...
manfaat minyak tawon
5-min read

Nggak Hanya Atasi Pegal dan Nyeri Sendi, Ini 5 Manfaat Lain Minyak Tawon untuk Kesehatan

manfaat minyak tawon

Minyak tawon dipercaya sejak lama mempunyai manfaat yang luar biasa. Simak penjelasannya di sini!

Penggunaan obat tradisional di Indonesia tentunya sudah menjadi hal yang lazim dilakukan. Bahkan, praktik ini juga sering dilakukan selama turun temurun dan menciptakan kepercayaan tersendiri mengenai hal medis di masyarakat.

Nah, salah satu obat tradisional yang sering digunakan banyak orang karena manfaatnya adalah minyak tawon. Dengan aromanya yang khas, minyak tawon sering kali digunakan sebagai minyak gosok atau minyak urut.

Sering digunakan untuk pengobatan, memangnya apa saja, sih, manfaat yang terkandung pada minyak tawon? Yuk, cari tahu jawaban lengkapnya di artikel berikut ini. Supaya makin tahu manfaat besar dari minyak ajaib ini! 

Apa Itu Minyak Tawon?

Source: GenPI.com

Pastinya banyak di antara kamu yang mengira bahwa minyak tawon itu terbuat dari ekstrak sengatan tawon, kan? Nah, jadi informasi ini nggak valid, ya, gaes. Pasalnya, minyak tawon terbuat dari beberapa bahan alami yang biasa digunakan sebagai obat-obatan seperti:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal karena kemampuannya untuk menjaga kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Ini disebabkan oleh kandungan vitamin A dan E yang tinggi di dalamnya.

Lebih dari itu, sekitar 80% dari asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang, yang memiliki molekul kecil sehingga mudah meresap ke dalam sel-sel tubuh kita.

2. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih mengandung minyak esensial yang dapat membantu mencegah infeksi kuman, yang bisa menghambat proses penyembuhan luka. Selain itu, minyak kayu putih juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.

Info wajib baca: Minyak Zaitun Dipercaya Dapat Menjaga Kecantikan Kulit, Ini Manfaat dan Cara Menggunakannya!

3. Cengkeh

Cengkeh nggak hanya memberikan aroma yang khas pada minyak tawon, tetapi juga memiliki sifat antiseptik yang membantu meredakan keluhan nyeri sendi.

4. Rempah lainnya

Minyak tawon juga mengandung minyak atsiri dari bahan-bahan seperti daun lada, jahe, kunyit, dan bawang merah. Campuran rempah ini memiliki khasiat sebagai anti kuman dan dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Manfaat Kesehatan Minyak Tawon

manfaat minyak tawon
Source: Halodoc

Minyak tawon sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan terkait persendian atau otot. Berikut ini manfaat minyak tawon untuk kesehatan:

1. Mencegah gigitan nyamuk dan serangga

Salah satu manfaat utama minyak tawon adalah kemampuannya untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya. Sebagian besar orang mungkin lebih mengenal semprotan anti-nyamuk yang berisi bahan kimia kuat.

Namun, minyak tawon memberikan alternatif alami yang aman tanpa efek samping berbahaya. Dengan mengoleskan minyak tawon pada kulit, kamu dapat menikmati aktivitas outdoor tanpa harus khawatir tentang gigitan yang mengganggu.]

2. Manfaat minyak tawon untuk meredakan bengkak atau lebam

Selain melindungi dari gigitan nyamuk, minyak tawon juga dapat digunakan untuk meredakan gigitan bekas nyamuk dan serangga, lho. Minyak tawon mengandung bahan-bahan seperti kunyit, yang memiliki ekstrak curcumin yang efektif dalam mengatasi peradangan pada kulit.

Jadi, jika kamu pernah digigit oleh serangga dan kulitmu mengalami pembengkakan atau memerah, minyak tawon dapat membantu meredakannya.

3. Manfaat minyak tawon mengatasi ruam pada kulit

Ruam pada kulit akibat iritasi atau gigitan serangga pastinya bisa sangat mengganggu. Nah, salah satu kandungan unggulan dalam minyak tawon adalah ekstrak bawang merah yang telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi ruam.

Dengan mengoleskan minyak tawon yang mengandung bawang merah pada area yang terkena ruam, kamu dapat merasakan perbedaannya secara perlahan.

Info wajib baca: 10 Khasiat Minyak Bulus untuk Kesehatan: Merawat Kulit, Rambut, hingga Kuku

4. Menjaga kelembaban kulit

Kesehatan kulit tidak hanya sebatas mengatasi masalah, tetapi juga menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Minyak kelapa dalam komposisi minyak tawon berperan penting dalam menjaga kulit kamu  tetap lembab dan lentur. Kandungan vitamin A dan E dalam minyak kelapa akan membantu kulit terlihat lebih segar dan sehat.

5. Menghambat penuaan dini

Kulit yang sehat juga berarti melawan tanda-tanda penuaan dini. Minyak tawon mengandung antioksidan alami yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini membantu menjaga kulit tetap muda dan bercahaya.

Perbedaan Minyak Tawon Asli dan Palsu

Selain manfaat yang dimilikinya, penting juga untuk memahami beberapa perbedaan antara minyak tawon asli dan palsu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Harga – Minyak tawon asli biasanya memiliki harga standar yang sesuai dengan kualitasnya. Jika kamu menemukan minyak tawon dengan harga jauh di bawah rata-rata, pertimbangkan untuk berhati-hati, ya.

Kemasan – Minyak tawon asli umumnya memiliki kemasan botol yang terbungkus kertas putih dan memiliki segel di atasnya. Di bagian depan botol, terdapat kertas tempelan berwarna merah muda dengan gambar lebah dan tulisan “CAP TAWON.” Di bawah kertas berwarna merah muda tersebut, terdapat stiker berhologram. Tutup botol yang asli juga cenderung sulit dibuka.

Warna – Minyak tawon asli cenderung memiliki warna yang lebih pekat (cokelat) namun tetap jernih dan bersih. Minyak tawon palsu dapat memiliki warna yang lebih cerah (kekuningan) dan


Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan minyak tawon dan tips membedakannya antara yang asli dengan palsu. Apakah kamu sering menggunakan minyak ini juga untuk pengobatan? Apa yang kamu rasakan? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare