...
seblak terdekat
5-min read

7 Pilihan Tempat Seblak Enak dan Terdekat di Jakarta | Sensasi Pedas Nampol!

seblak terdekat

Mau makan seblak enak dan terdekat di Jakarta? Intip rekomendasinya di sini!

Siapa, sih, yang nggak tau seblak? Seblak adalah makanan khas Sunda yang banyak digemari karena rasa pedasnya yang bikin orang ketagihan.

Dibuat dari kerupuk yang basah, dengan bumbu halus pedas campuran cabai, bawang putih, dan kencur, seblak biasanya dilengkapi oleh berbagai topping seperti sosis, bakso, sampai ceker.

Belakangan, seblak juga menjadi makanan yang diminati banyak masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Sensasi pedas yang menjadi ciri khas seblak menjadi daya tarik utama kenapa makanan ini diminati.

Nah, apa kamu penasaran mengenai asal-usul seblak, cara membuat, dan rekomendasi penjual seblak terenak di Jakarta? Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Mengenal Kelezatan Seblak, Makanan Populer Anak Muda

Source: Orami

Jadi, seblak ini adalah hidangan khas Indonesia yang bener-bener bisa membuat lidahmu bergoyang karena kelezatan dan sensasi pedas yang dimilikinya. Namun, dari mana asal-usul seblak berasal?

Nah, seblak itu awalnya berasal dari daerah Jawa Barat dan biasa disantap sebagai makanan ringan. Mulanya, makanan kaya rasa ini dimakan oleh para juragan pedagang dan buruh cangkang. Tapi, seiring waktu, seblak semakin diminati banyak orang hingga akhirnya menjadi kuliner populer di Indonesia.

Lantas, gimana, sih, cara bikin seblak itu? Pertama, bahan utamanya adalah kerupuk basah yang direbus hingga teksturnya menjadi empuk dan kenyal. Terus, dicampur deh sama aneka bumbu rahasia, kayak cabe, bawang, , telur, dan banyak lagi. Namun, yang paling khas dari seblak adalah penggunaan kencur yang memberikan cita rasa autentik dibanding makanan lainnya.

Trus, yang bikin beda, seblak bisa dimodifikasi sesuai selera, lho. Mau pedas? Kamu bisa menambahkan cabai yang sudah dihaluskan. Mau lebih mantap? Kasih potongan daging ayam, ceker, sosis, atau aneka frozen food seperti crab stick dan lainnya.

Rasanya yang segar, pedas, asin, dan rasa khas kencur dengan aroma kuat semua campur aduk jadi satu di mulut. Nggak cuma sekadar camilan, seblak juga menjadi hidangan yang bisa bikin perut kenyang, lho.

Pilihan Tempat Jual Seblak Terdekat dan Enak di Jakarta

Source: Shopee

Nah, kalau kamu lagi ngidam seblak yang enak, ada beberapa rekomendasi seblak terdekat di Jakarta, nih. Dari seblak yang ada di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, sampai Jakarta Timur, berikut beberapa seblak yang bisa kamu coba!

1. Seblak Kolong IG terdekat di Palmerah

Ini dia hidden gem di dunia perseblakan. Berlokasi di Jalan Palmerah Barat II Gg. AA No.10A, Palmerah, Jakarta Barat, seblak di sini terkenal banget dan sering rame, nih, walaupun ada di dalem gang.

Dengan kuah kental dan lezat, yang unik dari seblak ini adalah bumbu kecokelatannya yang gurih banget. Sering di-review oleh akun-akun influencer dan food blogger, seblak ini juga sempat viral di TikTok, nih.

Dengan range harga Rp13.000 sampai Rp20.000, di sini nggak hanya jual seblak sudah matang, tapi juga ada seblak instan yang bisa kamu stok buat di kost, lho!

2. Seblak Smaput 33A terdekat di Kelapa Gading

Terletak di Kantin Kejora, Jalan Pelepah Indah I Blok LB4 No.26, Kelapa Gading, Jakarta Utara, harga seblak di sini terjangkau banget, lho, berkisar antara Rp12.000 sampai Rp18.000 saja.

Untuk isiannya, kamu bisa pilih pakai mie atau kwetiau. Level pedasnya juga tersedia antara satu sampai lima. Nah, topping-nya juga macam-macam banget dengan porsi yang bikin kenyang, dijamin puas.

3. Seblak Edun terdekat di Jaksel

Berlokasi di Pusat Jajanan Pancoran Jalan Duren Tiga Timur No.6, Duren Tiga, Jakarta Selatan, menu di sini cukup beragam, lho. Mulai dari seblak sosis, seblak bakso, seblak logay (isinya ada tambahan cilok, batagor, dan siomay), seblak otak-otak, seblak cilok, seblak batagor, sampai seblak ceker.

Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp15.000 sampai Rp25.000 aja, udah puas makan seblak mantul ini.

4. Seblak Jeletot Mpok Adek terdekat di Kemayoran

Ada di Jalan H Benyamin Sueb No.4, Kemayoran, Jakarta Pusat, seblak yang satu ini cukup populer di kalangan pencinta seblak, nih. Bahkan, Seblak Jeletot Mpok Adek ini juga punya cabang di Surabaya dan Malang, lho.

Kamu juga bisa meracik seblak kamu sendiri, nih. Untuk kerupuk, mie, kwetiau, macaroni, kikil, ceker, tulang, sayap, dan bakso masing-masing harganya Rp8.000 saja. Sementara untuk udang dan cumi-cumi harganya Rp10.000. Nah, untuk topping telor dan sosis cukup menambah Rp4.000.

