...
cara mengatasi kenakalan remaja
5-min read

8 Cara Mengatasi Kenakalan Remaja yang Efektif | Pahami juga Penyebabnya!

cara mengatasi kenakalan remaja

Baca artikel ini biar nggak pusing dengan cara mengatasi kenakalan remaja.

Pada masa remaja, memang menjadi masa yang di mana setiap anak akan banyak mengalami perubahan, mulai dari fisik, mental, maupun perlakuan atau sikapnya yang sudah mulai nakal. Nah, sebagai orang tua pastinya harus mengetahui bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja di masa sekarang ini.

Upaya dari orang tua wajib dilakukan agar si anak tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah, sehingga menyebabkan kenakalan berlebihan. Untuk mengetahui cara mengatasi kenakalan remaja pada anak remaja, yuk, simak ulasannya berikut ini.

Info wajib baca: 8 Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah, Lakukan dengan Cara Perlahan

Penyebab Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah perilaku yang melanggar norma dan nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Biasanya kenakalan remaja ini dapat berupa perilaku yang merugikan diri sendiri, orang lain, atau lingkungan.

Penyebab kenakalan remaja dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut beberapa faktor penyebab kenakalan remaja supaya kamu bisa tahu cara mengatasinya yang paling tepat.

1. Faktor internal

  • Krisis identitas. Masa remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa ini, remaja mengalami perubahan fisik dan psikologis yang pesat. Perubahan ini dapat menyebabkan remaja merasa bingung dan tidak tahu siapa dirinya.
  • Kurang kasih sayang. Remaja yang tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tua atau orang dewasa lain cenderung lebih rentan melakukan kenakalan remaja.
  • Gangguan mental. Gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, dan skizofrenia, juga dapat menjadi penyebab kenakalan remaja.

2. Faktor eksternal

  • Lingkungan keluarga. Remaja yang tumbuh di lingkungan keluarga yang tidak harmonis, seperti keluarga yang broken home atau keluarga yang mengalami kekerasan, cenderung lebih rentan melakukan kenakalan remaja.
  • Lingkungan pertemanan. Remaja yang bergaul dengan teman-teman yang nakal juga cenderung akan mengikuti perilaku teman-temannya.
  • Lingkungan sosial. Lingkungan sosial yang tidak kondusif, seperti lingkungan yang penuh kekerasan atau kriminalitas, juga dapat mendorong remaja untuk melakukan kenakalan remaja.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja yang Harus Diketahui Ortu

cara mengatasi kenakalan remaja
Source: POPMAMA.com

Berikut ini akan ada beberapa cara atau tips mengatasi kenakalan remaja. Pastinya para orang tua harus mengetahuinya, di antaranya:

1. Menjalin hubungan yang baik dengan anak

Salah satu cara sangat penting untuk melindungi anak remaja yang pernah atau berisiko melakukan kenakalan adalah menjalin bonding dengannya. Menjalin hubungan kuat ini mungkin membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup.

Perlu diingat, ketidakmampuan orang tua untuk menjaga anak mereka dengan baik dapat memengaruhi perkembangan mereka saat remaja. Anak-anak yang diasuh dengan cara yang buruk juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi pelaku kekerasan.

2. Cara mengatasi kenakalan remaja: Buat aturan

Untuk menghentikan kenakalan remaja, tetapkan aturan yang jelas pada anak. Sebagai orang tua, kamu harus dapat menghormati dan menghargai semua anggota keluargamu, termasuk si kecil.

Jika sudah menetapkan aturan, maka semua anggota keluarga harus mematuhinya, terlebih dirimu sendiri yang akan menjadi contoh bagi anak-anak lainnya. Saat mereka melanggarnya, nih, kamu harus mengingatkan akan hak dan tanggung jawabnya sehingga mereka mengetahui cara yang adil.

3. Mengajari anak perilaku yang baik

Kadang-kadang, anak-anak yang pernah melakukan kenakalan sulit untuk mengontrol perilakunya dengan baik. Jadi, kamu harus dapat membantu anak mengubah perilakunya untuk menjadi lebih baik jika kamu ingin menghentikan kenakalan remaja.

Kamu dapat membantu anakmu menghindari masalah atau kenakalan lainnya dengan mengajarkan mereka berperilaku baik. Anak-anak juga memiliki kesempatan untuk berubah menjadi orang yang lebih baik dan berhasil di kemudian hari, lho.

4. Cara mengatasi kenakalan remaja: Pelajari mengenai perkembangan remaja

Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang perkembangan psikologi anak sebagai remaja sangat penting untuk memahami setiap perilaku anak.

Pemahaman yang cukup membantu kamu mengetahui cara terbaik untuk menangani dan perilaku anakmu, termasuk jika ia melakukan kenakalan.

5. Mengetahui kebiasaan anak ketika bermain

cara mengatasi kenakalan remaja
Source: Yupiland.com

Buatlah rumah senyaman mungkin agar anak kamu nyaman ketika bermain dengan teman-temannya. Ini mungkin membuat anak dan temannya lebih suka bermain dan menghabiskan waktu di rumah daripada keluar.

Dengan cara ini, kamu dapat lebih mudah mengawasi apa yang dilakukan anak dan mengetahui siapa saja teman mereka.

Info wajib baca: 13 Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Ada Karasi dan Kasoami

6. Meminta bantuan kepada ahlinya

Kamu juga dapat meminta bantuan dan saran ahlinya, seperti petugas dinas sosial, jika diperlukan. Kamu juga dapat meminta saran tentang bagaimana menjadi orangtua yang baik bagi anakmu dan tips menghadapi tantangan apa pun.

Mendapatkan saran tentang cara mengatasi kenakalan remaja dapat membantumu mencegah hal tersebut terjadi lagi di kemudian hari. Kamu pun mendapatkan informasi dan ilmu baru dari ahlinya, deh.

7. Membiarkan anak menjalani hukumannya

Ketika si anak memang melakukan kenakalan yang cukup serius, ada baiknya jika dia menjalani hukuman yang sebelumnya sudah ditetapkan olehmu. Hal ini dilakukan agar anak kamu bisa mengerti hal yang baik dan salah.

Fyi, anak usia remaja tergolong dalam usia yang masih di bawah umur, jadi sebagai orang tua kamu harus mampu memisahkan hukuman antara untuk anak remaja dan orang dewasa. Jangan sampai kamu memberikan hukuman yang berat layaknya orang dewasa kepada anak remaja, ya.

8. Memberikan dukungan kepada anak

Terakhir, kamu tidak hanya harus menyalahkan anak jika mereka terlibat dalam kenakalan remaja, tetapi kamu juga harus tahu bagaimana memberikan dukungan yang diperlukan untuk anak saat mereka melalui masa-masa sulit.

Anak-anak mungkin perlu menjalani terapi, pengobatan, atau aktivitas lainnya untuk membantu mereka pulih dan menghentikan perilaku menyimpangnya setelah ditemukan melakukannya.

Disarankan agar kamu terus mendampingi anak selama periode ini agar dia merasa mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, terutama kedua orangtuanya, untuk membantunya berkembang.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara mengatasi kenakalan remaja untuk anak kamu. Sebagai orang tua, kamu harus bisa mendidik anak dengan baik agar anak kamu bisa sopan dan tidak nakal.

Sebab, anak merupakan aset masa depan yang baik untuk keluarga maupun negara. Jadi, anak-anak perlu yang namanya pengetahuan dan didikan dari para orang tuanya, kelak agar menjadi anak yang sukses ketika besar nanti.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare