...
cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari
5-min read

12 Cara Tradisional Mengatasi Anak Demam di Malam Hari, Dijamin Ampuh!

cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari

Cari tahu beberapa cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari berikut ini, yuk!

Saat anak sakit demam di malam hari bisa membuat suasana hati kita jadi campur aduk, ya. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara tradisional yang bisa membantu meredakan demam si kecil tanpa harus panik, lho.

Salah satunya adalah dengan mengganti pakaiannya dengan bahan yang lebih tipis untuk mengurangi panas tubuhnya. Apabila mengenakan pakaian yang tebal dan selimut hanya akan membuat panas tubuhnya semakin menjadi-jadi.

Lantas, bagaimana cara tradisional lainnya untuk mengatasi demam pada anak di malam hari? Yuk, kita simak bersama-sama tips-tipsnya berikut ini!

Info wajib baca: 5 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang, Mudah dan Alami!

Cara Tradisional Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

cara tradisional mengatasi anak demam di malam hari
Source: halodoc.com

Inilah beberapa cara tradisional yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak demam di malam hari. Langsung cek lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Kompres air hangat

Yang pertama adalah teknik kompres air hangat. Caranya cukup sederhana, kamu bisa membasahi handuk dengan air hangat lalu peras hingga tidak terlalu basah. Tempelkan handuk ini pada dahi dan kaki si kecil. Rasanya seperti pelukan hangat yang bisa membantu menurunkan suhu tubuhnya.

2. Minum air hangat

Penting banget untuk menjaga si kecil tetap terhidrasi dengan baik. Sajikan air putih hangat atau teh hangat dalam cangkir kecil untuknya. Rasanya yang hangat-hangat bisa membantu meredakan tenggorokannya yang mungkin terasa sakit akibat demam.

3. Gunakan bawang putih

Ternyata, bawang putih bukan hanya bumbu dapur, tapi juga bisa membantu mengatasi demam. Caranya, iris tipis bawang putih lalu tempelkan pada kaki si kecil, kemudian kenakan kaos kaki. Biarkan semalaman. Bawang putih diyakini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan demam.

4. Balurkan minyak kayu putih

Minyak kayu putih adalah ramuan tradisional yang telah digunakan sejak zaman nenek moyang kita. Balurkan minyak kayu putih secara perlahan pada dada dan punggung si kecil. Aromanya yang khas akan membantu meredakan sesak akibat hidung tersumbat.

5. Tidur dengan kepala sedikit miring

Saat demam, tidur dengan posisi kepala sedikit miring bisa membantu mengurangi kemungkinan muntah jika si kecil merasa mual. Cobalah letakkan bantal di bawah kasur di bagian kepalanya agar posisinya lebih miring.

6. Gunakan bahan-bahan herbal

Source: klikdokter.com

Herbal sudah lama digunakan sebagai alternatif pengobatan tradisional. Cobalah gunakan bahan-bahan herbal seperti daun mint, jahe, atau daun sirih.

Rebuslah bahan-bahan tersebut dalam air, kemudian berikan sedikit madu untuk menambahkan rasa manis alami. Minuman herbal ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membantu meredakan demam.

7. Berikan pijatan ringan

Pijatan ringan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dapat membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan efek relaksasi pada si kecil. Pijat perlahan pada punggung dan kaki, hindari area dada dan perut. Selain meredakan demam, momen pijatan ini juga bisa menjadi waktu bercengkerama yang menyenangkan dengan si kecil.

8. Kompres kain basah di telapak kaki

Cara sederhana namun efektif adalah dengan merendam kain dalam air dingin, lalu peras hingga agak kering. Tempelkan kain basah ini di telapak kaki si kecil dan kenakan kaos kaki. Ini adalah salah satu cara dari tradisi Cina kuno yang diyakini membantu menurunkan suhu tubuh secara alami.

9. Aromaterapi lavender

Aromaterapi menggunakan minyak esensial lavender dapat memberikan efek menenangkan pada si kecil. Teteskan beberapa tetes minyak lavender pada kain atau saputangan, lalu tempelkan di sekitar tempat tidur atau di bantalnya. Aroma yang lembut dari lavender akan membantu menciptakan suasana tidur yang lebih nyaman.

10. Buat lingkungan senyaman mungkin

Pastikan lingkungan tempat tidur si kecil nyaman dan tenang. Usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas, namun juga jangan terlalu dingin.

Sebisa mungkin hindari paparan suara bising agar ia bisa tidur lebih nyenyak. Menyediakan lampu tidur lembut juga dapat memberikan kenyamanan dan meredakan ketakutan pada malam hari.

Info wajib baca: Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar, Jangan Salah!

11. Berikan buah atau sup hangat

Selain menjaga kelembapan tubuh dengan memberikan banyak minum, pastikan juga si kecil mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Cemilan seperti buah-buahan segar atau sup hangat bisa menjadi pilihan. Makanan bergizi membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar dapat melawan infeksi dengan lebih baik.

12. Air kelapa muda

Air kelapa muda adalah salah satu cara tradisional yang efektif untuk mengatasi demam pada anak di malam hari. Kaya akan elektrolit alami, seperti kalium dan magnesium, air kelapa muda dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat demam dan mencegah dehidrasi.

Kamu pun dapat memberikan air kelapa muda secara langsung atau membuat minuman tambahan dengan mencampurkannya dengan sedikit madu atau sirup maple untuk menambah rasa manis alami. Berikan air kelapa muda ini pada si kecil untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dan membantu meredakan demamnya.


Itulah beberapa cara tradisional yang efektif untuk mengatasi anak demam di malam hari. Ingat, cara-cara tradisional ini mungkin bisa membantu meredakan demam, tapi tetap periksakan si kecil ke dokter jika demamnya tidak kunjung reda atau bila ada gejala lain yang mengkhawatirkan. Semoga bermanfaat!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare