...
buku self improvement
5-min read

Buku Self Improvement Terbaik dan Populer untuk Meningkatkan Diri Kamu Jadi Versi yang Lebih Baik!

buku self improvement

Lagi ada motivasi buat mengembangkan diri? Baca rekomendasi buku self improvement terpopuler berikut ini!

Diri kita sendiri adalah aset terbesar dalam hidup ini, dan mengembangkan potensi penuh kita dapat memberikan perubahan besar bagi kehidupan kita. Kalau kamu sedang mencari buku self improvement terbaik dan populer yang akan membantu kamu meningkatkan diri, Kostmin ada daftarnya, nih!

Dari buku-buku ini, pasti seenggaknya ada satu buku inspiratif yang akan memotivasi kamu untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Siapkah kamu untuk perjalanan positif ini? Ayo mulai!

Buku Self Improvement Terbaik dan Populer

Mau mengisi waktu luang dengan tetap produktif? Nggak perlu berusaha menyibukkan diri, baca aja buku-buku self improvement yang bisa bikin kamu terinspirasi!

Kalau kamu lagi cari buku tentang pengembangan diri, nih, Kostmin punya lima rekomendasinya buat kamu di bawah. Tinggal pilih, deh, mau baca buku yang mana!

1. The 48 Laws of Power

buku self improvement
Source: Tamasia

Buku ini sempet viral karena ‘berbahaya’, loh, bahaya kenapa, min? Karena buku ini berbahaya buat orang-orang yang suka menyalahgunakan kekuasaan dan cenderung ‘sombong’!

Sesuai dengan judulnya, buku ‘The 48 Laws of Power’ yang ditulis oleh Robert Greene ini, bakal mengajarkan kamu banyak hal mengenai pelajaran dalam hidup, terutama bagaimana cara mengoptimalkan kekuasaan yang dimiliki dan tidak menyalahgunakannya. 

Di dalam buku ini juga akan membuka mata kamu tentang orang-orang yang menyalahgunakan kekuasaan, dan mengarahkan kamu agar nggak melakukan hal yang serupa. Buku ini juga bisa menghindari kamu dari ‘manipulasi’ orang-orang yang punya ‘kekuasaan’.

2. Berani Tidak Disukai

buku self improvement
Source: direadaja

Buku yang satu ini cukup unik dan kayaknya harus dibaca oleh kamu-kamu yang jadi people pleaser, dan takut kalau nggak disukai orang lain.

Buku ini menjelaskan ajaran Alfred Adler tentang bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup dan berbahagia, dan juga menanggapi fenomena unik yang marak terjadi di Jepang, contohnya seperti ‘terisolasi’ di sebuah ruangan.

Selain itu, buku ini juga mengangkat pertanyaan tentang mencintai diri sendiri agar bahagia. Kita bisa begitu sibuk dengan kehidupan orang lain sehingga kita akhirnya berhenti mencintai diri sendiri. Ya, cintai  dirimu terlebih dahulu, jangan keterusan jadi people pleaser!

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

buku self improvement
Source: IDN Times Jateng

Jadi buku best seller dan populer di seluruh dunia, buku yang satu ini juga nggak kalah unik. Walaupun termasuk buku self improvement, buku yang satu ini bukannya mengajarkan pemikiran-pemikiran positif, tapi malah sebaliknya! Loh, kok, gitu?

Karena, menurut Mark Manson selaku penulis, ia menuliskan bahwa agar berhasil dan benar-benar ‘hidup’, kita tidak bisa mengharapkan hal-hal baik saja untuk terjadi.

Buku yang satu ini justru mengajarkan kita untuk belajar untuk menghadapi semua perasaan dan peristiwa yang mungkin selama ini dihindari, agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Karena dengan mengambil pelajaran dari suau kesalahan bisa bikin kita jadi lebih baik lagi!

4. I Want to Die But I Want to Eat Tteokbokki

I Want to Die But I Want to Eat Tteokbokki
Source: Yoursay.id – Suara.com

Dari judulnya pun kita udah tau buku ini ditujukan untuk siapa, kan? Buku ini ditulis oleh Baek Se-hee, seorang perempuan yang berhasil pulih dari depresi setelah berjuang selama sepuluh tahun.

Walaupun judulnya terdengar agak ‘kasar’ dan kurang lazim buat sebuah buku self improvement, tapi seperti kata pepatah, ‘jangan nilai buku dari sampulnya’, karena ternyata isi dari buku ini cukup mengharukan dan penuh makna, loh.

Buku self improvement yang sempat viral dan jadi best seller di Korea ini adalah esai yang berisi pertanyaan, penilaian, saran, nasehat dan evaluasi diri. Tujuannya adalah untuk membantu kamu, pembaca, belajar menerima dan mencintai diri sendiri.

Buku ini juga semakin populer setelah salah satu anggota BTS yaitu RM mengunggah gambar dari buku berikut di media sosial.

5. Filosofi Teras

Filosofi Teras
Source: IDN Times

Kalo tadi buku-bukunya berasal dari luar negeri, yang satu ini adalah buku self improvement yang berasal dari Indonesia dan sempat jadi best seller juga di mana-mana.

Buku ‘Filosofi Teras’ yang ditulis oleh Henry Manampiring ini merupakan buku yang menjelaskan konsep filosofi Yunani-Romawi kuno yang disebut Stoic.

Di mana konsep stoic ini diyakini dapat membantu orang mengatasi emosi negatif dan mengembangkan ketangguhan mental saat menghadapi masalah.

Buku ini menggambarkan analogi kenyataan dari stoic dalam kehidupan sehari-hari, dengan bahasa dalam istilah yang mudah dipahami oleh orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Buku ini juga memenangkan penghargaan Book of the Year di Indonesia International Book Fair 2019, loh!

Info wajib baca: Menggali Kebijaksanaan dari Quotes Jalaludin Rumi yang Penuh Makna

Tips Mengembangkan Diri Selain Baca Buku

Selain membaca buku-buku self improvement, pastinya semua teori untuk mengembangkan dirimu jadi lebih baik nggak akan terwujud kalau nggak ada aksi dari dirimu sendiri. Nah, karena itu, Kostmin juga ada tips untuk membantu mengembangkan dirimu selain baca buku, simak, yuk!

1. Tetap terbuka terhadap belajar

Pertumbuhan pribadi dimulai dengan sikap yang terbuka terhadap belajar. Jadilah penasaran dan selalu mencari pengetahuan baru.

Bacalah buku, ikuti kursus, dan terlibat dalam diskusi dengan orang-orang yang memiliki minat dan pengetahuan yang berbeda. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan terus berkembang.

2. Tetapkan tujuan yang jelas

Menentukan tujuan adalah langkah penting dalam mengembangkan diri. Tentukan apa yang ingin kamu capai dalam kehidupan pribadi dan profesional kamu.

Pisahkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan buatlah rencana tindakan yang spesifik untuk mencapainya. Tujuan yang jelas memberikan arah dan motivasi yang diperlukan untuk pertumbuhan pribadi.

3. Fokus pada pengembangan keterampilan

Keterampilan yang dikuasai dapat membuka pintu kesempatan baru dan meningkatkan kualitas hidup kamu. Identifikasi keterampilan yang ingin kamu kembangkan dan cari peluang untuk melatih dan meningkatkannya.

Misalnya, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan komunikasi, kamu dapat bergabung dengan klub debat atau mengikuti kursus komunikasi.

4. Kelola waktu dengan baik

Pengelolaan waktu yang efektif adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan pribadi. Buat jadwal yang teratur, prioritaskan tugas-tugas kamu, dan hindari penundaan.

Identifikasi waktu-waktu yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri, seperti membaca buku atau berlatih keterampilan baru, dan disiplinlah dalam meluangkan waktu untuk kegiatan tersebut.

5. Jaga kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental yang baik mendukung pertumbuhan pribadi yang optimal. Usahakan untuk menjaga pola makan sehat, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga.

Selain itu, luangkan waktu untuk merawat kesehatan mentalmu dengan melakukan aktivitas yang kamu nikmati, seperti meditasi, yoga, atau menjalani hobi yang menenangkan.

Info wajib baca: 7 Cerita Imajinasi Bahasa Indonesia Singkat yang Seru dan Inspiratif

6. Jalin hubungan yang positif

Hubungan sosial yang positif dapat memberikan dukungan dan inspirasi dalam perjalanan pertumbuhan pribadi.

Jalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai yang sama atau memiliki minat yang sejalan dengan kamu. Temukan mentor atau bergabung dengan kelompok yang mendukung pertumbuhan dan pembelajaran.

7. Jangan takut gagal

Gagal adalah bagian dari proses belajar dan pertumbuhan. Jangan biarkan kegagalan menghentikan kamu. Lihatlah kegagalan sebagai peluang untuk belajar, melakukan perbaikan, dan mencoba lagi. Jangan biarkan rasa takut atau keraguan menghentikan kamu dari mengambil langkah maju.

8. Tingkatkan kesadaran diri

Mengembangkan kesadaran diri adalah langkah penting dalam pertumbuhan pribadi. Kenali kekuatan dan kelemahan kamu, minat dan nilai-nilai yang penting bagimu.

Berpegang pada integritas pribadi dan jadilah sadar terhadap bagaimana tindakan dan keputusan kamu memengaruhi diri sendiri dan orang lain.

9. Tetaplah berpikiran positif

Sikap dan pikiran yang positif dapat mempengaruhi cara kamu berinteraksi dengan dunia dan mencapai pertumbuhan pribadi. Latihlah diri untuk melihat sisi positif dalam setiap situasi, berterima kasih atas pencapaian kecil, dan berikan motivasi pada diri sendiri ketika menghadapi tantangan.

10. Evaluasi dan koreksi diri

Terakhir, lakukan evaluasi diri secara teratur untuk melihat kemajuan kamu. Periksa apakah kamu telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dan jika tidak, identifikasi area di mana kamu dapat memperbaiki diri. Jangan ragu untuk mengoreksi arah jika diperlukan dan selalu beradaptasi dengan perubahan.


Nah, buku-buku di atas masuk jadi rekomendasi contoh buku non fiksi yang bisa meambah pengetahuan sekaligus mengembangkan dirimu. Kalau sering denger istilah fiksi dan non fiksi, kamu udah tau belum apa aja perbedaan buku fiksi dan non fiksi? Tulis di komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare