...
cara mengeluarkan dahak di paru-paru
5-min read

9 Cara Ampuh Mengeluarkan Dahak yang Mengganggu di Paru-Paru

cara mengeluarkan dahak di paru-paru

Mengeluarkan dahak di paru-paru dapat dilakukan dengan cara sederhana. Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Siapa yang nggak pernah mengalami momen di mana kamu merasa seperti ada sesuatu yang nyangkut di paru-parumu? Nah, gangguan pernapasan ini sering kali menjadi masalah kesehatan yang mengganggu banyak orang.

Namun begitu, kamu jangan panik dulu, bisa jadi itu adalah dahak mengganggu, tuh. Kondisi ini bisa saja terjadi terutama jika kamu punya riwayat penyakit pernapasan, flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan. 

ahkan, buat kamu yang sering bepergian dengan kendaraan bermotor atau tinggal di daerah berpolusi, kamu juga berpotensi mengidap masalah ini. Meskipun umumnya nggak berbahaya, tapi tetap aja dahak yang bandel bisa bikin kamu merasa nggak nyaman.

Lantas, bagaimana cara mengeluarkan masalah dahak yang mengganggu di paru-paru? Yuk, kita bahas di artikel ini. Simak sampai habis, ya!

Bagaimana Proses Terjadinya Dahak?

cara mengeluarkan dahak di paru-paru
Source: Halodoc

Jadi, gaes, dahak itu sebenarnya adalah lendir yang diproduksi oleh sel-sel dalam saluran pernapasan kita. Ini adalah respons alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi yang terjadi di saluran pernapasan.

Lalu, apa gunanya dahak ini? Nah, dahak punya fungsi utama buat melindungi sistem pernapasan kita. Gimana caranya? Jadi, dahak ini punya tugas untuk menangkap dan mengangkut partikel-partikel berbahaya atau kotoran keluar dari paru-paru kita.

Info wajib baca: Perut Kamu Nggak Nyaman? Ini 7 Titik Saraf yang Dapat Membantu Kamu agar Bisa Kentut

Jadi, ketika kamu terpapar debu, asap, kuman, atau zat-zat berbahaya lainnya, sel-sel dalam saluran pernapasan akan bekerja keras buat memproduksi lendir ini buat melindungi paru-parumu.

Ini semua dilakukan buat menjebak dan mengeluarkan semua zat-zat berbahaya itu dari tubuh kita. Nah, ketika kamu lagi pilek atau flu, produksi dahak ini bisa naik drastis, dan itulah kenapa kamu merasa terganggu.

Tapi terkadang, produksi dahak bisa jadi berlebihan dan bikin kamu nggak nyaman dan kesulitan bernapas. Makanya, kita perlu tahu cara mengatasi masalah dahak ini. Nah, berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengeluarkan Dahak di Paru-Paru

Source: Orami

Ada sejumlah cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan dahak di paru-paru. Berikut di antaranya:

1. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan meningkatkan asupan cairan

Salah satu cara terbaik buat membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu di paru-paru adalah dengan minum banyak air.

Minuman seperti air putih, jus, atau kaldu panas bisa membantu melonggarkan lendir di saluran pernapasan, sehingga lebih mudah buat mengeluarkannya. Cairan juga membantu menjaga agar lendir tetap cair, jadi nggak begitu lengket di paru-parumu.

2. Gunakan humidifier

Kalau kamu terbiasa berada di ruangan yang super kering, gunakan humidifier untuk membantu meningkatkan kelembaban udara.

Dalam sebuah ruangan, kelembaban yang cukup bisa membantu melunakkan dahak, jadi lebih gampang dikeluarkan dari paru-parumu. Tapi pastikan juga bagi kamu untuk membersihkan dan merawat humidifier secara teratur supaya nggak jadi sarang bakteri, ya.

3. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan uap hangat

Inhalasi uap hangat adalah cara tradisional buat bantu mengatasi dahak yang mengganggu di paru-paru. Kamu bisa isi mangkuk besar dengan air panas, lalu tundukkan kepalamu di atas mangkuk itu sambil nutupin kepala dengan handuk.

Pada tahap ini, kamu bisa hirup uap hangatnya selama beberapa menit. Nah, uap ini akan membantu melunakkan dahak, jadi lebih mudah buat dikeluarkan.

4. Batasi paparan asap dan debu

Nah, ini penting banget. Paparan asap rokok, polusi udara, debu, dan zat-zat berbahaya lainnya bisa bikin masalah dahak makin parah.

Jadi, sebisa mungkin hindari paparan langsung asap rokok dan usahakan untuk selalu ada di lingkungan yang bersih dan berudara segar. Kalau perlu, pake masker debu buat melindungi paru-parumu dari partikel-partikel berbahaya.

5. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan batuk

Batuk itu cara alami tubuh buat mengeluarkan dahak dari paru-paru. Tapi penting banget buat memastikan kalau kamu batuk dengan cara yang benar.

Nah, gimana cara batuk yang benar? Kamu bisa usahakan untuk batuk dengan lembut, tutup mulut dengan tisu atau bagian dalam siku lengan buat mencegah kuman menyebar, dan jangan menelan dahak karena ini nggak baik buat lambung dan bisa bikin gejala makin parah.

6. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan konsumsi makanan pencahar

Beberapa makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian mengandung serat alami yang bisa bantu atasi sembelit.

Kenapa sembelit jadi masalah? Soalnya, sembelit bisa memengaruhi kemampuan tubuh buat mengeluarkan dahak dengan efektif. Dengan makan makanan yang kaya serat, kamu bisa hindari sembelit dan bantu proses pengeluaran dahak.

7. Olahraga ringan

Aktivitas fisik yang ringan, misalnya jalan kaki, bisa bantu perbaiki sirkulasi udara di paru-paru dan membantu melonggarkan dahak. Tapi pastikan kamu sudah bicara dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai program olahraga, terutama kalau kamu punya masalah pernapasan serius.

Info wajib baca: Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dikerok, Perhatikan Hal Ini demi Keselamatan!

8. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan menggunakan obat

Kalau kamu udah mencoba berbagai cara tapi masalah dahak kamu nggak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, nggak ada salahnya buat konsultasi dengan dokter.

Dalam beberapa kasus, dokter bisa meresepkan obat ekspektoran atau bronkodilator buat bantu atasi masalah dahak yang mungkin terlalu tebal atau masalah pernapasan lainnya.

9. Istirahat yang cukup

Dan yang nggak kalah pentingnya adalah memastikan kamu dapat istirahat yang cukup. Ketika kamu beristirahat, tubuh punya kesempatan terbaik buat menyembuhkan diri. Jadi, pastikan kamu tidur dengan cukup.

Updated by: Yoga


Nah, itulah sejumlah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan dahak yang mengganggu di paru-paru. Pernah mencoba salah satu cara di atas atau mungkin punya tips lainnya yang nggak kalah efektif? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare