...
cara mengatasi sakit perut sebelah kanan
5-min read

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah hingga Pinggang

cara mengatasi sakit perut sebelah kanan

Simak cara mengatasi sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang berikut ini.

Apa kamu pernah merasakan sakit di bagian perut kanan bawah hingga pinggang? Jangan khawatir, karena kali ini kita bakal membahas cara mengurangi rasa sakit tersebut dengan cara yang ampuh dan efektif.

Perut yang nyeri bisa menjadi pengganggu aktivitas sehari-hari kita, jadi ayo temukan solusinya bersama-sama. Yuk simak!

Apa Penyebab Rasa Sakit di Perut Kanan Bawah Hingga Pinggang?

cara mengatasi sakit perut sebelah kanan
Source: CNN Indonesia

Sakit perut emang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, sakit perut ini sendiri bisa terasa di beberapa bagian perut, seperti perut tengah, atas, atau kanan bawah. Nah, sakit perut sebelah kanan bawah ini yang bisa bikin kita panik, karena ini bisa jadi salah satu ciri-ciri usus buntu pada wanita.

Tapi, sebelum panik, kita juga harus mengetahui penyebab dari sakit perut sebelah kanan bawah yang meluas ke pinggang. Rasa sakit ini dapat memiliki berbagai penyebab yang mungkin, termasuk:

1. Radang usus buntu (appendicitis)

Ini adalah kondisi serius di mana usus buntu menjadi meradang dan perlu segera ditangani oleh dokter. Gejala umumnya meliputi nyeri perut sebelah kanan bawah yang kemudian menjalar ke pinggang, mual, muntah, dan demam. Jika kamu mengalami gejala ini, segera cari bantuan medis.

2. Batu ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan keras yang terbentuk di dalam ginjal dan dapat menyebabkan nyeri hebat. Nyeri biasanya terasa di sisi punggung bawah atau pinggang dan dapat menjalar ke perut bagian bawah. Gejala lainnya termasuk sering buang air kecil, urine berdarah, dan mual.

3. Infeksi saluran kemih (ISK)

ISK dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah dan dapat menjalar ke pinggang. Gejala lainnya meliputi sering buang air kecil, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan urine berbau tidak sedap.

Jika kamu curiga kalau sedang mengidap ISK, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

4. Gangguan usus seperti kolitis, sindrom iritasi usus besar (IBS), atau penyakit radang usus

Beberapa kondisi ini dapat menyebabkan nyeri perut yang meluas ke pinggang. Gejala lainnya mungkin termasuk perubahan pola buang air besar, perut kembung, dan gangguan pencernaan.

Info wajib baca: 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Alami dan Aman yang Harus Kamu Coba

5. Cedera otot atau regangan, dan masalah lainnya

Jika kamu telah melakukan aktivitas fisik yang berat atau mengangkat beban secara tidak benar, kamu mungkin mengalami nyeri otot atau regangan di area perut dan pinggang. Istirahat, kompres dingin, dan penggunaan obat pereda nyeri yang direkomendasikan dapat membantu mengurangi gejala.

Selain itu, ada juga kemungkinan lain seperti hernia, masalah ginjal, atau masalah ginekologi pada wanita yang bisa menyebabkan nyeri perut sebelah kanan bawah yang menjalar ke pinggang.

6. Kehamilan ektopik

Penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yang satu ini biasanya terjadi pada wanita bisa. Jika kamu merasakan sakit di bagian perut bawah sebelah kann, bisa jadi dikarenakan oleh kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan.

Kehamilan ektopik ini merupakan kondisi di mana sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rongga rahim, seperti ovarium, rongga perut atau serviks.

Hal ini merupakan kondisi serius yang harus segera ditangani paramedis, karena dapat berisiko menyebabkan perdarahan internal hingga kematian.

7. Nyeri haid

Kalau rasa sakit yang satu ini pasti kebanyakan terjadi sama para cewek sebelum atau sesudah haid. Intensitas nyerinya juga bermacam-macam, ada yang ringan, sampai yang bikin nggak bisa bangun dari tempat tidur.

Penyebab sakit perut yang satu ini jga nggak harus selalu dirasakan di bagian kanan bawah perut, bisa juga di bagian kiri, atau tengah.

Jika kamu mengalami sakit perut sebelah kanan bawah yang meluas ke pinggang, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mungkin memerintahkan tes darah atau pencitraan seperti USG atau CT scan, dan mengumpulkan riwayat medis lengkap untuk membantu menentukan penyebab dan saran pengobatan yang sesuai.

Cara Mengatasi Rasa Sakit di Bagian Perut Kanan Bawah hingga Pinggang

cara mengatasi sakit perut sebelah kanan
Source: DokterSehat

Selain mengetahui penyebab kram perut dan cara mengatasinya, penting juga buat kita untuk tau cara mengatasi sakit perut sebelah kanan, apalagi yang sudah menjalar sampai pinggang.

Karena penyebabnya beragam, cara mengatasi sakit perut sebelah kanan bawah ini tentu memiliki penanganannya masing-masing.

Jika penyebab sakit pada bagian tersebut cukup ringan seperti akibat nyeri haid, kamu bisa dengan cukup mengompres perut dengan air hangat dan memperbanyak asupan mineral, atau mengonsumsi obat pereda nyeri OTC.

Selain itu, untuk mempercepat pemulihan kamu bisa coba mengubah pola makan dan berolahraga lebih teratur. Nggak perlu yang berat, olahraga ringan juga udah cukup.

Info wajib baca: Jangan Anggap Remeh! Kenali 5 Penyebab Usus Buntu pada Anak Ini

Tapi, jika gejala tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan tak kunjung membaik, kamu perlu memeriksakannya ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti tes urine, tes darah, atau tes pencitraan untuk memastikan penyebabnya.

Biasanya, setelah mengetahu apa penyebab sakit perut sebelah kananmu, dokter dapat menentukan jenis penanganan yang tepat.

Misalnya, jika kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri, maka akan diberikan antibiotik. Biasanya dokter juga akan melakukan sebuah operasi untuk kondisi yang lebih serius, seperti kehamilan ektopik.


Sakit perut emang terkadang nggak bisa kita sepelekan, apalagi kalau sakitnya berlangsung dalam waktu yang lumayan lama. Ada baiknya kalau kamu merasa sakit perut yang udah nggak bisa kamu toleransi, sebaiknya langsung cari bantuan medis, ya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare