter untuk pertunjukan sastra, seperti musikalisasi puisi.

Kamu juga bisa menikmati aneka camilan dan kopi yang namanya ‘nyeni’ banget, seperti kopi prosa, teh drama, nasi goreng karawitan, soneta indomie, mie drama, atau kebab pujangga. Seru banget, kan?

Alamat: Kafe Sastra Balai Pustaka @ Gedung Utama Balai Pustaka Jln. Bunga No.8 Matraman, Jakarta Timur

3. Tujuhari Coffee

Cafe di Jakarta Selatan ini juga bisa menjadi pilihan tempat bersantai para pencinta buku. Desain industrial di Tujuhari Coffee terkesan estetik dengan dominasi rak putih yang digunakan untuk menyimpan buku. Menu kopi dan masakan lokal bisa kamu nikmati dengan merogoh kocek sekitar Rp50.000 per orang. Terjangkau bener!

Alamat: Tujuhari Coffee Jln. Wijaya II Grand Wijaya Center B 8-9, Lt 5, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Di-update oleh Alice Larasati


    Belajar atau bekerja di perpustakaan dapat menjadi pengalaman yang sangat produktif dan bermanfaat. Dengan merencanakan dengan baik, memaksimalkan sumber yang ada, dan mengatur lingkungan kerja yang cocok, kamu dapat mencapai hasil yang optimal.

    Nah, intip juga, yuk, tempat baca buku di Jakarta serta wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk berakhir pekan di tanggal tua!

    Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

    Cek Info Kost di Kotamu:

    Info Kost Jakarta Timur Murah

    Cek Info Kost Solo Murah

    Info Kost Bandung Murah

    Kost Yogyakarta Murah

    Kost Medan Murah

    Join The Discussion

    Cari

    Compare listings

    Compare