5. Seblak Jeletet Murni terdekat di Jakbar

Ini dia, nih, seblak yang udah punya cabang di beberapa tempat di Jakarta. Beberapa di antaranya ada di Jalan Pademangan Raya, Jakarta Utara, ada juga di Jalan Tanjung Duren Utara 4 No.56b, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dan ada yang di Jalan Pluit Karang Manis Blok D7B No. 78, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Harganya juga cucok banget buat anak kost, nih, berkisar antara Rp7.000 sampai Rp14.000 aja.

6. Seblak Wae Atuh

Source: PergiKuliner

Selanjutnya, ada Sebla Wae Atuh yang lokasinya berada di daerah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Tempat jual seblak satu ini juga cukup spesial karena menjadi favorit banyak orang, lho.

Apalagi, kuah seblak di tempat ini juga mempunyai rasa yang cukup kuat dengan kuah yang tak terlalu merah. Kamu juga bisa pilih lima level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera.

Tertarik untuk mencoba makanan populer ini? Nah, kamu bisa mendatangi outletnya langsung yang berada di Jalan Tanjung Duren IV No.450, Jakarta Barat.

7. Seblak Warung Jancuk, rekomendasi seblak terdekat di Jakarta Barat

Source: detikcom

Terakhir dalam daftar ini ada Seblak Warunk Jancuk yang cukup unik. Pasalnya, seblak di tempat ini menggunakan cabai rawit merah yang diulek kasar.

Saat mencicip kuahnya, kamu masih bisa merasakan tekstur cabai yang memberikan sensasi pedas tersendiri. Pastinya, jadi bisa bikin lidahmu semakin bergoyang dengan sensasi dan tekstur kuah yang berminyak.

Adapun alamat dari Seblak Warung Jancuk di Jalan Kyai Syahdan, Palmerah, Jakarta Barat.

Info wajib baca: 5 Tempat Makan Sate Taichan Enak dan Murah di Jakarta | Pencinta Makanan Pedas Merapat!

Tips Makan Seblak Biar Makin Enak

seblak terdekat
Source: Astronauts.id

Udah nemu seblak yang enak, sekarang ada tips buat makan seblak biar makin endolita, nih.

1. Harus cepat-cepat dimakan!

Tips pertama dan juga yang paling penting adalah kalo beli seblak harus cepet-cepet dimakan, nih. Selain lebih enak kalo masih anget, seblak yang terlalu lama juga jadi nggak enak karena udah ngembang dan benyek. Bikin enek saat memakannya, tuh.

2. Sesuaikan level kepedesan

Kamu juga sebaiknya menyesuaikan level kepedesan sesuai selera. Jangan sampai seblak terlalu pedas sehingga nggak bisa dimakan dan bikin sakit perut. Tapi kalau terlalu tawar juga bisa terasa hambar, lho.

3. Pilih topping yang kamu suka

Yang seru dari makan seblak adalah memilih topping yang bermacam-macam. Nah, kamu bisa mix and match topping sesuai keinginan kamu, deh, dari topping sosis, bakso, ceker, mozarella, dumpling, dan topping lainnya.

4. Makan seblak sambil nonton

Makan seblak makin asyik kalo sambil nonton, nih, terutama bagi kamu yang suka nonton drama Korea. Apalagi kalau di dramanya banyak scene makanan enak yang bikin lapar. Nggak kerasa tau-tau seblak udah abis aja, deh!

5. Makan seblak pas ujan-ujan

Hujan dan dingin enaknya sambil makan seblak yang panas dan pedas, nih. Dijamin, badan jadi lebih hangat dan segar abis makan seblak!

Resep Seblak

seblak terdekat
Source: Halodoc

Selain membelinya, kamu juga bisa banget untuk membuat seblak sendiri di rumah, lho. Apalagi, resepnya juga sangat mudah untuk dipelajari sehingga bisa kamu buat sendiri. Berikut ini resepnya:

Bahan

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 7 cabai merah kecil atau sesuai selera
  • 2 cabai merah besar
  • 1 ruas kencur
  • 1 genggam kerupuk bawang dan makaroni
  • Sawi secukupnya
  • 2 buah sosis
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang
  • Ayam suwir
  • Garam, gula, penyedap sesuai selera

Cara membuat

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memasak seblak adalah merendam kerupuk dan makaroni dengan air panas atau merebusnya. Pastikan kedua bahan tersebut sampai mengembang, ya.
  2. Setelah itu, haluskan bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, dan cabai.
  3. Siapkan wajan dan tumis bumbu dengan tambahan sedikit minyak goreng. Tumis sampai bumbu menjadi harum.
  4. Selanjutnya, tambahkan air 3 gelas, tunggu hingga semuanya mendidih.
  5. Masukkan telur lalu aduk semua hingga tercampur rata. Untuk pelengkap, tambahkan semua bahan seperti sosis, ayam suwir, dan sawi.
  6. Setelah semua bahan tercampur, masak hingga matang lalu tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera.
  7. Jika semua sudah tercampur rata, kamu bisa menuangkan seblak ke piring atau mangkok untuk dikonsumsi.
  8. Seblak siap disajikan

Di-updated oleh: Yoga


Itu dia rekomendasi seblak terdekat dan enak di Jakarta yang bisa jadi referensi buat kamu kalau lagi ngidam. Jangan lupa diterapin juga tips-tipsnya biar makin yahud makan seblaknya, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare