...
makanan kucing kampung
5-min read

6 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Kucing Kampung | Jangan Kasih Makan Sembarangan!

makanan kucing kampung

Makanan untuk kucing kampung mirip kucing ras. Jangan beri sembarangan, ya!

Pencinta anabul wajib kumpul, nih! Memilih makanan untuk kucing tentunya semua sepakat bahwa tidak bisa diberikan sembarangan. Tak hanya kucing ras atau peliharaan, hal ini juga pastinya berlaku untuk kucing kampung.

Kucing kampung, atau sering juga disebut sebagai kucing liar atau kucing lokal, adalah kucing yang hidup di sekitar pemukiman manusia tanpa pemilik yang jelas. Meskipun mereka sering kali mandiri dan dapat mencari makan sendiri, memberikan makanan yang tepat bagi kucing kampung adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Sebagai pencinta anabul, pastinya kamu sepakat untuk tidak membeda-bedakan, kan? Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis makanan yang bisa dikonsumsi kucing kampung.

Daftar Makanan yang Bisa Dikonsumsi Kucing Kampung

makanan kucing kampung
Source: Liputan6.com

Ada sejumlah bahan makanan yang bisa kamu temukan dengan mudah untuk diberikan kepada kucing kampung. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Makanan untuk kucing kampung: Ikan

Kucing kampung sering kali memiliki naluri pemburu yang kuat, dan ikan merupakan makanan yang disukai oleh banyak kucing. Makanan seperti ikan teri, ikan gabus, atau ikan kembung dapat menjadi sumber protein yang baik bagi kucing.

Namun, penting untuk memasak ikan dengan benar dan menghilangkan semua tulangnya agar tidak membahayakan kucing.

2. Daging ayam atau sapi

Daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan baik dan dipotong kecil-kecil dapat menjadi pilihan makanan yang bergizi bagi kucing kampung. Pastikan untuk tidak memberi daging yang mengandung rempah-rempah atau bumbu tambahan yang berbahaya bagi kucing.

Info wajib baca: 5 Penyebab Bulu Kucing Rontok yang Harus Diketahui, Waspadai!

Jangan lupa untuk menghilangkan tulang dan lemak berlebih sebelum memberikannya kepada kucing, ya!.

3. Makanan untuk kucing: Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan cocok untuk kucing kampung. Kamu juga bisa memasak telur rebus atau telur dadar sebagai camilan yang sehat bagi mereka.

Namun, pastikan telur matang dengan baik dan jangan memberikan telur mentah. Sebab, telur mentah dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri kepada kucing.

4. Sayuran

Source: Halodoc

Meskipun kucing adalah hewan karnivora, memberikan sedikit sayuran dalam makanan mereka dapat memberikan manfaat tambahan. Sayuran seperti wortel atau labu dapat direbus atau dihaluskan, lalu dicampurkan ke dalam makanan kucing.

Sayuran dapat memberikan serat tambahan dan membantu menjaga kesehatan pencernaan bagi kucing kampung.

5. Makanan kucing komersial

Selain makanan rumahan, memberikan makanan kucing komersial yang berkualitas juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk kucing kampung. Pilihlah makanan kucing yang mengandung protein tinggi dan bebas dari bahan tambahan atau pengawet yang berbahaya.

Namun begitu, supaya makin aman, kamu juga bisa konsultasikan dengan dokter hewan mengenai merek dan jenis makanan kucing yang paling sesuai.

6. Makanan untuk kucing: Air bersih

Selain makanan, pastikan kucing kampung memiliki akses yang cukup ke air bersih dan segar setiap saat. Pastikan juga ada wadah air yang bersih dan mudah diakses di sekitar lingkungan kucing.

Hal ini berguna untuk membantu kucing tersebut agar tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan.

Nutrisi yang Berguna untuk Kucing

makanan kucing
Source: Kompas.com

Baik kucing kampung atau kucing ras, keduanya membutuhkan nutrisi yang penting untuk perkembangan tubuh mereka. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus dikonsumsi kucing:

1. Makanan berprotein untuk kucing

Kucing membutuhkan asupan protein yang cukup tinggi dalam makanannya. Protein adalah komponen penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh, pembentukan otot, dan fungsi tubuh yang sehat.

Sumber protein yang baik untuk kucing meliputi daging ayam, daging sapi, ikan, dan produk-produk hewani lainnya.

2. Lemak

Lemak adalah sumber energi yang penting bagi kucing. Nutrisi ini juga membantu penyerapan vitamin dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Pada kucing, lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ditemukan dalam minyak ikan atau minyak nabati dapat memberikan manfaat tambahan.

3. Makanan berkarbohidrat untuk kucing

Kucing adalah hewan karnivora dan mereka tidak membutuhkan karbohidrat dalam jumlah besar pada tubuh mereka. Karbohidrat dalam makanan kucing biasanya hadir dalam bentuk serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengendalikan berat badan.

Kamu bisa memberikan makanan berupa biji-bijian utuh seperti beras atau jagung.

Info wajib baca: Jadi Barang Hobi, Ini 9 Jenis Ikan Koi Paling Populer dan Cara Merawatnya 

4. Vitamin

Kucing juga membutuhkan vitamin dan mineral tertentu untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal. Beberapa vitamin penting termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin B kompleks. Mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan zat besi juga harus dipertimbangkan.

Ingatlah bahwa setiap kucing memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, tergantung usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas fisik mereka. Kalau kamu nggak yakin tentang makanan apa yang tepat untuk diberikan kepada kucing kampung, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik.

Dengan memberikan makanan yang tepat, kamu juga jadi dapat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan kucing kampung di sekitar. Dengan perhatian dan perawatan yang baik, kucing kampung dapat hidup bahagia dan sehat dalam lingkungan mereka.


Nah, apa kamu senang memberikan makan kepada kucing kampung juga? Yuk, ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare