...
cara membasmi kutu kucing di rumah
5-min read

6 Cara Mudah Membasmi Kutu Kucing di Rumah | Jaga Kebersihan Lingkungan!

cara membasmi kutu kucing di rumah

Membasmi kutu kucing di rumah dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan anabulmu

Untuk para cat lovers, nih, apa kamu sering melihat anabulmu gatal-gatal dan meronta-ronta? Nah, bisa jadi itu karena adanya kutu kucing yang menyerang bulunya, tuh.

Tak hanya pada manusia, kutu juga bisa menyerang kucing, lho. Kutu bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan bagi si kucing, namun juga bisa membahayakan kebersihan rumah serta keluarga karena dapat menimbulkan penyakit.

Lantas, bagaimana cara membasmi kutu kucing di rumah dengan mudah? Yuk, simak pembahasan mengenai cara mudah menghilangkannya tanpa perlu menghabiskan uang banyak di salon atau dokter hewan. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Mengenal Kutu Kucing dan Bahayanya

cara membasmi kutu kucing di rumah
Source: Kompas.com

Kutu kucing adalah serangga parasit yang hidup di kulit hewan, terutama kucing. Hewan ini memiliki ukuran sangat kecil, sekitar 1 hingga 3 mm, dan berwarna cokelat gelap. 

Mereka tidak memiliki sayap, tetapi memiliki kaki kuat yang memungkinkan mereka melompat dari satu inang ke inang lainnya. Kutu kucing hidup dengan mengisap darah sebagai sumber makanan, menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyamanan bagi anabulmu.

Jika tidak diobati dengan benar, kutu bisa membuat infeksi serius pada tubuh si kucing. Infeksi kutu bukan hanya menyebabkan kulit meradang serta kerontokan bulu, tetapi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada kucing seperti anemia dan infeksi bakteri.

Info wajib baca: Tips dan Rekomendasi Nama yang Cocok untuk Kucing Jantan Berdasarkan Jenisnya

Ukurannya yang kecil membuat kutu terkadang sulit untuk dideteksi. Namun, kita bisa melihat tanda-tanda adanya kutu pada kucing seperti goresan-goresan atau luka-luka akibat garukan hebat dari si kucing untuk menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh kutu.

Itulah sebabnya penting untuk memeriksa rutin bulunya si kucing agar dapat mengetahui apakah ada tanda-tanda kehadiran kutu atau bahkan cacing dalam tubuhnya. Dengan begitu, kita bisa melakukan langkah pencegahan sejak dini agar masalah ini tidak semakin parah dan membahayakan kondisi fisik anabul tercintamu!

Cara Membasmi Kutu Kucing di Rumah

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kucing di rumah. Berikut ini beberapa caranya:

1. Perawatan rutin untuk kucing

perawatan kucing
Source: Fumida

Lakukan perawatan rutin seperti menjaga kebersihan bulu dan kulit kucing dengan rutin menyisir dan membersihkannya. Kamu juga bisa menggunakan sampo anti-kutu yang direkomendasikan oleh dokter hewan.

2. Cara membasmi kutu di rumah: Cuci tempat tidur kucing

Kebersihan menjadi kunci agar rumah kamu bebas dari serangan kutu yang mengganggu. Maka dari itu, pastikan kamu mencuci selimut, sarung bantal, dan tempat tidur kucing secara teratur menggunakan air panas untuk membunuh kutu dan telurnya.

3. Cara membasmi kutu kucing di rumah dengan vacuum cleaner

Aktivitas penyedotan atau vakum dapat menjadi salah satu cara untuk membasmi kutu kucing di rumah. Kalau memungkinkan, gunakan juga penyemprot anti-kutu yang aman untuk digunakan di dalam rumah.

Fokuskan pada area-area yang sering dikunjungi oleh kucing seperti karpet, furnitur, dan celah-celah di rumah. Pastikan juga kamu rutin membersihkannya minimal dua kali seminggu sebelum kutu-kutu tersebut bereproduksi.

Info wajib baca: 5 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Harus Diketahui, Waspadai!

4. Jaga kebersihan lingkungan

Bersihkan rumah secara rutin dengan menyapu, mengepel, dan vakum untuk menghilangkan kutu yang ada di dalam rumah. Jangan lupa membersihkan juga area-area yang sering terabaikan, seperti bawah furnitur dan sudut-sudut ruangan.

Bersihkan area tersebut secara rutin. Dengan semakin membersihkan ruangan, maka peluang untuk berkembangnya kutu dan serangga lain yang mengganggu di rumah dapat dicegah lebih dini.

5. Lindungi lingkungan luar

Jika anabulmu kamu sering bermain di luar rumah, pastikan area di sekitar rumah juga terjaga kebersihannya. Bersihkan taman, halaman, dan area di sekitar rumah dari dedaunan yang rimbun atau tempat bersembunyi bagi kutu.

6. Konsultasikan dengan dokter hewan

Jika keberadaan kutu pada kucing sangat parah atau sulit diatasi, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif. Semakin cepat penanganannya maka semakin cepat pula penyebaran kutu kucing dapat diatasi


Itu lah tadi beberapa cara mudah membasmi kutu kucing di rumah. Dari membersihkan lingkungan sekitar hingga rutin memberikan perawatan pada kucing kesayangan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

Namun, jika serangan kutu sudah sangat parah, sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif, ya.

Nah, apa kamu juga punya pengalaman dalam menangani kutu kucing ini? Yuk, share pengalaman kamu mengenai saat menghilangkan kutu kucing di rumah dengan menuliskannya di kolom komentar!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare