...
macam-macam bumbu dapur
5-min read

Macam-Macam Bumbu Dapur yang Perlu Kamu Ketahui, Cek di Sini!

macam-macam bumbu dapur

Yuk, ketahui macam-macam bumbu dapur berikut ini!

Terdapat berbagai jenis masakan yang memiliki cita rasa khas dari setiap daerah di Tanah Air. Tidak hanya rasanya, bahan-bahan atau bumbu yang digunakan dalam memasak juga memiliki peranan penting dalam membuat hidangan menjadi lezat.

Nah, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis bumbu dapur yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya rasa makananmu. Macam-macam bumbu dapur berikut ini tentunya wajib ada di dapur, jadi, kamu jangan sampai nggak hafal, nih. Yuk, simak artikel ini sampai bawah!

Info wajib baca: 6 Resep Makanan Ringan yang Mudah Dibuat untuk Suguhan Lezat

Macam-Macam Bumbu Dapur: Inilah Bumbu Dasar yang Harus Diketahui

Kalau ibu kamu sedang masak, biasanya ada bumbu-bumbu dapur dasar yang sudah siap untuk dicampurkan di dalam masakan. Nah, berikut ini merupakan beberapa di antaranya. Yuk, catat biar hafal!

1. Bawang merah dan bawang putih

bawang
Source: Kabar Rakyat

Bawang merah dan bawang putih adalah dua jenis bahan dapur yang paling sering digunakan dalam memasak. Selain memberikan rasa gurih pada masakan, keduanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho.

Bawang merah biasa digunakan untuk membuat sambal atau sebagai tambahan di dalam tumisan sayuran. Bawang merah mengandung antioksidan yang membantu mencegah terjadinya kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi. Bawang putih juga dapat membantu melawan infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh.

Kedua jenis bumbu dapur ini sebenarnya bisa saling menggantikan satu sama lain jika diperlukan. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menyediakan stok bawang merah dan putih di dapurmu agar tidak kehabisan saat memasak hidangan kesukaanmu, ya!

2. Macam-macam bumbu dapur: Bawang bombai

bawang bombai
Source: Jakarta Insider

Bawang bombai merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan. Bawang ini memiliki bentuk bulat dan ukuran lebih besar dari bawang merah biasa.

Tidak hanya digunakan untuk memberikan rasa pada masakan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Bawang bombai juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, bawang bombai juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Dalam penggunaannya di dapur, bawang bombai biasanya digunakan untuk membuat tumis sayuran atau daging sapi dengan saus kecap. Kamu bahkan dapat memotongnya menjadi irisan tipis dan menambahkannya sebagai topping pada hidangan seperti pizza atau salad.

3. Berbagai jenis cabai

 macam-macam bumbu dapur
Source: Wowbabel.com

Terdapat berbagai jenis cabai yang sering digunakan di dapur untuk memberikan variasi rasa pedas pada masakan yang dibuat. Seperti misalnya cabai rawit, cabai merah besar, dan cabai keriting.

Cabai rawit memiliki ukuran yang kecil dan bentuknya lancip. Rasanya sangat pedas dan biasa digunakan untuk membuat sambal atau sebagai bumbu pelengkap pada mi instan.

Sementara itu, cabai merah mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan cabai rawit. Cabainya juga berwarna merah cerah namun rasanya kurang pedas daripada cabai rawit. Biasanya, orang menggunakan jenis ini untuk membuat saus spaghetti atau tumis sayur. Lalu, cabai keriting bisa jadi pilihan pemberi rasa pedas namun tidak setajam cabai rawit.

4. Macam-macam bumbu dapur: Merica atau lada

 macam-macam bumbu dapur
Source: Orami

Merica atau lada adalah bumbu penyedap yang sering digunakan dalam masakan. Bumbu ini (merica atau lada) merupakan biji tanaman Piper nigrum yang telah dijemur kemudian digiling menjadi bubuk halus.

Bumbu ini memberikan cita rasa pedas dan sedikit pahit pada masakan. Merica atau lada cocok untuk dipadukan dengan daging sapi, ayam, hingga ikan. Selain itu, bumbu dapur ini juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan campuran rempah-rempah lainnya seperti garam serta ketumbar agar rasanya semakin sempurna.

Merica atau lada memang bukan hanya sekadar penambah rasa saja, tapi juga menyehatkan tubuh karena banyak mengandung antioksidan alami.

Info wajib baca: Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah untuk Kesehatan Pria yang Perlu Kamu Tahu

Macam-Macam Bumbu Dapur Lainnya yang Sering Dijumpai

Jangan sampai ketinggalan beberapa jenis bumbu dapur di bawah ini. Apakah bumbu-bumbu ini sering kamu lihat di dapur? Sebelumnya, kamu juga bisa menyimak Bumbu Bacem Tahu Tempe untuk membuat masakan bacem tahu tempe yang lezat, coba dicek, ya!

5. Ketumbar

ketumbar
Source: Sindonews

Ketumbar, juga dikenal sebagai biji ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan di Indonesia. Biji ketumbar memiliki aroma segar dan harum dengan rasa manis yang khas. Itulah mengapa bumbu ini dijadikan bumbu pengharum di berbagai jenis masakan.

Bumbu yang satu ini sering dipakai di berbagai jenis masakan seperti rendang, gulai, sate, dan opor ayam. Ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Kandungan vitamin C dalam ketumbar dapat mengatasi pilek, dan peradangan tubuh lainnya. 

6. Jahe

 macam-macam bumbu dapur
Source: Klik Dokter

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang sangat populer di Indonesia. Jahe biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam membuat jamu atau minuman herbal tradisional. Selain itu, jahe juga sering dimasukkan ke dalam berbagai masakan.

Sensasi pedas dan segar dari jahe dapat memberikan sentuhan khas pada masakan. Jahe juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak, seperti membantu mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu meredakan gejala flu dan pilek.

Ada beberapa cara untuk menggunakan jahe dalam memasak, bisa diparut halus atau dicincang kasar tergantung pada selera dan jenis makanan yang akan dibuat. Jahe juga bisa dikombinasikan dengan rempah-rempah lainnya seperti kayu manis dan cengkeh untuk menciptakan rasa yang lebih kompleks.

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan saja, ekstrak jahe juga sering dimanfaatkan untuk produk-produk kecantikan karena sifat anti-inflamasi alami dari jahe dapat membantu meredakan iritasi kulit.

Tapi, perlu diingat juga, nih, bahwa penggunaan jahe harus disesuaikan dengan kondisi tubuh serta tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan atau reaksi alergi.

7. Kunyit

 macam-macam bumbu dapur
Source: Orami

Selain jahe, ada rempah-rempah yang hampir mirip bentuknya, yakni kunyit yang memiliki warna lebih kuning. Meskipun sekilas bentuknya serupa, namun jahe dan kunyit memiliki cita rasa yang sangat berbeda jika menjadi bumbu untuk suatu resep makanan. Biasanya, kunyit dapat menjadi pewarna kuning alami pada makanan dan juga lebih sehat.

Manfaat kunyit jika dikonsumsi adalah dapat menjadi detoks bagi tubuh dari racun, mencegah risiko kanker, sumber antioksidan yang baik, menurunkan risiko Alzheimer, antiinflamasi, dan lain sebagainya. 


Itulah berbagai macam bumbu dapur yang perlu kamu ketahui. Dengan mengenal jenis-jenis bumbu dapur ini, kamu akan lebih mudah dalam mengolah masakan dengan cita rasa yang lezat. Tentunya, kamu juga nggak bingung lagi ketika hendak membeli bumbu-bumbu tersebur ke pasar. Semoga bermanfaat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare