...
ceramah singkat tentang ikhlas
5-min read

Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas, Yuk Pahami Ikhlas dalam Islam

ceramah singkat tentang ikhlas

Belum bisa ikhlas? Coba baca contoh ceramah singkat tentang ikhlas berikut ini, deh.

Ikhlas menjadi faktor diterimanya amal ibadah seseorang. Sebagai muslim harus memahami makna keikhlasan yang sesungguhnya agar bisa melakukan amalan yang diterima Allah SWT.

Allah dalam Surah Az-Zumar ayat 2 berfirman kepada hamba-Nya untuk senantiasa beribadah dengan keikhlasan dan ketaatan.

اِنَّآ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللّٰهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّيْنَۗ

Innā anzalnā ilaikal-kitāba bil-ḥaqqi fa’budillāha mukhliṣal lahud-dīn

Artinya: Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan hak. Maka, sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya.

Info wajib baca: 3 Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar | Kamu Bisa Terapkan untuk Hadapi Cobaan Puasa!

Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas dalam Beribadah

Berikut merupakan contoh ceramah singkat tentang ikhlas yang pertama yaitu dalam beribadah.

1. Ceramah singkat tentang ikhlas dalam beribadah

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillahilladzi hadana lihadza wama kunna linahtadiyalaula an hadanalloh’. Asyhadu alla ila ha illallah wahdahu la syarikalah..Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rasuluh sholallahu alaihi wasallam wa ala alihi wa sohbihi ama badu.

Pertama-tama, saya ingin mengingatkan pada kesempatan hari ini untuk sama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT.

Atas izin Allah SWT pada hari ini kita masih diberikan banyak kenikmatan, dari mulai rezeki hingga nikmat sehat.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita semua yaitu Nabi Muhammad Salallahu alaihi wasalam, yang dengan perjuangan beliau dan para sahabatnya lah kita bisa merasakan manisnya iman dan keindahan akan Islam.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT,

Pada kesempatan berbahagia ini, saya akan menyampaikan ceramah yang singkat saja mengenai keikhlasan atau ikhlas.

Ikhlas menjadi salah satu hal yang dipandang dan dianjurkan untuk dilaksanakan dalam ajaran agama Islam. Meski cenderung sederhana dan ringan namun pada praktiknya ikhlas adalah hal yang cenderung cukup berat.

Tindakan ikhlas menjadi salah satu perbuatan atau hal yang sangat dicintai oleh Allah. Secara harfiah ikhlas merupakan sebuah tindakan suka rela yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Jika mengambil contoh dalam konteks ibadah, maka ikhlas berarti melakukan ibadah semata-mata karena Allah ta’ala.

Allah pernah berfirman dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 berikut ini:

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

Wa mā umirū illā liya‘budullāha mukhliṣīna lahud-dīn(a), ḥunafā’a wa yuqīmuṣ-ṣalāta wa yu’tuz-zakāta wa żālika dīnul-qayyimah(ti).

Mereka tidak diperintah, kecuali untuk menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya lagi hanif (istikamah), melaksanakan shalat, dan menunaikan zakat. Itulah agama yang lurus (benar).

Ayat tersebut menerangkan pada kita semua mengenai menerapkan perilaku dan sifat ikhlas. Jika dalam menjalani agama kita tidak melandasinya dengan ikhlas, maka akan jadi berantakan dan tidak teratur semuanya.

Sebab orang akan sibuk memikirkan kepentingan diri mereka sendiri tanpa menempatkan agama sebagai prioritas di hidupnya.

Ikhlas dalam beragama jadi sangat penting untuk kita sama-sama pupuk dalam diri dan hati kita, karena ketika kita ikhlas, maka semua urusan akan menjadi lebih terang dan mudah untuk dijalankan.

Ikhlas juga menjadi sikap yang amat penting untuk dipraktikkan, sebab setiap amalan yang kita lakukan tidak diterima atau sah di mata Allah jika kita tidak memiliki sifat ikhlas.

Tentu kamu tidak mau bukan segala amal ibadah yang sudah dilakukan selama ini tidak diterima karena tidak ikhlas?

Info wajib baca: 3 Contoh Ceramah Singkat tentang Ilmu, Yuk Pahami Wajibnya Menuntut Ilmu!

Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas dalam Bersedekah

Contoh ceramah singkat yang kedua yaitu ikhlas dalam bersedekah, yuk, simak di bawah ini.

1. Ceramah singkat tentang ikhlas dalam bersedekah

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT,

Konteks ibadah berikutnya yang wajib kita landasi dengan ikhlas adalah ketika bersedekah atau beramal.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya: “Seluruh amal perbuatan tergantung pada niat. Setiap orang memperoleh apa yang ia niatkan. Siapa saja yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa saja yang hijrahnya karena dunia yang akan diperoleh atau wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya hanya memperoleh apa yang diniatkan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut, dapat pahami bahwa dengan meniatkan segala amal ibadah karena Allah SWT maka seseorang akan mendapatkan ridha Allah dan pahala dari Allah. Sementara apabila suatu amal ibadah diniati karena manusia semata, maka tidak mendapatkan pahala apa pun.

Meskipun ikhlas menjadi dasar utama kita melakukan berbagai hal di dunia, namun Allah SWT sudah menjanjikan pahala yang luar biasa untuk kita.

ceramah tentang ikhlas sedekah
Source: NU Online

Semakin ikhlas seseorang ketika ia bersedekah atau beramal, maka semakin besar pula ganjaran atau pahala yang akan ia dapatkan.

Semakin murni kamu melakukan segala sesuatu karena Allah ta’ala, maka akan jadi semakin bernilai pula amalan itu di sisi Allah. MasyaAllah.

Sekian dulu ceramah singkat untuk kesempatan kali ini. Mudah-mudahan saja semua yang saya sampaikan dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Dan mari latih diri dan hati untuk senantiasa ikhlas atas segala yang Allah tetapkan untuk kita jalani. Aamiin aamiin yar abal alamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Demikian pemaparan tentang contoh ceramah singkat tentang ikhlas. Semoga dapat bermanfaat dan menambah kepahaman kamu dalam beribadah dengan niat ikhlas karena Allah SWT.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare