...
5-min read

Tips Mengatasi Insomnia dengan Cara Tidur Cepat 5 Detik

Susah tidur cepat? Simak tips cara tidur cepat 5 detik berikut ini biar kamu nggak insomnia lagi.

Siapa, sih, yang tidak mendambakan tidur nyenyak setiap malam? Namun, terkadang insomnia datang menghampiri dan membuat kita sulit untuk tidur. Ini dia cara tidur cepat 5 detik yang bisa kamu lakukan.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, seperti stres atau pola hidup yang tidak sehat. Jika kamu sedang mencari cara untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan, maka artikel ini wajib dibaca! Kostmin bakal kasih tips-tips mudah bagaimana tidur cepat dalam hanya 5 detik. Yuk, coba!

Cara Tidur Cepat 5 Detik

cara tidur cepat 5 detik
Source: Mediago.id

Tidur cepat bikin kita makin seger pas bangun, plus bisa bangun lebih cepet juga. Buat kamu para penderita insomnia, cobain beberapa tips cara tidur cepat 5 detik berikut ini, yuk! Siapa tau kamu jadi nggak begadang lagi.

1. Terapkan sistem pernapasan 4-7-8

Pernah denger soal sistem pernapasan 4-7-8? Kabarnya, metode yang satu ini bisa bikin kamu tertidur pulas dengan cepat, lho.

Kamu bisa melakukan metode ini dengan cara meletakkan ujung lidah kamu di belakang gigi depan atas. Kemudian, buang napas sepenuhnya melalui mulut dan buatlah suara “wusss”. Selanjutnya, tutup mulut kamu dan tariklah napas melalui hidung selama 4 detik.

Lalu, tahan napas kamu selama 7 detik. Setelah itu, buka mulut dan buang napas sepenuhnya selama 8 detik. Ulangi metode ini minimal 3 kali saat kamu mau tidur.

2. Pijat dan stretching

Melakukan pijatan lembut atau peregangan ringan sebelum tidur dapat membantu meredakan ketegangan dan merilekskan otot-otot kamu. Fokus pada area seperti leher, bahu, punggung, dan kaki.

Kamu juga dapat menggunakan bola pijat atau roller untuk meredakan ketegangan dalam tubuh. Pijatan dan peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur.

3. Visualisasi

Visualisasi adalah teknik yang melibatkan membayangkan suasana menenangkan atau tempat menyenangkan dalam pikiranmu. Kamu dapat membayangkan sedang berada di pantai indah, di dalam hutan yang damai, atau di tempat favoritmu.

Fokus kepada detail dan gunakan indra lain seperti suara dan aroma untuk membuat pengalaman lebih nyata. Latihan visualisasi dapat membantu mengalihkan pikiran kamu dari kegelisahan dan mencapai tidur yang lebih cepat.

Info wajib baca: Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Wajib Kamu Tahu!

4. Metode militer

Serem, ya, kedengerannya, tapi cara ini juga disinyalir bisa bikin kamu tidur lebih cepat dan pulas. FYI, metode ini digunakan dalam praktik militer di Amerika Serikat, begini caranya:

  • Kencangkan otot-otot wajah kemudian kendurkan.
  • Buat lidah di dalam mulut jadi rileks.
  • Tempatkan bahu di lantai dan biarkan lengan tangan menjuntai longgar di sisi-sisi tubuhmu.
  • Tarik dan buang napas dengan kecepatan normal.
  • Buat bagian dadamu lebih rileks.
  • Lakukan relaksasi pada bagian paha dan kaki bagian bawah.
  • Tenangkan pikiran seperti kamu sedang menjernihkan pikiran, biarkan pikiran yang datang dan pergi tanpa harus menghakimi dan memikirkannya lebih dalam.
  • Bayangkan pemandangan yang menyenangkan dan menyejukkan seperti langit biru, tempat tidur dikelilingi pepohonan nyaman atau bayangan lainnya yang membuatmu relaks.
  • Bayangkan adegan yang membuat jiwamu lebih tenteram.
  • Lakukan langkah-langkah tersebut secara berulang.

5. Rutinitas tidur yang konsisten

Menerapkan rutinitas tidur yang konsisten dapat membantu mengatur sirkadian tubuh kamu dan mempersiapkanmu untuk tidur. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan.

Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti membaca buku atau mandi air hangat. Hindari stimulan seperti kafein atau makanan berat sebelum tidur.

Info wajib baca: 5 Dongeng Romantis Sebelum Tidur yang Akan Membuatmu Terbuai

Kenapa Seseorang Bisa Terkena Insomnia?

cara tidur cepat 5 detik
Source: Halodoc

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai oleh kesulitan dalam memulai atau mempertahankan tidur cukup, meskipun ada kesempatan untuk tidur yang memadai. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita insomnia, termasuk:

  1. Stres: Stres adalah salah satu penyebab utama insomnia. Stres yang berkepanjangan atau stres yang disebabkan oleh peristiwa hidup yang signifikan seperti masalah pekerjaan, masalah keuangan, masalah hubungan, atau masalah kesehatan dapat mengganggu tidur seseorang.
  2. Gangguan kejiwaan: Beberapa gangguan kejiwaan seperti depresi, kecemasan, dan gangguan stres pascatrauma dapat berhubungan dengan insomnia. Gejala-gejala dari gangguan kejiwaan tersebut dapat mengganggu pola tidur seseorang.
  3. Kondisi medis: Beberapa kondisi medis seperti nyeri kronis, asma, penyakit gastroesofageal reflux (GERD), penyakit Parkinson, gangguan tiroid, serta gangguan neurologis lainnya dapat menyebabkan insomnia.
  4. Gaya hidup tidak sehat: Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi kafein berlebihan, merokok, minum alkohol, dan kurangnya aktivitas fisik dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang dan menyebabkan insomnia.
  5. Lingkungan tidur yang tidak mendukung: Lingkungan tidur yang tidak nyaman, seperti suhu ruangan yang tidak sesuai, kebisingan, pencahayaan yang terlalu terang, atau kasur yang tidak nyaman, juga dapat menyebabkan insomnia.

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalami masalah tidur yang berkelanjutan, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.


Itu tadi beberapa cara tidur cepat 5 detik yang bisa kamu lakukan dengan mudah, dan sedikit tentang kenapa seseorang bisa kena insomnia. Kamu juga bisa kepoin Cara Menghilangkan Ngantuk dan manfaat minum air putih setelah bangun tidur berikut ini.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare