...
makanan khas jepang
5-min read

15 Makanan Khas Jepang Populer di Indonesia, Bukan Cuma Sushi Aja

makanan khas jepang

Nggak hanya sushi, ternyata masih banyak lagi makanan khas Jepang yang terkenal di Indonesia.

Kamu pastinya bisa menemukan dengan mudah makanan khas Jepang yang terkenal di mana-mana. Berbagai makanan Jepang seperti sushi, ramen, dan takoyaki dapat ditemukan dengan mudah di setiap tempat.

Faktor budayanya yang kuat menyebabkan makanan Jepang ini sangat terkenal di Indonesia. Bahkan, makanan dari Negeri Sakura ini juga terkenal di seluruh dunia.

Faktanya, memang benar kalau makanan Jepang terkenal di Indonesia memiliki cita rasa yang menggugah selera. Jadi, nggak mengherankan bahwa restoran Jepang sangat diminati di Indonesia.

Nah, kira-kira apa saja makanan khas Jepang yang paling populer di Indonesia? Baca ulasannya hingga selesai, ya.

Info wajib baca: Apa Arti Rambut Dipotong Orang Lain Menurut Islam? Ini Jawabannya! 

Daftar Makanan Khas Jepang Populer di Indonesia

Bagi kamu yang suka makanan Jepang, ini ada rekomendasi makanan Jepang terbaik dan populer di Indonesia, di antaranya:

1. Ramen

Source: CNN Indonesia

Makanan khas Jepang seperti ramen termasuk salah satu yang sangat populer di Indonesia. Biasanya, makanan jenis mie ini dihidangkan dengan kuah kaldu dan daging, ikan, dan irisan daun bawang.

Biasanya, ramen memiliki empat jenis kaldu yaitu shoyu (kecap), shio (garam), miso (pasta kacang yang difermentasi), dan tonkotsu (kuah daging babi). Masing-masing kuahnya mempunyai cita rasa khas yang pastinya menggugah selera.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di banyak tempat. Bahkan, saat ini banyak sekali ramen yang dijual secara instan di minimarket setempat.

2. Mochi

Source: IDN Times

Selanjutnya ada Mochi yang menjadi salah satu kuliner populer di Indonesia. Makanan khas Jepang ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sehingga lembut dan mempunyai tekstur lengket.

Mochi kemudian dibentuk bulat lonjong dengan berbagai warna mulai dari hijau, kuning, merah, dan putih. Saat mochi masuk ke dalam mulut, rasanya lembut dan kemudian menjadi agak lengket.

3. Takoyaki

makanan khas jepang
Source: Tribunnews.com

Takoyaki adalah jajanan khas Jepang yang dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung dengan isian gurita atau cumi-cumi.

Tidak terkecuali di pinggir jalan, festival, dan pasar malam di Jepang, kamu akan menemukan makanan Jepang ini yang populer karena rasanya lembut dan memanjakan lidah.

4. Makanan khas Jepang: Onigiri

makanan khas jepang
Source: Kompas.com

Onigiri, juga dikenal sebagai nasi kepal, adalah makanan Jepang lainnya yang sering dibawa dalam bekal. Makanan ini cukup praktis dan dapat dimakan secara langsung.

Seperti namanya, onigiri dibuat dengan dikepal, dan isiannya pun bisa kamu pilih sendiri. Kamu bisa menambahkan salmon, ayam, telur ikan, atau tuna mayo ke dalamnya, dan kemudian dibungkus dengan nori atau rumput laut kering.

5. Yakiniku

makanan khas jepang
Source: Detik.com

Makanan Jepang ini biasanya menggunakan daging sapi, domba, barbeque, atau jeroan yang dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang. Biasanya, yakiniku dibentuk atau dipotong segi empat dan kemudian ditusuk sebelum dipanggang atau dibakar.

Makanan ini berbeda dari sate, di mana daging yakiniku dimasak dalam tusuk besar-besar. Kamu akan melihat banyak asap dan api dari atas panggangan jika tidak mahir dalam memanggangnya.

6. Tempura

makanan khas jepang
Source: Tempo.co

Baik di Jepang maupun Indonesia, tempura adalah makanan yang sangat terkenal. Makanan ini terdiri atas berbagai jenis hewan laut yang kemudian dibalut dengan adonan dan terbuat dari campuran tepung, air, dan telur.

Setelah dilapisi adonan, kamu dapat langsung memasukkannya ke dalam minyak panas. Meskipun begitu, kamu juga harus memasaknya dengan api yang sedang.

7. Sushi

makanan khas jepang
Source: Traveloka

Sushi adalah makanan khas Jepang yang sangat terkenal di Indonesia dan menggunakan bahan dasar nasi dengan aneka macam topping. Jadi, kamu membutuhkan nasi, telur, sayuran (seperti mentimun, belut, dan salmon) dan daging.

Selanjutnya, bahan dibungkus dengan nori atau rumput laut panggang di atas anyaman bambu persegi panjang. Setelah sushi berbentuk gulungan, potong hingga ukuran yang dapat dimakan langsung.

Info wajib baca: Bacaan Doa Dzikir Sore Hari | Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

8. Makanan khas Jepang: Edamame

makanan khas jepang
Source: HonestDocs

Di Jepang, edamame adalah tanaman tropis yang ditanam sebagai sayuran dan dimakan sebagai camilan sehat. Bahkan di Indonesia, edamame biasanya dikenal sebagai kedelai dari Jepang yang dikukus atau direbus dan diberi sejumput garam untuk menambah rasanya.

Restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya hanya menyediakan kedelai sayuran ini untuk dimakan sebagai camilan sehat yang gurih dan lezat atau dimasak menjadi sup.

9. Udon

Source: Harian Haluan

Sebenarnya, udon adalah makanan Tiongkok, bukan Jepang. Namun begitu, makanan ini cukup populer di berbagai restoran Jepang di Indonesia.

Sajian udon dan ramen mirip, tetapi ukuran yang jadi pembedanya. Mie udon lebih besar dan lebih kenyal dari ramen, dan mie ramen memiliki ukuran yang kecil dan juga tipis.

10. Makanan khas Jepang: Soba

makanan khas jepang
Source: Tokopedia

Selain itu, soba adalah makanan khas Jepang yang berjenis seperti mie dan terbuat dari tepung gandum. Nah, kuliner ini biasanya dimakan bersama kakesoba atau kuah soba.

Uniknya, ketika kamu makan soba sampai mengeluarkan suara menyeruput mienya, itu adalah cara untuk memuji orang yang memasaknya lho.

11. Sashimi

Source: WeXpats

Bagi masyarakat Indonesia, memakan ikan segar tanpa diolah terlebih dulu tentunya bukan sesuatu yang wajar. Namun di beberapa restoran Jepang di Indonesia, sih, sudah banyak yang menawarkan menu makanan khas Jepang ini.

Karena mengandung banyak Omega 3, ikan segar sangat disukai oleh orang Jepang. Tuna dan salmon adalah jenis ikan yang paling umum untuk hidangan ini, tetapi beberapa ikan lainnya juga bisa digunakan untuk membuat sashimi.

12. Sup miso

makanan khas jepang
Source: Kompas.com

Selanjutnya ada sup miso yang selalu jadi hidangan pembuka dan pendamping yang umum di Jepang. Masyarakat Negara Sakura menganggap sup miso sama pentingnya dengan kopi sebagai sarapan.

Miso sup adalah sup hangat terdiri dari miso, tahu, dashi (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ikan). Bahkan, miso ini merupakan salah satu bumbu khas Jepang dan dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan.

13. Teriyaki

Source: Orami

Teriyaki juga menjadi makanan khas Jepang lainnya yang cukup populer di Indonesia. Nah, makanan ini juga menggunakan bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan cara dipanggang dan kecap, sake, mirin, atau gula merah.

Maka dari itu, ciri khas dari makanan ini adalah rasanya yang manis. Namun, di Indonesia, biasanya teriyaki tidak menggunakan sake dan mirin mengingat dua bahan tersebut mengandung alkohol.

14. Katsu, makanan khas Jepang berlapis tepung

Source: Hops.id

Kamu pastinya pernah mencoba makanan chicken katsu, kan? Nah, dalam pengertiannya, katsu merupakan metode memasak makanan yang menggunakan tepung untuk melapisi makanan lalu digoreng.

Dengan begitu, katsu biasanya mempunyai tekstur yang renyah saat digigit di bagian luar. Selain itu, daging yang digunakan juga biasanya dimasak tanpa tulang sehingga bisa dinikmati dalam sekali gigitan.

15. Gyoza

Source: Halodoc

Camilan satu ini menjadi salah satu yang akrab di lidah banyak orang Indonesia saat ini, nih. Nah, gyoza merupakan makanan berbentuk pangsit mini yang biasanya berisi daging cincang dan sayuran.

Makanan ini mempunyai bentuk yang kecil sehingga bisa dinikmati dalam satu gigitan. Selain itu, makanan ringan ini juga bisa dimakan sebagai camilan maupun makanan penutup yang lezat.

Di-update oleh: Yoga


Nah, itulah dia beberapa makanan khas Jepang yang sangat populer dimakan oleh beberapa orang Indonesia. Yuk, coba share pengalaman kamu saat memakan makanan khas Jepang ini di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare