...
arti emoji tangan
5-min read

Macam-Macam Arti Emoji Tangan di Chat, Jangan Salah Pakai!

arti emoji tangan

Arti emoji tangan banyak disalahartikan!

Kalau sebuah gambar bisa bernilai seribua kata, begitu juga dengan satu emoji, kan? Namun dengan banyaknya pilihan yang bisa kamu pilih, bagaimana kamu bisa tahu kapan harus menggunakan emoji yang tepat?

Kamu pasti sudah tahu kapan momen yang tepat untuk menggunakan setiap emoji love. Sama seperti simbol emoji tangan yang perlu kamu ketahui artinya. Soalnya, jenis satu ini artinya cukup luas dan terkadang masih ada yang disalahartikan.

Simbol Arti Emoji Tangan di Chat

Misalnya saja emoji tangan lipat dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti rasa terima kasih, tapi di negara lain secara luas diartikan sebagai berdoa atau high five.

Nah, supaya kamu nggak salah arti lagi, inilah beberapa arti simbol emoji tangan yang paling umum digunakan.

1. Arti emoji tangan jempol ke atas 👍

Emoji ‘jempol ke atas’ artinya untuk menandakan persetujuan. Juga dikenal sebagai simbol ‘ya’. Digunakan untuk mengekspresikan kepuasan secara umum.

Kamu juga bisa menggunakannya secara sarkastik untuk menggartikan sesuatu yang sebenarnya nggak baik.

2. Jempol ke bawah 👎

Berbeda dengan emoji sebelumnya yang artinya positif, emoji ‘jempol ke bawah’ hampir jarang digunakan untuk menyindir. Simbol dalam chat ini diartikan untuk menunjukkan ketidaksetujuan.

3. Oke 👌

Artinya sama seperti simbol ‘jempol’, tapi lebih santai. Penggunaannya benar-benar positif, seperti mewakili kalau kamu ingin mengatakan “Saya baik-baik saja” atau “Ya, itu bagus/ benar”.

4. Doa tangan 🙏

Punya banyak makna, simbol ‘tangan berdoa’ ini juga dikenal sebagai emoji ‘high five’. Namun umumnya dikenal sebagai simbol ‘tangan terlipat’ yang memiliki arti sebagai tolong atau terima kasih dalam budaya Jepang.

5. Arti emoji tangan simbol damai ✌️

Emoji ini paling sering digunakan sebagai tanda damai. Sangat tepat kalau kamu ingin mengucapkan ‘selamat tinggal’ atau selamat malam kepada orang lain’.

Tapi juga dapat digunakan untuk mengartikan sesuai seperti kamu sedang istirahat atau bersantai.

Info wajib baca: Kumpulan Ide Bio IG yang Aesthetic | Dari yang Bermakna hingga Bahasa Inggris

6. Arti emoji tangan tepuk tangan 👏

Penggunaan simbil ini terutama kalau kamu menggunakannya beberapa kali, dapat berarti tepuk tangan. Tapi, apapun yang benar-benar pantas diberi ucapan selamat, kamu bisa menggunakan emoji ini.

Simbol ini diartikan untuk menunjukkan bahwa sikap seseorang layak mendapat tepuk tangan.

7. Menunjuk ke atas ☝️

Satu ini digunakan untuk menunjukkan pertanyaan, tapi bisa juga kamu gunakan ketika kamu berkata ingin hadir dalam suatu event.

8. Tinju 👊

Resminya, nama simbol ini adalah emoji ‘mengepal’. Dapat kamu gunakan untuk mewakili pukulan pada seseorang yang cukup beragam.

9. Tangan terangkat ✋

Seharusnya, emoji ini berarti ‘berhenti’ atau melakukan tos kepada seseorang. Tentu saja artinya cukup beragam jika digunakan dalam berbagai kondisi. Misalnya saja dalam meeting online sering digunakan untuk mewakili bahwa kamu punya pertanyaan.

10. Fingers crossed 🤞

Kamu mungkin sering menggunakan emoji ‘tangan berdoa’ untuk mengatakan permintaan tolong. Tapi, kamu ternyata bisa menggunakan emoji ‘finger crossed’ yang memiliki arti untuk mendoakan seseorang beruntung.

Selain itu juga dapat diartikan untuk menunjukkan bahwa kamu mengharapkan hasil tertentu.

Info wajib baca: Kumpulan Foto Profil WA Keren Aesthetic dan Cara Menggantinya

11. Jabat tangan 🤝

Emoji ini dapat kamu gunakan sebagai salam, tapi sering juga digunakan untuk menandakan bahwa kamu telah membuat kesepakatan dengan seseorang.

Ya, saat kamu ingin mengatakan “senang bekerja sama dengan kamu” bisa banget menggunakan simbol ini dalam chat , sopan tapi tetap santai.

12. Tangan hati

Source: Emojipedia.org

Emoji ini digunakan untuk mengungkapkan ‘cinta dan dukungan’, akurat banget, kan? Salah satu cara yang tepat untuk mengirimkan cinta kepada seseorang melalui chat.

13. Bersantai 🤙

Emoji ini menggambarkan sebagai simbol ‘hubungi saya’. Kamu akan lebih sering melihat ini digunakan dalam chat yang santai.

Kirimkan emoji ini saat kamu mencoba untuk menjaga suasana chat di grup tetap tenang. Namun, berhati-hatilah saat menggunakannya kalau kamu nggak ingin menghadapi ‘panggilan FaceTime’ dari orang lain yang salah mengartikan simbol tersebut.

14. Tulisan tangan ✍

Sering sekali digunakan untuk mengatakan ‘buat catatan’ atau untuk memberi isyarat bahwa kamu sedangn membuat catatan. Sebenarnya emoji ini dapat digunakan secara luas untuk mewakili tulisan.

Juga, menunjukkan kalau kamu sedang mempelajari suatu hal dan untuk menunjukkan seseorang sedang mencatat.

15. Arti emoji mengangkat tangan 🙌

Kedua tangan terangkat yang digambarkan dalam emoji ini digunakan untuk merayakan suatu hal. Misalnya saja dalam kondisi akhirnya teman kamu punya kesibukan atau acara hari ini dari kesehariannya yang jarang pergi.

Tinggal kirimkan emoji tangan terangkat di chat untuk teman kamu tersebut.


Itulah beberapa artinya dari emoji tangan. Apa kamu pernah salah menggunakannya?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare