...
cara menghilangkan noda oli di baju
5-min read

Nggak Usah ke Laundry, Ini 8 Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Cepat!

cara menghilangkan noda oli di baju

Cari tahu apa saja cara untuk menghilangkan noda oli di baju berikut ini, yuk!

Apakah kamu pernah mengalami kejadian yang menjengkelkan di mana noda oli tiba-tiba mengenai di baju favoritmu? Pastinya hal tersebut sangatlah menjengkelkan karena noda oli terbilang cukup sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan noda oli dengan cepat agar bisa segera kembali menggunakan baju kesayangan tanpa khawatir. Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? Yuk, simak terus untuk tahu ulasan selengkapnya!

Info wajib baca: 8 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Baju agar Tetap Kinclong | Lengkap dengan Tips Mencegahnya

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Cepat

cara menghilangkan noda oli di baju
Source: nakita.grid.id

Meskipun noda oli di baju sepertinya sulit untuk dihilangkan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda tersebut dengan cepat dan efektif. Berikut cara-caranya:

1. Deterjen cair

Deterjen cair menjadi senjata ampuh sebagai cara menghilangkan noda oli di baju. Caranya simpel banget, nih. Pertama, basahi area yang terkena noda oli dengan air dingin.

Lalu, tuangin deterjen cair langsung ke noda oli dan gosok-gosok perlahan dengan jari. Biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci seperti biasa. Deterjen cair akan membantu melonggarkan noda oli yang membandel.

2. Taburkan tepung jagung atau pati jagung

Tepung jagung atau pati jagung tak cuma buat bahan masakan, tapi juga bisa jadi penyelamat untuk noda oli di baju. Caranya gampang banget. Taburkan tepung jagung atau pati jagung di atas noda oli dan diamkan beberapa menit sampai menyerap oli.

Setelah itu, gosok-gosok perlahan untuk mengangkat serbuk jagung dan noda oli. Bersihkan juga dengan cairan pembersih atau deterjen cair, lalu cuci baju seperti biasa.

3. Gunakan pasta gigi

Pasta gigi memang dikenal sebagai penyelamat untuk gigi bersih dan nafas segar. Tapi siapa sangka, pasta gigi juga punya kemampuan menghilangkan noda oli yang bandel, lho!

Oleskan pasta gigi ke area baju yang terkena noda oli dan gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencuci baju seperti biasa. Hasilnya, noda oli yang bikin kesel bakal hilang dengan mudah.

4. Baking soda

Baking soda, benda ajaib yang punya banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan noda oli di baju. Caranya gampang kok! Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta ini ke noda oli di baju dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas sebelum mencucinya dengan deterjen cair. Noda oli pun bakal menghilang tanpa bekas.

5. Manfaatkan cairan pembersih

Source: sintesakonveksi.com

Cairan pembersih atau spot remover juga bisa menjadi sekutu yang handal untuk mengatasi noda oli. Celupkan kapas ke dalam cairan pembersih dan tepuk-tepuk lembut pada area noda oli. Jangan diusap, ya, agar noda tidak semakin menyebar.

Setelah itu, bersihkan dengan deterjen cair sebelum mencuci baju seperti biasa. Cairan pembersih dapat membantu mengatasi noda oli yang membandel dengan cepat.

6. Minyak tawon

Bukan untuk dimakan, ya! Minyak tawon juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan noda oli. Celupkan kapas ke dalam minyak tawon, lalu tepuk-tepuk lembut pada noda oli. Jangan diusap, ya!

Setelah itu, bersihkan baju dengan deterjen cair sebelum mencuci seperti biasa. Minyak tawon akan membantu mengatasi noda oli yang menantang.

7. Cuka

Cuka merupakan bahan dapur yang sederhana tapi punya kemampuan luar biasa. Rendam area baju yang terkena noda oli ke dalam cuka selama 1 jam.

Kemudian, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas sebelum mencuci dengan deterjen cair. Selain menghilangkan noda oli, cuka putih juga bisa membantu mengembalikan kilau baju kesayanganmu.

8. Deterjen bubuk

Kalau kamu lebih suka menggunakan deterjen bubuk, tenang aja, itu juga bisa mengatasi noda oli. Caranya mirip dengan penggunaan deterjen cair. Pertama, basahi area yang terkena noda oli dengan air dingin.

Lalu, taburkan deterjen bubuk langsung ke noda oli dan gosok-gosok perlahan dengan jari. Biarkan beberapa menit sebelum mencuci baju seperti biasa. Deterjen bubuk akan membantu mengangkat noda oli secara efektif.

Saat mencuci baju yang mengalami tumpahan oli, pastikan kamu menggunakan air dingin, bukan air panas. Air dingin membantu mencegah noda oli untuk semakin menempel pada serat-serat kain baju. So, jangan lupa untuk selalu mencuci baju yang terkena noda oli dengan air dingin, ya!

Info wajib baca: Cara Menghilangkan Cat di Baju yang Mudah Dilakukan Sendiri


Nah, itulah beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk menghilangkan noda oli di baju dengan cepat. Penting bagi kita untuk segera membersihkan noda oli sehingga tidak meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan di baju.

Selain itu, langkah-langkah pencegahan seperti menggunakan pelindung tubuh saat bekerja juga dapat membantu mencegah terkena noda oli kembali di masa yang akan datang. Selamat mencoba!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare