...
makanan khas sulawesi tenggara
5-min read

13 Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Ada Karasi dan Kasoami

makanan khas sulawesi tenggara

Makanan khas Sulawesi Tenggara memang menyajikan rasa yang enak dan lezat.

Indonesia, memiliki sejuta makanan khas yang berasal dari daerahnya, tak terkecuali dengan makanan khas Sulawesi Tenggara ini yang menyajikan rasa enak dan pastinya lezat. Salah satu hidangan khasnya adalah Karasi, Kasoami, dan masih banyak lainnya.

Jadi, sama seperti makanan khas Maluku, ketika kamu berkunjung ke daerah Sulawesi Tenggara pun disarankan untuk mencoba beberapa makanan khasnya. Lalu, apa saja makanan khas Sulawesi Tenggara yang lainnya? Cek di bawah ini, yuk.

Info wajib baca: 7 Cara Menghilangkan Stres Pikiran, Mudah dan Efektif!

Deretan Makanan Khas Sulawesi Tenggara

makanan khas sulawesi tenggara
Source: IDN Times

Terdapat 13 makanan khas Sulawesi Tenggara yang perlu kamu coba, di antaranya:

1. Pisang Epe

Pisang kepok dibuat menjadi pisang epe setelah dibakar setengah matang dan dipipihkan. Selain itu, pisang Epe ini dimasak dengan gula merah cair.

Setelah makan yang asin-asin, makanan penutup ini menjadi rekomendasi karena rasanya yang manis. Saat ini, pisang epe tersedia dalam berbagai rasa, tetapi kamu harus mencicipi jenis asli Kendari dahulu jika kamu ingin merasakan rasa yang aslinya, ya.

2. Bagea, makanan Khas sulawesi Tenggara

Salah satu makanan tradisional Sulawesi yang paling populer adalah bagae. Tepung sagu adalah bahan yang sering dijadikan oleh-oleh ini.

Kue kering Bagea memiliki tekstur yang keras dan rasa manis. Namun, begitu masuk mulut, terasa lembut dan nikmat. Biasanya ditambahkan kacang tanah atau biji kenari untuk menambah rasanya.

3. Keripik Mete

Kota yang memiliki banyak pantai ini memiliki berbagai jenis kacang mete. Kamu juga bisa membuat keripik Mete sebagai buah tangan untuk keluarga kamu lho.

Berbagai rasa membuat keripik mete ini lebih menarik. Teksturnya yang renyah dan rasa gurih membuatnya ketagihan.

4. Lapa-lapa, makanan khas Sulawesi Tenggara

makanan khas sulawesi tenggara
Source: sultralight.net

Selanjutnya adalah lapa-lapa, yang berasal dari daerah Buton dan memiliki rasa gurih. Selain itu, makanan tradisional ini sering muncul selama bulan Ramadan.

Masyarakat setempat biasanya memakan makanan tradisional ini bersama ikan asin, atau yang dikenal oleh orang Sulawesi sebagai ikan Kaholeonarore, untuk membuatnya lebih nikmat.

5. Kabuto

Kabuto adalah makanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang harus dicoba oleh kamu. Berbahan dasar ubi dan singkong yang telah dikeringkan dan dibiarkan berjamur, kuliner tradisional ini berasal dari daerah Muda dan Buton.

Meskipun terdengar aneh, makanan tradisional Sulawesi Tenggara ini menarik untuk dicoba. Pasti dijamin ketagihan lho.

6. Sinonggi, makanan khas Sulawesi Tenggara

Suku Tolaki juga membuat makanan tradisional Sulawesi Tenggara, yang terbuat dari sari pati sagu yang dimasak dengan kuah rempah dan menghasilkan rasa gurih yang nikmat dinamai Sinonggi.

Masyarakat Tolaki memiliki kebiasaan menyantap Sinonggi bersama-sama, yang disebut Mosonggi. Hidangan ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat setempat, tetapi saat masyarakat mulai makan nasi, dan makanan ini mulai langka.

7. Kasoami

Panganan tradisional Khas Sulawesi Tenggara selanjutnya yang terbuat dari ubi adalah Kasoami. Kerap melengkapi sajian hidangan yang lainnya, Kasoami paling pas disantap bersama ikan asin.

8. Kapusu

Kapusu adalah bubur jagung yang diolah bersamaan dengan kacang merah. Tekstur lembut dari hidangan ini memberikan pengalaman kuliner yang nggak akan pernah bisa kamu lupakan.

9. Sate Gogos Pokea

sultralight.net
Source: Fimela.com

Buat penggemar seafood, hidangan yang satu ini bisa jadi pilihanmu. Sate gogos pokea adalah sate yang berbahan kerang.

Kadang sate ini dibumbui bacem manis sehingga menjadikan rasanya makin nikmat untuk disantap.

Info wajib baca: Makanan Khas Kalimantan Utara dari yang Asin hingga Manis

10. Karasi

Kue khas Sulawesi Tenggara satu ini memang cukup familiar di berbagai daerah Nusantara lain, namun dengan nama berbeda seperti roti jala ataupun kue rambut. Karasi memiliki cita rasa manis dengan tekstur renyah yang menggoda.

Meskipun terlihat sederhana, ternyata proses pengolahannya ini cukup sulit, lho.

11. Ikan Dole

Ikan Dole adalah kuliner tradisional Sulawesi Tenggara tepatnya daerah Buton yang berbahan dasar Ikan Tenggiri. Cara pembuatannya adalah dengan menggiling daging ikan dan dicampir dengan kelapa muda parut sebelum akhirnya digoreng hingga kecokelatan.

Makanan  khas Buton ini paling pas disantap bersama makanan khas Sulawesi Tenggara lainnya seperti sate gogos dan lapa-lapa. Jika berkunjung ke hajatan masyarakat setempat, kuliner khas Buton ini juga sangat mudah ditemui.

12. Ikan Parende, makanan khas Sulawesi Tenggara

Ikan parende adalah makanan khas Sulawesi Tenggara yang terbuat dari ikan segar hasil tangkapan para nelayan, seperti kakap, kerapu, atau tenggiri.

Olahan ikan ini termasuk makanan berkuah yang dimasak dengan tambahan sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, asam atau belimbing wuluh, garam, tomat, dan bumbu lainnya.

13. Tombole

Bahan dasar kuliner ini adalah singkong yang diolah menjadi kaopi, yaitu singkong yang telah diperas airnya dan dikeringkan. Untuk meningkatkan cita rasa, bumbu ditambahkan ke kopi.

Jika kamu suka makanan asin, tambahkan garam dan parutan kelapa pada tomat, jika kamu suka makanan manis, tambahkan gula merah. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun nangka atau janur, seperti yang dilakukan pada lapa-lapa.

Setelah itu, batu panas di dalam tanah digunakan untuk membakar tombole. Tombole akan berwarna gelap setelah dibakar hingga kering. Hidangan ini dapat dinikmati di pagi hari atau bahkan dibawa sebagai oleh-oleh.


Nah, itulah dia deretan rekomendasi makanan khas Sulawesi Tenggara yang bisa kamu coba ketika ingin perga ke sana. Yuk coba kasih komen di bawah, kira-kira makanan apa saja yang udah kamu coba?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare