...
manfaat minyak kelapa untuk wajah
5-min read

Mengungkap 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah yang Tak Boleh Dilewatkan

manfaat minyak kelapa untuk wajah

Simak manfaat minyak kelapa untuk wajah berikut ini biar wajah makin glowing!

Kulit wajah adalah bagian terpenting dalam memperlihatkan kecantikan seseorang. Oleh karena itu, merawat kulit wajah dengan bahan alami yang bermanfaat untuk kecantikan jadi alternatif pilihan tepat. Salah satunya adalah manfaat minyak kelapa untuk wajah.

Selain murah dan mudah didapatkan, minyak kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah yang tak boleh dilewatkan. Nah, di sini kita akan membahas mengenai tujuh manfaat dari minyak kelapa untuk kulit wajah kamu! Yuk, simak artikel berikut ini sampai selesai.

Belum Kenal Minyak Kelapa?

manfaat minyak kelapa untuk wajah
Source: Cocosoul

Minyak kelapa adalah minyak yang diekstraksi dari daging kelapa segar. Dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, minyak ini populer digunakan sebagai bahan masakan, kosmetik, dan produk perawatan kesehatan lainnya.

Minyak kelapa mengandung sekitar 90% asam lemak jenuh, yang membuatnya tahan terhadap oksidasi dan stabil pada suhu tinggi. Makanya, minyak kelapa merupakan bahan masakan yang populer.

Minyak yang satu ini populer di Asia Tenggara dan India, di mana minyak kelapa sering digunakan untuk menggoreng atau menumis makanan.

Tapi, perlu diingat bahwa meskipun minyak kelapa memiliki manfaat kesehatan yang banyak, konsumsi minyak kelapa juga harus dibatasi karena tingginya kandungan asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Idealnya, konsumsi minyak kelapa sebaiknya dibatasi sekitar 1-2 sendok makan per hari dan disertai dengan diet seimbang dan olahraga teratur.

Selain bisa digunakan untuk memasak, minyak kelapa juga ternyata memiliki keunggulan lainnya, yaitu punya manfaat untuk wajah!

Info wajib baca: 9 Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Bantu Jaga Kesehatan Jantung!

7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah

Minyak kelapa telah lama digunakan sebagai bahan alami yang berfungsi untuk kecantikan, termasuk memiliki manfaat minyak kelapa untuk rambut. Minyak yang satu ini sudah populer sejak dulu, hingga sekarang karena manfaatnya yang diberikan mulai dari sebagai bahan memasak, hingga sebagai skincare wajah dan kulit tubuh.

Kalau makin penasaran, yuk, langsung intip tujuh manfaat minyak kelapa untuk wajah yang bisa kamu dapatkan di bawah ini!

1. Membantu menghidrasi kulit

Salah satu manfaat terbesar dari minyak kelapa adalah kemampuannya untuk menghidrasi kulit. Minyak kelapa adalah bahan alami yang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit, sehingga cocok digunakan bagi mereka yang memiliki kulit kering atau kulit sensitif.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup aplikasikan beberapa tetes minyak kelapa pada wajah dan leher, pijat secara lembut dan biarkan meresap selama beberapa menit sebelum dicuci bersih. Penggunaan rutin akan membantu menjaga kelembaban kulit kamu.

2. Mencegah penuaan dini

Minyak kelapa kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Antioksidan juga membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi garis-garis halus.

Untuk penggunaannya, cukup aplikasikan beberapa tetes minyak kelapa pada wajah secara teratur, terutama sebelum tidur malam. Minyak kelapa juga dapat dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti madu, lemon atau jus lidah buaya untuk menciptakan campuran masker wajah yang lebih baik.

3. Manfaat minyak kelapa untuk wajah: Mengatasi jerawat

manfaat minyak kelapa untuk wajah
Source: BeBeautiful

Kegunaan minyak kelapa yang lain adalah membantu mengatasi jerawat. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat.

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti produk pembersih wajah biasa dengan cara dioleskan secara langsung pada wajahmu, pijat secara lembut selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Penggunaan teratur bisa membantu membersihkan kulit wajah dari jerawat dan membantu mencegah munculnya jerawat yang baru.

4. Membantu mengatasi kulit kering

Kulit kering dapat menjadi masalah bagi banyak orang, terutama pada saat cuaca dingin atau udara yang kering. Minyak kelapa dapat membantu mengatasi kulit kering dengan cara memberikan kelembapan alami pada kulit.

Untuk penggunaannya, aplikasikan minyak kelapa pada wajah dan biarkan meresap selama beberapa menit. Kemudian, basahi kain bersih dengan air hangat dan letakkan pada wajah kamu untuk membantu minyak kelapa meresap lebih dalam ke dalam kulit. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Manfaat minyak kelapa untuk wajah: Menghapus riasan

Makeup remover kamu habis? Pakai minyak kelapa aja! Iya, minyak kelapa juga ternyata bisa dijadiin sebagai pembersih makeup, lho! Minyak ini diketahui bisa menghilangkan semua kotoran tanpa membuat wajah kamu kering.

Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa ke area wajah yang dibubuhi makeup, hingga ke leher secara merata, lalu pijat dengan lembut. Setelah dirasa selesai, kamu bisa membilas wajahmu dengan menggunakan sabun cuci muka hingga bersih.

Pastiin kalau makeup dan kotoran, serta sisa residu minyak kelapa di wajah kamu benar-benar sudah bersih, ya, biar pori-porimu nggak tersumbat!

6. Menyembuhkan luka

Minyak kelapa juga bisa menyembuhkan luka pada kulit, lho, hal ini sudah ditunjukkan oleh beberapa penelitian.

Hasil penelitian menemukan kalau mengobati luka dengan menggunakan minyak kelapa murni, terbukti dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan status antioksidan dan juga meningkatkan kadar kolagen, salah satu protein penting yang membantu penyembuhan luka.

Selain itu, sifat antimikrobanya juga bisa mencegah infeksi, yang jadi salah satu faktor risiko utama mempersulit proses penyembuhan.

7. Manfaat minyak kelapa untuk wajah: Menghaluskan kulit

manfaat minyak kelapa untuk wajah
Source: HealthShots

Minyak kelapa juga bisa berfungsi untuk menghaluskan kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melindungi kulit dari polusi lingkungan sekitar.

Kamu cukup mengoleskan sedikit minyak kelapa ke kulit lalu pijat dengan lembut. Gunakan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Selain itu, dengan penggunaan teratur, kamu akan merasakan perbedaan, yaitu berkurangnya tekstur pada wajah.

Info wajib baca: 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah yang Perlu Diketahui!

Efek Sampingnya Apa, Min?

Di samping beragam manfaat yang diberikan oleh minyak dari pohon sejuta manfaat ini, ternyata ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan, lho, tergantung dengan pemakaian atau tipe kulitmu.

Memang minyak kelapa nggak selalu cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, ada beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan minyak kelapa ini. Penasaran, kira-kira apa aja efek samping dan jenis kulit yang kurang cocok menggunakan minyak kelapa? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Rentan meninggalkan residu

Dalam penggunaannya untuk wajah, minyak kelapa rentan meninggalkan residu, apalagi ketika kamu menggunakannya sebagai pembersih makeup.

Residu ini dapat membentuk lapisan minyak di atas lapisan kulit, akhirnya pori-pori wajahmu akan tersumbat dan muncul jerawat. Biasanya hal ini dapat terjadi pada kulit wajah yang cenderung berminyak dan rentan berjerawat. Baca juga, nih, makanan penyebab jerawat yang kamu harus tahu!

2. Menyumbat pori-pori

Menyumbat pori-pori
Source: Carmesi

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, minyak kelapa dapat meninggalkan residu yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga rentan menimbulkan jerawat pada wajah.

Sifat dari minyak ini sendiri adalah comedogenic, yang artinya retan menyumbat pori-pori, karena kandungan lemak jenuh di dalamnya.

Dengan demikian, dari dua poin di atas dapat disimpulkan kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak dan rentan untuk berjerawat, maka nggak disarankan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu skincare berbahan alami, ya.

3. Reaksi alergi

Kamu yang punya alergi terhadap kelapa atau minyak kelapa, juga nggak dianjurkan untuk menggunakan minyak yang satu ini sebagai alternatif skincare berbahan alami untuk wajah.

Kenapa? Karena kalau kamu masih maksa, nanti bakal muncul reaksi alergi pada kulitmu. Biasanya, orang yang punya alergi pada kacang walnut atau hazelnut juga mungkin memiliki alergi terhadap minyak kelapa.

Makanya, kamu yang punya riwayat alergi terhadap kedua kacang tersebut patut waspada dan sebaiknya nggak coba-coba pakai minyak kelapa di wajahmu, ya!


Nah, itu tadi tujuh manfaat minyak kelapa untuk wajah kamu! Ternyata selain bisa dipakai buat masak, minyak kelapa juga punya manfaat yang nggak kalah bagus buat kecantikan wajah!

Tapi perlu diingat, nggak semua tipe kulit bisa mendapatkan manfaat dari minyak yang satu ini, ya. Kamu juga perlu perhatikan reaksi alergi yang ditimbulkan pada kulitmu, kalau muncul tanda-tanda alergi, ada baiknya kamu menghentikan pemakaian minyak kelapa pada kulit wajahmu, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare