...
cara mengatasi asam lambung naik
5-min read

7 Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik | Bisa Reda dengan Cepat!

cara mengatasi asam lambung naik

Ini beberapa cara mengatasi asam lambung naik yang bisa kamu coba lakukan.

Asam lambung naik atau juga biasan dikenal sebagai gastroesophageal reflux (GERD), adalah kondisi di mana asam lambung dari lambung naik kembali ke kerongkongan. Normalnya, asam lambung berfungsi dalam proses pencernaan makanan di dalam lambung.

Namun, ketika katup antara lambung dan kerongkongan (sphincter esofagus bagian bawah atau LES) melemah atau tidak berfungsi dengan baik, maka asam lambung dapat bocor kembali ke atas dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman. Nah, kalau kamu sedang mengalami masalah asam lambung naik, jangan khawatir!

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi asam lambung naik. Namun sebelum itu, ketahui dulu apa saja penyebab dan gejalanya di bawah ini, yuk!

Info wajib baca: Minuman Penambah Darah, Sudah Coba Minum Jus Buah Bit?

Penyebab Asam Lambung Naik

Source: liputan6.com

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan asam lambung naik, di antaranya:

1. Kelemahan katup esophagus

Esophagus memiliki katup kecil yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES). Fungsi LES adalah untuk mencegah kembalinya asam lambung ke kerongkongan. Namun, jika LES mengalami kelemahan atau tidak berfungsi dengan baik, maka asam lambung dapat naik ke atas.

2. Hernia hiatal

Hernia hiatal terjadi ketika bagian atas perut mendorong melalui bukaan diaphragma (otot yang memisahkan dada dari perut) menuju rongga dada. Hal ini dapat menyebabkan pergeseran LES dari posisi yang seharusnya, memungkinkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

3. Makanan dan minuman

Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat memicu produksi asam lambung atau mengendurkan LES, seperti makanan pedas, makanan berlemak tinggi, minuman berkafein, cokelat, tomat, bawang putih, minuman beralkohol, dan minuman berkarbonasi.

4. Kebiasaan makan dan posisi tubuh

Makan dalam porsi besar, terburu-buru saat makan, makan menjelang waktu tidur, atau tidur dengan perut yang penuh dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

5. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada perut, memperburuk gejala refluks asam lambung.

6. Merokok

Merokok dapat mengganggu fungsi LES dan merangsang produksi asam lambung, sehingga meningkatkan risiko asam lambung naik.

7. Penyakit tertentu

Beberapa kondisi medis seperti hernia hiatus, GERD (gastroesophageal reflux disease), tukak lambung, atau gangguan motilitas esofagus dapat menyebabkan asam lambung naik.

Gejala Asam Lambung Naik

Sedangkan, sejala asam lambung naik bisa bervariasi dari setiap individu, namun beberapa gejala umum yang sering terjadi antara lain:

1. Sensasi terbakar di dada

Salah satu gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar atau panas yang muncul di dada, yang sering disebut sebagai heartburn. Sensasi ini biasanya terasa di belakang tulang dada dan dapat merambat ke leher atau tenggorokan.

2. Regurgitasi

Regurgitasi adalah gejala ketika isi lambung naik kembali ke kerongkongan atau bahkan mencapai mulut. Hal ini dapat terasa seperti sensasi pahit atau asam yang naik.

3. Rasa tidak nyaman di perut

Beberapa orang mungkin merasakan perut terasa penuh, kembung, atau merasa tidak nyaman setelah makan. Gejala ini bisa berhubungan dengan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. Sering bersendawa

Produksi gas yang berlebihan di perut dapat menyebabkan seringnya bersendawa. Ini adalah respons tubuh untuk mengurangi tekanan di perut.

5. Sakit tenggorokan atau batuk kering

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit atau batuk kering yang tidak kunjung sembuh.

6. Kesulitan menelan

Asam lambung yang mencapai kerongkongan sehingga dapat menyebabkan mulut terasa pahit serta mengalami kesulitan saat menelan makanan atau minuman.

7. Mual atau muntah

Peningkatan asam lambung dapat menyebabkan perut terasa mual atau bahkan memicu muntah pada beberapa kasus.

8. Gangguan pencernaan

Asam lambung yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit.

Info wajib baca: Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat dalam 1 Minggu, Bisakah?

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

cara mengatasi asam lambung naik
Source: kompas.com

Ada berbagai langkah atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala asam lambung naik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari makanan pedas dan asam

Kamu pasti tahu bahwa makanan pedas dan asam dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Jadi, cobalah menghindari makanan seperti cabai, jeruk, tomat, cuka, dan minuman berkafein. Pilihlah makanan yang lebih sehat dan mudah dicerna, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

2. Perhatikan pola makanmu

Cara mengatur pola makan juga penting dalam mengendalikan asam lambung naik. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, agar lambung tidak terlalu penuh. Jangan terburu-buru saat makan, kunyah makanan dengan baik, dan nikmati setiap suapan. Setelah makan, usahakan untuk tetap tegak selama beberapa waktu sebelum tiduran.

3. Jaga berat badan ideal

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan pada perut dan memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badanmu tetap ideal dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dan menjaga pola makan sehat.

4. Kurangi merokok dan alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol adalah kebiasaan yang bisa memperburuk gejala asam lambung naik. Jadi, jika kamu merokok, cobalah untuk berhenti. Selain itu, batasi atau hindari konsumsi alkoholmu agar lambungmu tetap sehat.

5. Atur waktu makan dan tidur

Ketika kamu makan, pastikan ada jarak waktu yang cukup antara makan dan tidur. Makanlah paling tidak 2-3 jam sebelum tidur agar makanan memiliki waktu cukup untuk dicerna sebelum melakukan posisi tidur. Hindari tidur dengan perut yang terlalu penuh karena hal ini bisa memicu naiknya asam lambung.

6. Coba konsumsi makanan penghalang asam

Beberapa makanan seperti pisang, kentang, atau roti gandum bisa menjadi makanan penghalang asam lambung. Konsumsi makanan-makanan ini saat gejala asam lambung naik muncul bisa membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala yang kamu rasakan.

7. Konsultasikan dengan dokter

Jika gejala asam lambung naik terus berlanjut atau semakin parah, jangan ragu untuk menghubungi doktermu. Ia bisa memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisimu dan memberikan saran yang lebih spesifik.


Itulah informasi mengenai asam lambung naik serta cara mengatasi gejalanya yang bisa kamu lakukan. Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi antasida untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Apakah kamu punya informasi lainnya terkait penyakit asam lambung? Jangan ragu untuk share di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare