...
cara menyimpan uang
5-min read

3 Cara Mudah Menyimpan Uang di Hp yang Sering Digunakan

cara menyimpan uang

Ada beberapa cara menyimpan uang yang bisa kamu gunakan di era digital, cek lengkapnya di sini, yuk!

Memasuki era modern dan perkembangan teknologi, cara menyimpan uang saat ini menjadi lebih simple. Kita tidak perlu lagi repot-repot datang ke bank untuk sekedar menyimpan uang. Apalagi, saat ini setiap orang pasti sudah memiliki hp atau smartphone yang dapat melakukan berbagai aktivitas hanya dengan menggunakan koneksi internet dalam satu kali klik, salah satunya dalam hal menyimpan uang.

Melalui hp atau smartphone, cara menyimpan uang kini bisa bisa dilakukan dengan lebih seamless. Bahkan nomor telepon atau nama bisa jadi pengganti nomor rekening, lho. Nah, agar lebih jelas mengenai cara-cara menyimpan uang di era digital, yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Info wajib baca: 10 Tips Mudah Menabung untuk Pelajar | Realistis dan Pasti Bisa!

Beberapa Cara Populer Menyimpan Uang di Hp

cara menyimpan uang
Source: pikiran-rakyat.com

Ada banyak cara menyimpan uang yang bisa kamu lakukan di era digital seperti sekarang ini. Kira-kira apa saja caranya? Berikut di antaranya:

1. Menyimpan uang di tabungan digital

Cara kekinian menyimpang uang yang biasa dilakukan saat ini, terutama oleh anak muda adalah dengan menggunakan rekening tabungan berbasis perbankan digital. Kelebihan menggunakan tabungan digital adalah kamu tidak perlu mengunjungi kantor cabang untuk bisa membuka rekening, di mana kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya via smartphone.

Selain itu, tabungan digital juga memiliki banyak keuntungan yang nggak ada di tabungan konvensional, mulai dari transaksi ke bank lain bebas biaya admin hingga tanpa ada minimal saldo. Bahkan, bukan sekadar menabung, beberapa tabungan digital juga sudah dilengkapi dengan fitur investasi, lho.

2. Cara menyimpan uang di hp menggunakan uang elektronik

Sistem pembayaran saat ini, mulai dari tol, transportasi umum, hingga parkir sudah harus menggunakan uang elektronik atau e-money. Alhasil, hal itu juga mengubah cara kita dalam menyimpan uang. E-money sendiri merupakan kartu pra-bayar yang dapat menyimpan sejumlah uang, serta digunakan sebagai alat transaksi pembayaran.

Beberapa bank seperti Mandiri, BNI, hingga bank Swasta seperti BCA juga sudah menerbitkan kartu ini. Dengan kartu ini kita dapat menyimpan saldo yang bervariasi, namun biasanya dibatasi untuk pengisiannya, mulai dari Rp1 juta hingga Rp20 juta per kartu.

Cara termudah untuk menyimpan saldo uang elektronik di antaranya adalah dengan menggunakan aplikasi perbankan di hp. Bahkan, beberapa aplikasi e-commerce juga sudah menyediakan fitur untuk pengisian ulang atau top up kartu e-money sehingga memudahkan kamu ketika ingin melakukan transaksi.

3. Layanan dompet digital

Source: flip.id

Cara menyimpan uang yang biasa digunakan saat ini adalah dengan menggunakan layanan dompet digital melalui sejumlah aplikasi di hp. Namun, apa sebenarnya perbedaan dompet digital dengan tabungan digital?

Kalau tabungan digital biasanya memang ditujukan untuk menabung, sedangkan dompet digital lebih ditujukan untuk melakukan transaksi. Dompet digital adalah sebuah platform atau aplikasi perangkat elektronik yang menawarkan layanan jasa sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara online dalam membeli suatu barang atau jasa.

Meskipun sama-sama bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang, dompet digital memiliki batasan jumlah uang yang bisa kamu simpan. Ada beberapa layanan dompet digital yang seringkali digunakan, antara lain seperti Go-Pay, OVO, Dana, hingga LinkAja.

Info wajib baca: 7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

Tips Aman Melakukan Transaksi Secara Online

Meskipun menyimpan uang atau melakukan transaksi secara online menggunakan hp banyak memberikan kita kemudahan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar aman dan terhindar dari penipuan. Berikut beberapa tips aman untuk melakukan transaksi secara online:

1. Selalu logout dari perangkat

Setiap kali selesai transaksi, pastikan kamu logout dari akun pada perangkat tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk menhindari para hacker yang dapat meretas perangkat kita tanpa disadari.

Meskipun kamu menggunakan aplikasi tabungan digital, tapi pastikan untuk hindari membiarkannya login secara otomatis. Lebih aman untuk tetap melakukan login dan logout manual setiap kali ingin melakukan transaksi.

2. Hindari menyimpan password dan username di hp

Source: rbtv.disway.id

Penting untuk kamu agar tidak menyimpan username dan password pada hp, baik itu menggunakan penyimpanan password otomatis atau menulisanya dalam aplikasi notes. Hal tersebut begitu membahayakan karena rekening online sangat mudah untuk diretas.

Sebaiknya kamu mengingat password serta username agar tetap terjaga keamanannya. Hindari juga aplikasi-aplikasi tambahan yang mengharuskan kamu mengisi username atau password, karena hal tersebut bersifat sensitif.

3. Jangan pernah memberikan kode OTP ke siapapun

One time password atau OTP menjadi langkah keamanan yang sering diberikan oleh perbankan. Termasuk saat kamu membuka rekening secara online, di mana kamu akan diberikan kode OTP pada saat melakukan verifikasi kontak baik, melalui nomor hp atau email.

Setiap kali kamu transaksi dengan tabungan online, jangan pernah memberikan kode ini kepada siapapun. Kode ini bersifat privacy dan hanya berlaku selama beberapa menit saja, oleh karena itu jangan biarkan memberikan kesempatan pada orang lain untuk membobol isi rekening kamu.


Nah, itulah beberapa cara menyimpan uang di hp yang biasa digunakan di era digital seperti sekarang ini beserta tips aman melakukan transaksi secara online. Kalau kamu sendiri, cara apa yang sering kamu gunakan untuk menyimpan uang? Coba share di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare