...
cara menghitung bunga bank
5-min read

Mau Tahu Gimana Cara Menghitung Bunga Bank yang Gampang dan Nggak Bikin Pusing? Coba Cek di Sini

cara menghitung bunga bank

Bingung gimana cara menghitung bunga bank? Kalau masih bingung mending baca artikel ini dulu.

Seiring berkembangnya zaman, maka semakin tinggi juga kebutuhan setiap manusia. Pada era saat ini, mungkin hampir setiap orang yang bekerja memiliki rekening bank, bahkan anak sekolah atau kuliah pun juga sudah memiliki rekening bank pribadi. Oleh karena itu, penting, nih, buat kamu yang memiliki rekening bank untuk mengetahui cara menghitung bunga bank.

Bank sendiri adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang dibentuk oleh beberapa kewenangan, yaitu di antaranya menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang lebih dikenal sebagai banknote.

Menurut undang-undang perbankan, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal istilah bunga bank, namun belum paham mengenai cara menghitungnya. Yuk, coba pahami mekanisme penghitungan bunga bank. Simak sampai habis, ya.

Pengertian dan Jenis Bunga Bank

pengertian dan jenis bunga bank
Source: Detik.com

Sebelum mengetahui cara menghitung bunga bank, alangkah baiknya kamu tahu dulu terkait pengertian dan jenis bunga bank.

1. Pengertian bunga bank

Bunga bank atau bunga tabungan merupakan sejumlah keuntungan yang dibayarkan oleh bank kepada para nasabahnya sebagai bentuk imbalan atas simpanan para nasabahnya tersebut. Setelahnya, bunga ini akan diberikan dalam kurun waktu tertentu, bisa per bulan atau per tahun.

Selain itu, bunga bank juga dapat didefinisikan sebagai harga kepada deposan (penyimpan uang di bank dalam bentuk deposito) dan kreditur (nasabah yang memperoleh pinjaman uang) yang harus dibayarkan kepada bank.

Persentase bunga yang diterima pun juga beragam, tergantung kebijakan masing-masing perbankan, situasi ekonomi, dan faktor-faktor lainnya yang berhubungan. Ada lagi, nih, yaitu nominal yang akan diperoleh setiap nasabah juga berbeda-beda, dihitung sesuai dengan total saldo tabungan, jangka waktu, dan persentase bunga.

2. Jenis-jenis bunga bank

Sekarang kita bahas juga jenis-jenis bunga bank yang berkaitan langsung dengan nasabah.

  • Bunga tabungan (simpanan)

Dikutip dari detikcom, jenis bunga bank pertama yaitu ada bunga simpanan. Bunga ini merupakan bunga yang diberikan oleh bank sebagai bentuk balas jasa kepada nasabah yang telah menyimpan uangnya di rekening bank perbankan tersebut.

Sebagai contoh jasa giro, bunga tabungan, dan bunga deposito. Bunga simpanan juga dapat diartikan sebagai suatu harga yang harus dibayar oleh bank kepada nasabah.

  • Bunga pinjaman

Bunga pinjaman adalah bunga yang dibayar oleh nasabah peminjam atau debitur (yang memperoleh kredit dari bank) kepada bank. Contohnya yaitu bunga kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit perdagangan. Selain itu, bunga pinjaman juga dapat diartikan sebagai biaya yang harus dibayar oleh debitur atas pinjaman kredit kepada bank.

Cara Menghitung Bunga Bank yang Gampang dan Nggak Bikin Pusing

bunga bank
Source: Accurate Online

Setelah paham mengenai pengertian dan jenis-jenis bunga bank, maka selanjutnya pahami cara menghitung bunga bank seperti di bawah ini, yuk!

Untuk menghitung besaran bunga tabungan (simpanan) yang akan kamu dapatkan, ada tiga cara yang bisa dilakukan. Namun, itu pun tergantung dari jumlah saldo yang kamu ambil di setiap jangka waktu tertentu.

Contoh: Rendi menabung di Bank Y dengan bunga tetap sebesar 5% setiap bulannya. Dengan riwayat tabungan seperti di bawah ini:

TanggalKeteranganDebitKreditSaldo
01/04/2023SaldoRp20 jutaRp20 juta
04/04/2023Setoran Rp10 jutaRp30 juta
09/04/2023TarikRp20 jutaRp10 juta
16/04/2023SetoranRp30 jutaRp40 juta

1. Cara menghitung bunga bank berdasarkan saldo rata-rata

Pada metode ini, saldo harian menjadi acuan untuk menghitung bunga tabungan per bulan, yaitu dengan cara seluruh saldo akan dihitung menggunakan rumus kemudian diambil hasil rata-ratanya.

Cara menghitung bunga tabungan per bulan berdasarkan saldo rata-rata menggunakan rumus berikut ini:

Bunga Tabungan = Saldo rata-rata x (Persentase bunga x jumlah hari dalam sebulan) / 365 hari

Dengan tabel di atas sebagai acuan, kamu bisa memulai dengan menghitung saldo rata-rata menggunakan rumus: (Saldo x Jarak hari)

  • Rp30 juta x 3 hari = 90 juta (tanggal 1 ke tanggal 4)
  • Rp10 juta x 5 hari = 50 juta (tanggal 4 ke tanggal 5)
  • Rp40 juta x 7 hari = 280 juta (tanggal 9 ke tanggal 16)

Jadi, total saldo rata-rata = Rp420 juta / 30 hari = Rp14 juta

Maka, perhitungan untuk bunga tabungan Rendi di bulan tersebut adalah = Rp14 juta x (5% x 30) / 365 hari = Rp57.534

Jadi, besar bunga tabungan yang diperoleh Rendi pada bulan tersebut adalah Rp57.534

2. Cara menghitung bunga bank berdasarkan saldo terendah

Cara penghitungan bunga bank yang ini sama seperti cara sebelumnya, namun saldo yang digunakan mengacu kepada nominal terendah. Pada tabel di atas, diketahui bahwa saldo terendah yaitu Rp10 juta. Jadi, bunga tabungan yang akan diperoleh adalah sebagai berikut:

Bunga Tabungan = Saldo terendah x (Persentase bunga x Jumlah hari dalam sebulan) / 365 hari

= Rp10 juta x (5% x 30) / 365 hari

= Rp41.095

Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa bunga yang akan diperoleh Rendi jika dihitung dari saldo terendah adalah Rp41.095

3. Cara menghitung bunga bank berdasarkan saldo harian

Cara menghitung bunga tabungan yang ketiga atau terakhir adalah dengan menggunakan saldo harian. Metode ini menggunakan saldo harian yang dicatat pada bulan tersebut. Gampangnya, setiap saldo yang masuk akan dihitung oleh pihak bank.

Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Bunga Tabungan = Saldo harian x Persentase suku bunga x Jarak hari / 365 hari

Berdasarkan tabel di atas, Anda dapat menghitung suku bunga saldo harian mulai dari setoran pertama sebagai berikut:

  • 30 juta x 5% x 3 hari / 365 hari = Rp1.232
  • 10 juta x 5% x 5 hari / 365 hari = Rp6.849
  • 40 juta x 5% x 7 hari / 365 hari = Rp38.356

Jadi, total bunga yang diperoleh Rendi berdasarkan saldo harian adalah Rp1.232+ Rp6.849 + Rp38.356 = Rp46.437


Demikian penjelasan mengenai cara menghitung bunga tabungan bank yang benar. Semoga kamu jadi lebih paham, ya, gimana cara penghitungan bunga bank dan makin semangat menabung.

Atau mungkin masih ada yang bingung? Share di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare