...
cara menghilangkan mual
5-min read

10 Cara Menghilangkan Mual, Bisa Atasi Tanpa Obat

cara menghilangkan mual

Gimana cara hilangin rasa mual? Cara menghilangkan mual bisa secara alami!

Mual adalah sensasi nggak nyaman di perut yang sering disertai rasa ingin muntah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, kehamilan, infeksi, dan banyak lagi.

Mual dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dan membuatnya sulit untuk beraktivitas dengan nyaman. Menghilangkan mual secara alami bisa menjadi tugas yang cukup sederhana dengan menggunakan berbagai metode.

Cara Menghilangkan Mual Secara Alami

Source: Unsplash.com

Untuk membantu kamu mengatasi gangguan satu ini, berikut adalah 10 cara efektif untuk menghilangkan mual. Tapi, ingatlah bahwa setiap orang mungkin merespons berbagai cara secara berbeda, jadi cobalah untuk menemukan kombinasi yang paling efektif bagi kamu, ya.

Info wajib baca: Apa itu Rasa Mual? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

1. Cara menghilangkan mual dengan minum air putih dalam porsi kecil

Dehidrasi dapat memperburuk sensasi mual, sehingga penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Namun, minum air dalam porsi besar bisa memperburuk mual.

Cobalah untuk minum air putih dalam porsi kecil secara teratur, misalnya, setiap 30 menit, untuk membantu mengatasi mual dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Konsumsi jahe

Jahe adalah bahan alami yang telah lama digunakan untuk meredakan mual dan muntah. Senyawa aktif dalam jahe dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan mengurangi peradangan.

Kamu dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh jahe, mengunyah potongan jahe segar, atau mengonsumsi suplemen jahe untuk membantu meredakan mual.

3. Aroma terapi

Aroma terapi menggunakan minyak esensial alami untuk merangsang indera penciuman dan sistem limbik di otak. Beberapa minyak essensial, seperti peppermint, lavender, dan lemon, dapat membantu mengurangi mual secara keseluruhan.

Gunakan diffuser atau campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak pembawa, lalu hirup aroma lembut untuk meredakan mual. Jika kamu bepergian dengan mobil, pilihlah jenis pengharum mobil yang nggak bikin mual.

4. Hindari makanan berat dan berlemak

Makanan berat dan berlemak dapat menyebabkan lambatnya proses pencernaan, yang dapat meningkatkan risiko mual. Pilihlah makanan ringan yang mudah dicerna, seperti sayuran rebus, buah-buahan, atau bubur, untuk meredakan mual dan memudahkan sistem pencernaan.

5. Cara menghilangkan mual dengan mencoba akupresur

Akupresur adalah teknik alternatif yang melibatkan menekan titik-titik tertentu pada tubuh untuk merangsang sistem pencernaan dan meredakan mual. Salah satu titik akupresur yang terkenal untuk meredakan mual adalah P6, atau Neiguan, yang terletak di pergelangan tangan.

Gunakan jari telunjuk dan jempol kamu untuk menekan lembut titik ini selama beberapa menit untuk mengurangi mual.

Info wajib baca: 5 Obat Herbal Asam Lambung yang Alami dan Aman yang Harus Kamu Coba

Cara Menghilangkan Mual Secara Alami

6. Perbanyak konsumsi makanan rendah asam

Mual yang disebabkan oleh refluks asam lambung bisa menjadi sangat mengganggu. Kalau kamu cenderung mengalami gejala seperti ini, hindari makanan tinggi asam, pedas, atau berlemak tinggi.

Pilihlah makanan rendah asam seperti oatmeal, roti gandum utuh, sayuran rebus, dan buah-buahan yang nggak terlalu asam, seperti pisang dan apel.

7. Hindari bau menyengat

Bau yang menyengat, seperti bau parfum yang kuat atau bau makanan yang nggak enak, dapat memicu sensasi mual. Cobalah untuk menghindari bau-bau yang mengganggu atau mencoba menghirup bau segar, seperti bau lemon atau peppermint, untuk meredakan mual.

8. Kompres dingin di dahi

Kompres dingin di dahi dapat membantu meredakan mual dengan cara menenangkan sistem saraf dan meredakan peradangan. Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin atau es batu, lalu letakkan di dahi kamu selama beberapa menit untuk menghilangkan mual.

9. Bersantai Setelah Makan

Setelah makan, hindari aktivitas fisik yang berat atau posisi tubuh yang miring ke bawah. Bekerja terlalu keras atau berbaring dengan kepala lebih rendah dapat meningkatkan risiko mual karena memperlambat proses pencernaan.

Cobalah untuk berjalan-jalan perlahan atau duduk dengan posisi tubuh yang tegak untuk membantu pencernaan makanan dengan lebih baik.

10. Cara menghilangkan mual dengan minum teh herbal

Beberapa jenis teh herbal, seperti chamomile dan peppermint, telah terbukti efektif dalam mengatasi mual dan meredakan kram perut. Sifat relaksasi dari teh herbal dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan mengurangi rasa mual.


Kalau mual kamu berlangsung terus-menerus atau memiliki gejala yang nggak biasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa tidak ada masalah kesehatan yang lebih serius yang perlu ditangani, ya.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare