...
cara mengatasi wc mampet
5-min read

7 Cara Mengatasi WC Mampet, Bisa Pakai Botol Plastik Bekas!

cara mengatasi wc mampet

Cara mengatasi WC mampet ternyata bisa dilakukan tanpa harus membongkar, lho.

WC yang mampet terkadang bisa membuat orang panik karena memengaruhi kenyamanan. Tapi tenang, ada beberapa cara mengatasi WC mampet yang bisa kamu lakukan tanpa harus membongkar WC atau memanggil petugas sedot WC.

Hanya memakai botol plastik bekas, kamu bisa mengatasi WC yang mampet. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah kamu saja.

Biasanya WC mampet ini ditandai oleh tergenangnya air atau permukaan air yang tidak surut. Lalu, bagaimana cara yang harus dilakukan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Hotel Budget Dekat Stadion GBK untuk Persiapan Setelah Nonton Konser Coldplay

Cara Mengatasi WC Mampet

cara mengatasi wc mampet
Source: Rumah.com

Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan ketika WC di rumah kamu mampet. Nah, mau tahu apa saja caranya? Simak selengkapnya.

1. Cara mengatasi WC mampet: Plastik

Pertama, kamu bisa menggunakan plastik. Cara ini dilakukan untuk memberikan tekanan udara ke saluran toilet supaya tidak kembali ke permukaan.

Caranya: tutup toilet menggunakan plastik bening sepenuhnya sampai tidak ada celah udara. Setelah itu, nyalakan tombol pengisi air (flush) sampai air meluap. Air yang tertahan oleh plastik kemudian ditekan dengan tangan, dan memaksanya masuk ke saluran toilet.

2. Sabun cuci piring dan air panas

Kamu juga bisa menggunakan air panas untuk membantu menghilangkan sumbatan dan kotoran. Selain itu, sabun cuci piring cair juga bisa melumasi pipa toilet. Namun, metode ini hanya dapat digunakan pada toilet yang belum meluap atau luber, karena masih ada ruang untuk menuangkan air.

Kamu cukup menuangkan pembersih cairan dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu, siapkan ember berisi air panas, lalu tuang air dari ketinggian. Cara ini dapat membantu memperbaiki sumbatan di pipa toilet.

3. Cara mengatasi WC mampet: Gunakan plunger

Pompat sedot WC manual atau yang bisa disebut plunger menjadi opsi yang bisa kamu gunakan juga, lho. Caranya: pegang handle plunger dan posisikan bagian karetnya berada di lubang toilet. Lakukan gerakan tekan dan tarik gagangnya berulang-ulang untuk memberikan tekanan agar WC tidak tersumbat lagi.

4. Soda kue dan cuka

cara mengatasi wc mampet
Source: Tribunnews.com

Ternyata campuran soda kue dan cuka dapat membantu membersihkan toilet tersumbat. Karena kedua bahan ini menghasilkan reaksi kimia yang membersihkan kotoran dan melarutkannya.

Caranya: tuangkan campuran dua cangkir cuka dan satu cangkir soda kue ke lubang toilet. Tunggu selama satu hingga dua jam, lalu siram hingga bersih.

5. Menggunakan botol plastik bekas

Mampet di lubang toilet dapat diatasi dengan botol plasik bekas? Betul, kamu tidak salah baca, kok. Caranya: siapkan botol plastik ukuran sedang, lalu potong 5-7 cm dari bagian bawah botol. Kemudian, masukkan bagian botol yang dipotong ke lubang WC.

Pastikan seluruh bagian botol terendam dalam air septic tank. Kemudian, dorong atau tekan lubang septic tank untuk menciptakan ruang hampa di mana sumbatan dapat masuk.

Info wajib baca: Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Keutamaannya

6. Cara mengatasi WC mampet: gunakan hanger kawat

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan hanger atau gantungan baju yang terbuat dari kawat. Kamu dapat menghilangkan kotoran yang menyumbat dengan cara ini.

Untuk melakukannya, luruskan hanger kawat dan tekuk ujungnya hingga membentuk huruf U. Setelah itu, masukkan ujung ini ke dalam lubang WC dengan didorong atau diputar-putar. Ini akan membuka sumbatan dan air akan turun.

7. Bungkus menggunakan plastic wrap

Cara mengatasi toilet tersumbat selanjutnya adalah dengan menggunakan plastic wrap, bahan yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan. Namun, metode ini hanya dapat diterapkan pada toilet duduk.

Caranya: tutupi bagian mangkuk (bowl) toilet menggunakan plastic wrap. Pastikan plastik menempel rapat pada bibir mangkuk, lalu tekan flush dengan kuat sampai plastik bungkus mengembang.

Tujuannya adalah untuk membalikkan isapan toilet dan mendorong objek yang menyumbat ke septic tank.

Faktor Penyebab WC Mampet

Setelah tahu cara mengatasi WC yang mampet, tentunya kamu juga perlu mengetahui penyebabnya agar kejadian tersebut tidak berulang. Simak penjelasannya berikut ini, yuk:

1. Buang sampah ke dalam mangkuk WC

Sebagian orang terus-menerus membuang sampah ke dalam mangkuk toilet tanpa merasa bersalah atas tindakan mereka. Popok atau pembalut adalah sampah yang sengaja tidak dibuang di tempat sampah sehingga dapat menyebabkan WC tersumbat.

2. Pipa saluran pada kloset tersumbat

Pipa kloset berbentuk S di belakang toilet biasanya akan lebih mudah tersumbat. Namun, jika itu terjadi, hal itu mudah dikenali dan harus segera dibersihkan agar dapat digunakan kembali.

3. Saluran utama mengalami gangguan

Ketika saluran ini tertekan, biasanya ada saluran keluar dari jalur septic tank, di mana kotoran dapat masuk dan menyebabkan masalah drainase.


Nah, itulah tadi cara bagaimana mengatasi WC yang mampet dan faktor penyebabnya. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan WC kamu agar tidak mengalami masalah.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare