...
5-min read

Profil Arkhan Kaka, Atlet Sepak Bola Muda yang Berbakat

Di usianya yang masih muda, ia telah mencetak beberapa prestasi yang membanggakan. Ia adalah pesepakbola bernama Arkhan Kaka.

Siapa yang tidak kenal pemain sepak bola Indonesia yang satu ini? Selain muda, ia juga sangat berbakat dalam bidang sepak bola. Di usianya yang muda, ia telah mencapai sejumlah prestasi yang patut dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Mengenal sepak bola dari ayahnya, Arkhan Kaka melanjutkan karirnya menjadi pesepakbola profesional.

Mau tahu lebih lanjut tentang Arkhan Kaka? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis dan jangan sampai ada yang terlewat, ya! Kalau begitu, mari kita mulai perjalanan untuk mengenal lebih jauh atlet berbakat ini!

Profil Arkhan Kaka

Arkhan Kaka Putera merupakan salah satu pesepakbola muda Indonesia yang sukses di timnas Indonesia. Bergabung dengan tim Indonesia U17, Kaka sudah menunjukkan performa apik sebagai seorang striker.
Pemain muda berbakat ini lahir di Blitar pada 7 September 2007. Saat ini baru berusia 17 tahun, penyerang timnas Indonesia yang satu ini memiliki nama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto.
Sebagai pesepak bola yang bertalenta besar dalam bermain, Kaka sudah mengenal sepak bola sejak kecil.

Awal mula Kaka mengenal sepak bola yakni karena ayahnya memperkenalkan sepak bola kepada Kaka yang saat ini menjelma sebagai bomber timnas Indonesia. Langkah awalnya untuk menjadi pesepak bola profesional, dimulai dengan bergabung di SSB Tunas Muda Blitar. Di sanalah ia mengasah kemampuan sepak bolanya.

Ayahnya Kaka ternyata adalah Purwanto Suwondo yang merupakan mantan penyerang Timnas Indonesia di Era 90’an hingga 2000 awal. Purwanto Suwondo pernah bermain di beberapa klub ternama di Indonesia, yakni Persebaya, Arema, PSIS Semarang, Persela Lamongan dan Semen Padang. Latar belakang ayahnya itulah Kaka memiliki semangat untuk berkarir di dunia sepak bola.

Kemudian pada tahun 2019, Kaka bergabung dengan tim PSSI Kota Blitar pada tahun 2019. Setelah itu, Kaka bergabung dengan Bhayangkara FC U 16 yang bermain di Liga 1 U-16. Dengan 9 gol, Kaka kemudian dinilai sebagai pencetak gol terbanyak kedua klub di liga Elite Pro. Saat ini ia menjadi anggota klub sepak bola Persis Solo dengan kontrak berdurasi 5 tahun.

Meskipun terbilang masih sangat muda, Arkhan Kaka Putera merupakan pemain sepak bola Timnas Indonesia U 17 dengan catatan prestasi gemilang. Stiker timnas U-17 Indonesia yang satu ini tampil gemilang pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Grup B. Pada ajang itu, Arkhan Kaka sukses mengemas tujuh gol. Gol tersebut diciptakan Arkhan Kaka masing-masing ke gawang Guam U-17 dengan jumlah empat gol, Uni Emirat Arab U-17 sejumlah dua gol, dan Malaysia U-17 satu gol.

Karir

Source: Timnas.co

Arkhan bergabung dengan klub Liga 1 Persis Solo pada 1 Februari 2022. Sebelum bergabung dengan Persis Solo, ia memulai karir sepak bolanya di SSB Tunas Muda Blitar. Kemudian, ia sempat memperkuat Bhayangkara FC di Elite Pro Academy U-16 2022. Ia menjadi salah satu top skorer klub.

Ia melakukan debut tim utama pada 4 April 2023 setelah menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-70, yang berakhir dengan kekalahan 3-1 melawan Persib Bandung di Stadion Pakansari. Di usianya yang baru 15 tahun, ia tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Liga Indonesia pada tahun 1994 hingga 2023.

Semua perjuangan tidak selalu berjalan mulus. Pada proses seleksi yang dilaksanakan pada bulan Mei 2021 untuk masuk skuad timnas tak berjalan mulus, nama Kaka dicoret oleh pelatih kepala timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti. Beruntungnya di Elite Pro Academy U-16 2022 Arkhan berhasil membuktikan kemampuannya hingga lolos seleksi tim Indonesia U-17.

Info wajib baca: Memahami Perbedaan Futsal dan Sepak Bola: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Keberhasilan Arkhan Kaka di Dunia Sepak Bola

Source: VOI

Pada Juli 2022, ia melakukan debutnya di AFF U-16 Youth Championship 2022 melawan Filipina U-17 dan ia mencetak satu gol di pertandingan tersebut. Arkhan dan tim nasionalnya menang di babak final melawan Vietnam U-17 dan meraih juara di turnamen tersebut dimana Arkhan mencetak total dua gol.

Pada 5 Oktober 2022, Arkhan mencetak quatrick melawan Guam U-17 dalam kemenangan 14-0 di Kualifikasi Piala Asia AFC U-17 2023.

Bulan Januari 2023, Arkhan dipanggil oleh Shin Tae-Yong ke tim U-20 Indonesia untuk pusat pelatihan persiapan Piala Asia AFC U-20 2023. Kemudian pada bulan 17 Januari 2023, Arkhan melakukan debutnya untuk tim melawan Fiji U-20 dengan kemenangan 4-0.

Pada 10 November 2023, Arkhan mencetak gol ke gawang Ekuador U-17 di babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 FIFA 2023 yang berakhir imbang 1-1. Dengan demikian Arkhan menjadi orang Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Dunia FIFA edisi apa pun. Pada 13 November 2023, Arkhan kembali mencetak gol, kali ini melawan Panama U-17 dengan hasil imbang 1-1 di babak penyisihan grup.

Info wajib baca: Profil dan Perjalanan Karir Devano Danedra, Aktor Muda dan Berbakat


Itulah profil dan perjalanan karir Arkhan Kaka Putra Wibowo. Semoga perjalanan karirnya yang sukses menginspirasimu untuk mengikuti jejaknya, ya!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare