...
tips menabung untuk pelajar
5-min read

12 Tips Mudah Menabung untuk Pelajar | Realistis dan Pasti Bisa!

tips menabung untuk pelajar

Mau punya tabungan jumlah besar di usia muda? Yuk, ikutin tips menabung untuk pelajar berikut ini!

Menabung bisa dikatakan sebuah kebiasaan yang susah-susah gampang. Apalagi, bagi seorang pelajar yang belum punya penghasilan sendiri.

Sebenarnya, pelajar bisa, sih, menabung dari uang saku, namun memang butuh yang namanya niat dan ketelatenan. Terus, gimana, ya, caranya agar seorang pelajar bisa menabung dan mengumpulkan uang yang banyak? Sabar, baca dulu artikel ini sampai habis, ya, gaes!

Tips Menabung untuk Pelajar yang Realistis dan Bisa Kamu Terapkan

Menabung adalah kegiatan positif yang sebaiknya kita biasakan sejak dini. Lantas, apa saja langkah menabung yang realistis dan masuk akal untuk bisa kamu terapkan sebagai seorang pelajar?

Penasaran? Yuk, cek lengkapnya di bawah ini!

1. Menyisihkan uang jajan secara konsisten

Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah menyisihkan uang jajan yang kamu miliki secara konsisten. Bahkan, pada beberapa momen tertentu, kamu bisa mensugesti diri bahwa menabung adalah sebuah kewajiban.

Makanya, biasakan untuk nggak menghabiskan uang jajan kamu secara langsung dan menyisihkannya untuk ditabung.

2. Tips menabung untuk pelajar dengan memanfaatkan momentum seperti THR

Momentum mendapatkan uang merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi semua orang, terutama seorang pelajar.

Memanfaatkan momentum seperti THR, angpao, atau uang saku hari raya bisa menjadi cara untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Pastikan setelah mendapat uang THR kamu langsung menyisihkannya untuk ditabung, ya!

3. Meminimalisasi belanja online 

Tips menabung untuk pelajar berikutnya adalah kamu harus membatasi melihat-lihat barang dan berbelanja online di marketplace. Percaya atau tidak, ketika kamu membuka-buka katalog barang kesukaan, otomatis keinginan yang ada di dalam dirimu untuk berbelanja menjadi semakin besar. 

Tentunya, hal itu bisa berdampak kepada munculnya sifat impulsive buying. Misalnya, ketika ada ponsel keluaran terbaru yang launching atau flash sale di marketplace. Nah, secara nggak langsung itu membuat kamu jadi ingin membeli ponsel terbaru tersebut yang sebenarnya belum perlu-perlu banget.

Oleh karena itu, lebih baik minimalisasi membuka dan berbelanja online di marketplace. Daripada dipakai berbelanja lebih baik uangnya digunakan untuk menabung, dong?

4. Tips menabung untuk pelajar dengan memiliki celengan sendiri

Menabung di rekening tabungan sah-sah saja, namun alangkah lebih baik kamu punya celengan tersendiri. Dengan adanya celengan, uang receh akan tampak sangat berharga di mata kamu karena ketika melihat uang receh, pikiran akan langsung menyuruh untuk memasukkan uang tersebut ke celengan.

Jangan melihat nilainya yang penting kamu tetap menabung di celengan. Dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan, kamu akan melihat sebuah keajaiban. Di mana uang receh yang tampak tidak berharga itu, kalau dikumpulkan terus-menerus hasilnya akan besar juga.

Info wajib baca: 7 Tips Menabung Harian Biar Nggak Boncos saat Tengah Bulan | Disiplin adalah Kunci!

5. Tips menabung untuk pelajar dengan membawa bekal dari rumah agar lebih hemat

Bagi pelajar, makan masih menjadi tanggungan orangtuanya. Jadi, kamu akan lebih hemat jika membawa bekal ke sekolah. Kalau sudah membawa bekal, jangan beli makan di luar lagi karena kalau kamu masih beli makanan di luar, ya jadinya sama aja bohong.

Lumayan, kan, sehari bisa memasukkan uang Rp10.000 sampai Rp20.000 ke dalam celengan dari hasil berhemat nggak beli makan di luar. Tips ini nggak hanya relevan dan realistis untuk pelajar saja, namun buat kamu yang sudah bekerja dan menikah juga cocok menerapkannya, lho.

6. Menambah pemasukan dengan bekerja sambilan

Kalau kamu seorang pelajar yang ingin membantu meringankan beban orang tua, bisa banget sambil bekerja sambilan, lho. Di zaman modern seperti sekarang, cukup banyak kesempatan yang bisa kamu ambil, termasuk pekerjaan untuk pelajar yang bisa dikerjakan di mana saja.

Misalnya, kamu bisa menjadi fotografer atau membuka jasa desain grafis maupun membantu mengetik skripsi. Apalagi buat para pelajar yang sedang mencari kost dekat kampus.

7. Membangun aset investasi sejak dini

Orang dewasa yang telanjur mendekati usia senja, merasa masa-masa muda merupakan waktu terbaik untuk mengembangkan diri. Namun bagi anak muda, mereka seringkali tidak menyadari masa emas ini. 

Kamu yang sudah memiliki pemikiran dewasa, coba arahkan fokus ke aset investasi yang berguna untuk masa depan. Contohnya hewan ternak, emas, atau logam mulia, dan investasi untuk leher ke atas, terutama otak.

8. Menerapkan gaya hidup frugal living

Apa itu frugal living? Frugal living adalah sebuah gaya hidup yang berfokus kepada hidup hemat dengan tujuan menabung lebih banyak. Orang Jawa memiliki istilah sendiri, yaitu gemi. Bukan berarti kamu terlalu irit atau pelit, melainkan hanya menggunakan uang untuk kebutuhan yang penting-penting saja, gaes.

Faktor Eksternal yan Mendukung Tips Menabung untuk Pelajar

Semua yang sudah disebutkan di atas merupakan faktor internal atau kesadaran diri untuk menumbuhkan niat menabung. Nah, sekarang bergerak ke faktor eksternal yang kadang jadi racun yang menggagalkan keinginan memperbanyak nol di saldo tabungan. Apa saja? Cek di bawah ini.

9. Sesekali menolak ajakan nongkrong 

Perlu kamu tahu, kalau pengeluaran yang besar bagi pelajar salah satunya berasal dari ajakan nongkrong dan kumpul-kumpul. Dalam hal ini, kamu bisa kalkulasi sendiri, misalnya sekali keluar sama teman habis hingga Rp50.0000. Sedangkan dalam seminggu, kamu bisa keluar 2 kali.

Jadi, dalam seminggu kamu bisa habis Rp100.000 dan dalam sebulan bisa habis hingga Rp400.000 cuma buat nongkrong doang. Jumlah uang yang lumayan tersebut tentunya bernilai besar bagi seorang pelajar, maka lebih bijak kalau uang tersebut kamu tabung untuk kebutuhan di masa mendatang.

10. Tidak tergiur oleh pengaruh negatif lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar tidak jarang membawa pengaruh negatif yang berakibat kepada pemborosan tiada tara. Kamu wajib punya prinsip, jangan ikut-ikutan lingkungan yang negatif. Tentunya kamu bisa menilai, apakah lingkungan pergaulan membawa dampak positif atau sebaliknya.

11. Hindari gaya hidup yang boros

Seiring berjalannya waktu, gaya hidup yang boros dapat merugikan usaha menabung kamu. Hindari godaan untuk mengikuti tren konsumtif yang mungkin nggak sesuai dengan kemampuan finansial kamu sebagai seorang pelajar.

Fokuslah pada kebutuhan yang esensial dan pertimbangkan kebijakan hidup minimalis untuk memaksimalkan efisiensi pengeluaran.

12. Tetap konsisten dan disiplin

Kunci keberhasilan dalam menabung adalah konsistensi dan disiplin. Tetapkan target tabungan bulanan dan upayakan untuk mencapainya.

Jangan tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan yang sebenarnya nggak mendesak. Dengan tetap konsisten dan disiplin, kamu akan melihat perkembangan positif dalam jumlah tabungan kamu.

Di-update oleh Velin


Nah, itulah beberapa tips menabung untuk pelajar yang realistis dan tentunya dapat kamu terapkan saat ini juga. Tinggal kemauan dari dalam diri kamu sendiri, apakah benar-benar ingin menabung atau tidak. Yuk, kamu pasti bisa menahan agar tidak boros!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost Favorit di Kotamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare