...
cara menahan tangis
5-min read

8 Cara Menahan Tangis dengan Mudah, Beserta Pencegahannya

cara menahan tangis

Cara menahan tangis ternyata bisa dilakukan dengan hal ini lho!

Menangis merupakan salah satu respon manusiawi yang paling alami. Terkadang, emosi kita, mulai dari kebahagiaan hingga kekesalan, bisa menyebabkan air mata yang mengalir keluar atau biasa disebut menangis.

Tapi, terkadang dalam hidup, kita harus bisa menahan tangis. Kita mungkin berada di tengah orang banyak di tempat umum, atau mungkin kita berusaha untuk tetap bijaksana di depan orang lain.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena akan ada artikel yang membahas bagaimana cara menahan tangis dengan mudah, beserta bagaimana pencegahannya. Yuk, kupas lengkapnya pada artikel berikut ini!

Info wajib baca: 7 Pakaian Adat Jepang yang Perlu Diketahui, Tidak Hanya Kimono!

Cara Menahan Tangis

cara menahan tangis
Source: Pexels.com

Berikut ini ada beberapa cara menahan tangis yang bisa kamu coba lakukan ketika sedang berada pada fase tersebut:

1. Mengalihkan perhatian

Pertama-tama, alihkan perhatian kamu dari sumber emosi yang memicu tangis. Ini adalah salah satu trik paling klasik yang bisa kamu coba.

Misalnya, jika kamu sedang merasa sedih, coba putar lagu favorit kamu atau saksikan video lucu di ponsel kamu. Cara ini membantu mengalihkan pikiran kamu dari emosi negatif yang bisa memicu tangis.

2. Tarik napas yang dalam

Teknik kedua yang patut kamu coba adalah tarik napas dalam-dalam untuk cara menahan tangis. Ini adalah cara yang sederhana namun sangat efektif untuk meredakan emosi yang kuat.

Saat kamu merasa ingin menangis, cobalah untuk duduk dengan nyaman, tutup mata, dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama lima detik. Tahan napas sebentar, lalu hembuskan perlahan melalui mulut selama lima hitungan lima detik.

3. Mencubit diri, jadi salah satu cara mencegah tangis

Cara mencubit diri ini menjadi yang lebih baik untuk mengalihkan perhatian dari emosi kamu. Mencubit tangan, pipi, atau area tubuh lain yang tidak terlihat orang lain dapat memberikan distraksi fisik yang membantu kamu untuk mengendalikan emosi kamu.

Namun, pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan tanpa melukai diri sendiri. Sebab, hal itu malah akan berdampak buruk buat kamu dan malah justru membuat kamu sakit.

4. Menahan air mata dengan teknik fisik

Ada teknik fisik lain yang bisa membantu kamu menahan tangis. Cobalah menutup mata kamu dengan lembut dan menekan kelopak mata dengan jari-jari kamu.

Ini adalah cara efektif untuk menghentikan aliran air mata sebelum mereka mulai mengalir. Ingat, jangan menekan terlalu keras, cukup lakukan dengan lembut dan pelan-pelan.

5. Menangis di tempat aman

cara menahan tangis
Source: Pexels.com

Kadang-kadang, meskipun kita mencoba segala cara untuk menahan tangis, kita tidak bisa menghindarinya. Jika kamu merasa emosi sudah tidak bisa lagi dikendalikan, cari tempat yang aman untuk melepaskan tangis.

Contohnya, kamu bisa pergi ke kamar mandi atau duduk di dalam mobil sejenak. Menangis di tempat yang lebih pribadi dapat membantu kamu merasa lebih baik lho.

6. Berbicara kepada seseorang

Rasa stres dapat dihilangkan dengan berbicara dengan seseorang, baik itu teman, keluarga, atau terapis. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah yang dapat membuat hati kamu menjadi lebih baik.

Selain itu, kamu juga dapat memperoleh pandangan baru melalui percakapan singkat dengan profesional atau orang yang kamu percaya. Jadi, cobalah untuk melakukan tindakan seperti ini ya.

Info wajib baca: 7 Tempat Makan di Sentul yang Pas buat Keluarga dan Pasangan

7. Mengangkat kepala ke atas

Mengangkat kepala kamu akan mencegah menangis lho. Jadi, saat air mata mulai mengalir, cobalah untuk angkat kepala ke atas dan buka mata lebar-lebar tanpa berkedip.

Hal ini dilakukan untuk menghindari air mata membasahi wajah kamu. Tindakan ini bisa kamu lakukan dimanapun kamu berada.

8. Berjalan-jalan

Berjalan menjauh dari suatu situasi, itu bisa menjadi cara agar tidak mudah menangis. Pergi ke tempat yang menenangkan dapat menekan perasaan seperti merasa kesal atau frustasi yang membuat kamu menangis.

Tapi ingat, berjalan-jalan bukan berarti menahan emosi, tetapi luapkan dengan cara yang lain. Hal ini dipercaya dapat mengubah suasana agar lebih tenang.

Cara Mencegah Tangis

Selain kita membahas bagaimana cara menahan tangis yang terdapat diatas, sekarang ada beberapa bagaimana cara mencegah tangis, di antaranya:

  1. Mengubah pola pikir. Sering kali, pikiran negatif atau berlebihan bisa memicu tangis. Cobalah untuk berpikir positif dan rasional. Ingatkan diri kamu bahwa kamu memiliki kekuatan untuk mengatasi setiap situasi yang sulit.
  2. Dapatkan waktu istirahat yang cukup. Kurang tidur dapat membuat kamu lebih emosional dan mudah terbawa emosi. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup agar kamu merasa lebih baik secara emosional.
  3. Berjalan-jalan atau berolahraga ringan. Berjalan-jalan santai atau berolahraga ringan seperti yoga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga dapat melepaskan endorfin, hormon bahagia, yang dapat membantu kamu merasa lebih baik secara keseluruhan.
  4. Memikirkan sesuatu yang positif. Saat kamu merasa emosi mulai mendominasi pikiran kamu, cobalah untuk memikirkan sesuatu yang positif. Ingatkan diri kamu tentang momen-momen bahagia dalam hidup kamu atau pencapaian kamu yang membanggakan.

Nah, itulah dia beberapa cara menahan tangis yang bisa kamu coba lakukan ketika dirumah. Sebab, menangis lama-lama juga tidak dianjurkan karena itu bisa menyebabkan situasi emosional kamu tidak baik.

Untuk kamu yang pernah mengalaminya, yuk coba bagikan pengalaman kamu seperti apa di kolom komentar. Ingat, menangis lama-lama itu tidak baik!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare