...
bumbu ikan bakar
5-min read

Resep Membuat Bumbu Olesan Ikan Bakar Kecap yang Lezat, Meresap sampai Daging!

bumbu ikan bakar

Kelezatan ikan bakar berasal dari bumbu yang meresap dengan sempurna. Simak resepnya di sini!

Bagi kamu yang doyan banget kulineran, pastinya nggak boleh melewatkan olahan makanan yang berasal dari laut. Ya, salah satu yang populer karena kelezatannya dan pembuatannya yang sederhana adalah ikan bakar.

Saat main ke pantai atau rumah makan, ikan bakar adalah menu makanan yang selalu menggoda. Apalagi, ikan bakar juga bisa dinikmati bersama-sama sehingga dapat menjadi menu saat kamu berkumpul bersama teman atau keluarga.

Walau pembuatannya sederhana, ikan bakar yang dimasak sendiri dengan yang ada di resto sering kali berbeda. Eits, bisa jadi karena pemilihan bumbunya yang kurang tepat, tuh, sehingga mengurangi cita rasa yang dihasilkan. 

Resep Olesan Ikan Bakar Kecap

Salah satu hal yang membuat ikan bakar begitu istimewa adalah bumbu olesan kecap yang digunakan untuk menghasilkan rasa nikmat dan smoky yang khas. Penasaran bagaimana caranya? Intip resep membuat bumbu olesan ikan bakar dan tipsnya berikut ini:

Cara membuat bumbu olesan ikan bakar kecap

bumbu ikan bakar
Source: Parboaboa

Cara membuat bumbu olesan yang enak untuk ikan bakar adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Selain itu, penting juga untuk menggunakan teknik memasak yang tepat agar bumbu dapur yang digunakan dapat meresap ke dalam ikan.

Bahan-bahan

  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah keriting, iris tipis
  • 1 buah cabai rawit merah, iris tipis
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm minyak goreng

Info wajib baca: Nikmati Kelezatan Resep Bumbu Empal Daging Sapi Goreng Empuk yang Menggoda

Cara membuat

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah hingga harum.
  2. Tambahkan kecap manis, gula pasir, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata.
  3. Masak hingga bumbu mengental.
  4. Angkat dan dinginkan.

Untuk hasil yang lebih pedas, kamu juga bisa menambahkan cabai rawit merah sesuai selera. Kemudian jika kamu menggunakan ikan yang besar, pastikan potong ikan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dioles sebelum dibakar.

Cara membuat ikan bakar

Source: Orami

Setelah siap dengan bumbu olesan ikan bakar, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memasaknya. Yuk, ikuti caranya berikut ini untuk membuat ikan bakar yang lezat:

Bahan-bahan

  • 1 ekor ikan nila, potong-potong sesuai selera
  • 10 siung bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 buah cabai rawit, iris tipis
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 ruas kunyit, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak goreng

Langkah pembuatan

  1. Pastikan bumbu yang akan digunakan sudah siap
  2. Masukkan potongan ikan ke dalam wajan lalu balutkan rata dengan bumbu kecap
  3. Bakar ikan di atas bara api atau panggangan hingga matang.

Agar bumbu benar-benar meresap ke dalam ikan, oleskan sisa bumbu saat ikan sedang dibakar. Ini akan memberikan rasa yang lebih kaya pada ikan bakar dan menghasilkan lapisan luar yang renyah.

Selain itu, penting juga untuk membakar ikan dengan api sedang agar tidak gosong. Ikan bakar yang sempurna memiliki tekstur yang lembut dan beraroma harum.

Periksa kematangan ikan dengan mencoba memisahkan dagingnya dengan garpu. Jika dagingnya terkelupas dengan mudah, itu tandanya ikan sudah matang.

Sebagai catatan untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah ikan yang segar. Sebab, ikan segar akan memberikan rasa yang lebih lezat pada hidangan. Pastikan ikan memiliki kulit yang bersih dan warna yang cerah.

Kemudian sebelum memasak, bersihkan ikan dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan lendir yang mungkin menempel pada permukaannya. Jika kamu menggunakan ikan yang besar, pisahkan daging ikan dari tulangnya terlebih dahulu untuk memudahkan saat makan.

Info wajib baca: Resep Bumbu Rujak Jambu Kristal yang Enak untuk Hidangan Segar di Siang Hari

Alternatif Bumbu Olesan untuk Ikan Bakar

Selain resep dasar di atas, ada beberapa variasi bumbu olesan yang bisa kamu coba untuk memberikan sentuhan berbeda pada ikan bakar:

1. Bumbu kuning

Tambahkan 1 sdt kunyit bubuk dan 1 sdt ketumbar bubuk ke dalam bumbu halus untuk memberikan cita rasa kuning yang khas. Bumbu kuning ini akan memberikan warna yang cerah pada ikan.

2. Bumbu pedas

Jika kamu suka pedas, tambahkan 10 buah cabai rawit merah ke dalam bumbu halus. Ini akan memberikan rasa pedas yang menggigit pada ikan bakar.

3. Bumbu asam manis

Untuk cita rasa asam manis yang segar, tambahkan 1 buah tomat yang diiris tipis, 1 buah jeruk nipis yang diperas, dan 2 sdm saus tomat ke dalam bumbu halus. Bumbu ini akan memberikan rasa yang seimbang antara asam dan manis pada hidangan.

Dengan resep dan tips ini, kamu pastinya jadi bisa membuat ikan bakar yang lezat dan memuaskan selera keluarga dan teman-temanmu. 


Nah, apa kamu punya resep membuat bumbu ikan bakar yang nggak kalah lezat? Yuk, share di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare