...
doa mendengar petir
5-min read

Doa Ketika Mendengar Petir, Arab, Latin, dan Artinya

doa mendengar petir

Yuk, hafalkan doa ketika mendengar petir!

Ketika hujan tiba, biasanya akan muncul petir yang mengagetkan. Nggak jarang, suara petir yang kamu dengar membuat sebagian orang menjadi takut. Sejumlah riwayat menganjurkan agar membaca doa ketika kamu mendengar gemuruh petir.

Keberadaan petir dan suaranya telah disebutkan dalam Al-qur’an, sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهٖ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ مِنْ خِيْفَتِهٖۚ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيْبُ بِهَا مَنْ يَّشَاۤءُ وَهُمْ يُجَادِلُوْنَ فِى اللّٰهِ ۚوَهُوَ شَدِيْدُ الْمِحَالِۗ ١٣

Artinya: “Dan guruh bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) malaikat karena takut kepada-Nya. Dia (Allah) melepaskan petir, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Sementara itu, mereka (orang-orang kafir) berbantah-bantahan tentang kekuasaan Allah, padahal Dia Mahakeras hukuman-Nya.” (QS Ar Ra’d: 13)

Fakta Munculnya Petir

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa petir merupakan ucapan awan. Hal ini dikatakan oleh Ibnu Katsir yang merujuk pada riwayat Imam Ahmad. Riwayat tersebut tentang seorang syekh yang berasal dari bani Giffar berceita bahwa ia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah mengadakan awan, maka awan itu dapat berbicara dengan suara yang paling baik dan dapat tertawa dengan tawa yang paling baik.”

Maksud dari ucapan awan adalah petir, sementara tertawanya merupakan kilat. Sejumlah hadits menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW akan membaca doa ketika mendengar gemuruh petir.

Hadits ini diriwatkan oleh Imam At-Tirmidzi dan Imam Bukhari dala “Kitabul Adab”, dan Imam an-Nasa’i dalam bab “Zikir Malam dan Siang Hari”.

Info wajib baca: Doa Sapu Jagat, Arab, Latin, Beserta Artinya

Doa Ketika Mendengar Suara Petir

Source: Unsplash.com

Nah, ketika kamu mendengar petir, sebaiknya mengamalkan doa berikut ini. Saat kamu berdua dalam kondisi apapun dan kapanpun, Allah SWT akan senantiasa memudahkan segala perkaramu.

Meski terkadang petir menimbulkan perasaan khawatir, petir bukanlah tanda kemurkaan dari Allah SWT. Ada dua macam dua mendengar petir yang bisa kamu panjatkan.

1. Ketika mendengar petir, panjatkan doa meminta perlindungan

اَلًلهُمَ لا تقتلنا بغضبك ولا تهلكنا بعذابك وعافنا قبل ذلك

“Allahumma la taqtulna bighadhabika wala tuhlikna bi’adzabika wa ‘afina qabla dzalika.”

Artinya: “Ya Allah, janganlah kau bunuh diriku dengan kemarahan-Mu, dan janganlah kau rusak diriku dengan siksa-Mu, dan maafkanlah aku sebelum semua itu.”

2. Ketika mendengar petir, panjatkan doa bertasbih

سُبْحانَ الَّذي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Subhânal-ladzî yusabbihur ra‘du bihamdihi walmalâ-ikatu min khîfatihi.”

Artinya: “Maha suci (Allah) Dzat yang guruh itu bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Info wajib baca: Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi Beserta Artinya

Selain Doa, Dalam Islam Ada Ada Ketika Mendengar Petir

Dalam Islam, ada beberapa adat yang bisa kamu terapkan ketika mendengar petir. Menerapkan adab ini seperti mengingatkan kamu untuk selalu merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Jadi, ketika petir muncul, jangan lupa ikuti beberapa adab berikut ini.

1. Panjatkan doa ketika mendengar petir

Ketika kamu mendengar gemuruh petir, sebaiknya segera berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Coba ucapkan doa yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Istighfar

Selain berdoa, memohon ampunan dengan mengucapkan istighfar. Tindakan ini sangat baik dilakukan pada momen-moemen ketika suara petir muncul.

Kamu bisa mengucapkan “Astaghfirullah” yang artinya “Aku memohon ampunan kepada Allah.”

3. Selalu mengingat kuasa Allah SWT

Renungkan kembali kebesaran Allah SWT dan selalu mengingat bahwa Dia merupakan Pencipta alam semesta, juga termasuk petir. Gunakanlah momen ini untuk mengingat kekuasaan dan kebesaran Alla SWT.

4. Berlindung kepada Allah SWT

Selain doa-doa yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mengucapkan doa-doa maupun ayat-ayat tertentu lainnya, yang berarti meminta perlindungan Allah dari malapetaka.

Misalnya saja doa yang bisa kamu panjatkan aalah ayat kursi (Al-Baqarah ayat 255). Salah satu ayat yang sering dipanjatkan untuk melindungi diri dari bahaya.

5. Sudah mengucapkan doa mendengar petir, tetaplah tenang

Meski gemuruh petir terdengar sangat keras, mengagetkan, dan membuatmu khawatir, sangat penting untuk kamu nggak panik dan tetap tenang.

Jadikan waktu tersebut untuk merenungkan kebesaran Allah SWT dan mengingat-Nya.


Itulah doa mendengar petir, lengkap dengan bahasa Arab, Latin dan artinya dalam bahasa Indoenesia. Mengucapkan doa akan membuat kamu lebih merasa tenang, lho.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare