...
cara mengusir nyamuk dengan hp
5-min read

Canggih! Ini Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Hp | Pakai Suara Ultrasonik!

cara mengusir nyamuk dengan hp

Mengusir nyamuk kini bisa dilakukan dengan cara yang canggih menggunakan hp. Begini caranya!

Nyamuk selalu menjadi masalah yang mengganggu ketika kita berada di rumah atau bahkan saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Gigitan nyamuk bisa sangat menyebalkan, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif dan mudah meradang.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mudah mengusir nyamuk. Bahkan di era teknologi yang canggih ini, mengusir nyamuk bisa dilakukan dengan hp, lho! Kok, bisa?  Yuk, cari tahu caranya lewat artikel berikut ini!

Bahaya Gigitan Nyamuk

cara mengusir nyamuk dengan hp
Source: Tempo.co

Gigitan nyamuk bisa menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada kulit. Tak hanya itu, dalam beberapa kasus tertentu, gigitan nyamuk juga bisa membawa risiko serius bagi kesehatan kita.

Nyamuk adalah salah satu penyebar penyakit seperti malaria, demam berdarah, virus zika dan lain sebagainya. Jadi jika kamu tinggal di daerah yang memiliki populasi nyamuk besar atau sedang melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang rawan terhadap penyakit tersebut, penting untuk tetap waspada terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk.

Pada awalnya, mungkin kamu nggak akan merasakan efek apa pun setelah digigit nyamuk. Namun, untuk orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti anak-anak dan lansia, reaksi alergi atau infeksi bisa saja terjadi.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Hp

nyamuk
Source: Kompas.com

Untuk mengusir nyamuk dengan hp kamu bisa chat nyamuknya melakukan beberapa cara seperti di bawah ini:

1. Cara mengusir nyamuk dengan suara ultrasonik dari hp

Nyamuk memiliki kemampuan mendengar suara yang berada di frekuensi tinggi. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menyalakan suara ultrasonik dari ponselmu.

Tenang saja, beberapa hp kini telah dilengkapi aplikasi atau pengaturan khusus yang menghasilkan suara ultrasonik pada frekuensi tinggi, kok. Suara ultrasonik ini tidak terdengar oleh manusia, tetapi dapat mengganggu nyamuk dan membuatnya menjauh.

Kamu hanya perlu mencari aplikasi pengusir nyamuk yang menggunakan suara ultrasonik, kemudian aktifkan aplikasi tersebut. Pilih frekuensi suara yang sesuai dan biarkan hp berada di sekitarmu. 

Info wajib baca: Tips Memilih Ide Desain Kamar Tidur Minimalis yang Kekinian

2. Cara mengusir nyamuk dengan aplikasi hp

Selain suara ultrasonik, ada juga aplikasi khusus yang dirancang untuk mengusir nyamuk. Tenang, aplikasi ini bukan seperti Whatsapp yang mengharuskan kamu chat nyamuknya secara dadakan, kok. Nyamuk juga punya privasi, gaes.

Aplikasi ini umumnya menggunakan suara, cahaya, atau kombinasi keduanya untuk mengganggu nyamuk. Beberapa aplikasi mungkin memiliki suara nyamuk jantan yang memanggil nyamuk betina untuk mengusirnya.

Untuk menggunakan aplikasi pengusir nyamuk, langkah-langkahnya mirip dengan penggunaan suara ultrasonik. Cari aplikasi pengusir nyamuk yang dapat diunduh di Google Play atau AppStore, lalu instal aplikasi tersebut, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Tips Tambahan untuk Mengusir Nyamuk

Source: Halodoc

Selain menggunakan suara ultrasonik dan aplikasi pengusir nyamuk, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan efektivitas dalam mengusir nyamuk:

1. Gunakan kelambu

Pasang kelambu di sekitar tempat tidur, terutama di malam hari saat nyamuk paling aktif. Pastikan kelambu menutup rapat agar nyamuk tidak bisa masuk ke dalamnya.

2. Pasang kawat nyamuk

Pasang kawat nyamuk pada jendela dan pintu untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah. Pastikan kawat nyamuk dalam kondisi baik dan bebas lubang agar efektif menghalangi nyamuk.

3. Gunakan kipas angin atau AC

Nyamuk tidak menyukai angin atau udara bergerak. Ya, betul, alasanya apalagi kalau bukan karena tubuhnya yang rentan terbawa angin. Maka dari itu, nyalakan kipas angin atau AC di rumah untuk menjaga sirkulasi udara dan mencegah nyamuk mendekat.

4. Gunakan lilin anti-nyamuk

Lilin anti-nyamuk mengandung bahan seperti minyak kayu putih, serai, atau eukaliptus yang dapat mengusir nyamuk. Kamu bisa menyalakan lilin ini di ruangan yang sering menjadi tempat berkumpul nyamuk.

Info wajib baca: 10 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari, Wajib Coba!

5. Oleskan obat nyamuk

Alih-alih bikin sehat, obat nyamuk berupa lotion, spray, atau roll-on yang mengandung bahan pengusir nyamuk membuatnya tidak berani mendekati manusia. Oleskan obat tersebut pada kulitmu, terutama di area yang rentan digigit nyamuk.

6. Gunakan insektisida

Jika populasi nyamuk di rumahmu sangat tinggi dan tidak terkendali, pertimbangkan penggunaan insektisida atau semprotan nyamuk yang dapat membantu mengurangi jumlah nyamuk secara efektif.

Pastikan kamu menggunakan produk yang aman dan ikuti petunjuk penggunaan dengan benar, ya.

Ingatlah bahwa meskipun menggunakan hp bisa menjadi cara untuk mengusir nyamuk, namun tetap diperlukan tindakan pencegahan lainnya seperti memasang kawat antinyamuk pada ventilasi rumah atau menggunakan obat semprot serangga.


Nah, apa kamu juga menggunakan salah satu cara di atas untuk mengusir nyamuk? Yuk, share pengalaman kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare