...
mukjizat Nabi Zulkifli
5-min read

Simak Kisah Nabi Zulkifli yang Terkenal dengan Sifat Sabar

mukjizat Nabi Zulkifli

Yuk pahami sosok dan mukjizat Nabi Zulkifli yang bisa menjadi cerminan hidup berikut ini!

Dalam sejarah kehidupan nabi, Mukjizat Nabi Zulkifli sering terlupakan di tengah kisah-kisah besar yang kerap kita dengar. Namun, kali ini mari bersama-sama menjelajahi sebuah kisah penuh inspirasi dan keajaiban dari sebagain cerita hidup beliau.

Saking sabarnya, bahkan Nabi Zulkifli tidak tergoda oleh tipuan iblis sekalipun? Yuk, ikuti lebih lanjut cerita menakjubkan ini!

Siapa itu Nabi Zulkifli?

Siapa itu Nabi Zulkifli?
Source: Pondok Islam

Nabi Zulkifli adalah nabi yang diutus oleh Allah untuk membimbing umat manusia. Ia lahir di sebuah desa di Yaman dan dibesarkan dalam keluarga yang taat beragama. Nabi Zulkifli memiliki banyak pengikut setia yang mengikuti ajarannya.

Akan tetapi, tidak semua orang menyambut baik ajarannya. Sebagian besar umat Islam tidak menerima ajaran Nabi Zulkifli karena ia berbeda dengan apa yang mereka anut.

Namun, Nabi Zulkifli tetap teguh berada di atas ajarannya dan terus memberikan kesaksian tentang kebenaran Islam serta melawan kemusyrikan. Kesabaran dan keteguhan Nabi Zulkifli terhadap ajarannya telah membuatnya mendapatkan banyak pujian dari umat Islam.

Mukjizat-mukjizat yang telah dilakukannya pun semakin meningkatkan kepercayaan umat Islam terhadapnya. Walaupun nama Nabi Zulkifli hingga saat ini masih belum begitu dikenal oleh umat Islam modern, ia tetap berkontribusi besar dalam mempromosikan ajaran Islam.

Ajaran-ajaran yang telah dipopulerkannya seperti kesederhanaan, kesederhanaan, kasih sayang, kerohanian, dan juga keadilan sosial sangat berarti bagi umat Islam. Pendidikan yang diberikannya dalam bidang teologi pun menginspirasi banyak orang untuk memperdalam ilmu mereka tentang agama.

Info wajib baca: 5 Kisah Para Nabi dan Rasul yang Dapat Kamu Teladani | Pas Dibaca di Bulan Ramadan

Mukjizat Nabi Zulkifli

Mukjizat Nabi Zulkifli
Source: Tribun Jateng

Sama seperti nabi-nabi lainnya, Nabi Zulkifli memiliki beberapa mukjizat yang juga diceritakan dalam Al-Qur’an. Berikut adalah beberapa mukjizat Nabi Zulkifli:

1. Memiliki sifat sabar yang tiada tara

Nabi Zulkifli dikenal sebagai salah satu nabi yang memiliki kesabaran luar biasa. Kesabarannya ini juga ditulis dalam Surat Al-Anbiya ayat 85-86 yang memiliki arti:

Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.Kami telah memasukkan mereka kedalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh.” (Q.S An-Nabiya 85-86)

Suatu hari, iblis mencoba untuk menguji kesabaran Nabi Zulkifli dengan mulanya menyamar menjadi seorang kakek tua yang renta. Iblis pun datang ke rumah Nabi Zulkifli pada siang hari. Padahal, siang hari adalah waktu di mana Nabi Zulkifli beristirahat karena malamnya ia tidak bisa istirahat melainkan melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Mengetahui kedatangan kakek tua itu, Nabi Zulkifli terbangun dari tidurnya dan menanyakan maksud kedatangan si kakek. Iblis yang menyamar menjadi kakek tua tersebut mengaku bahwa ia merupakan orang yang teraniaya. Iblis mengarang cerita bagaimana ia merupakan korban penganiayaan sampai waktu istirahat Nabi Zulkifli habis dan harus kembali bekerja.

Nabi Zulkifli pun meminta si kakek untuk kembali lagi pada waktu sore. Namun, si kakek tidak muncul dan baru kembali mendatanginya keesokan harinya pada waktu siang dan mengambil waktu istirahat Nabi Zulkifli lagi. Setelah melakukannya berulang kali, iblis pun mengakui siapa dirinya yang sebenarnya dan tujuannya yang ingin menggoda kesabaran Nabi Zulkifli namun gagal karena Nabi Zulkifli tak pernah sekalipun marah kepada si kakek meskipun telah mengganggu waktu istirahatnya.

2. Mukjizat Nabi Zulkifli: Doanya selalu dikabulkan oleh Allah

Karena kesabaran, kejujuran, dan sikapnya yang selalu menetapi janji, maka Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Zulkifli berupa setiap doanya yang selalu dikabulkan oleh Allah SWT. Kesabaran Nabi Zulkifli ini juga disebut dalam firman Allah SWT. Surat Sad Ayat 48 yang memiliki arti “Dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa, dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik.

Salah satu doa Nabi Zulkifli yang terkabul ialah pada saat melakukan perang bersama para pengikutnya. Pada saat itu, jumlah pasukan Nabi Zulkifli bisa terbilang sedikit dibandingkan dengan jumlah pemberontak yang sangat banyak. Namun, atas izin Allah SWT. Nabi Zulkifli dan para pengikutnya memenangkan perang tersebut tanpa ada satu orang pun yang tewas.

3. Diangkat menjadi raja

Mukjizat lain yang dimiliki oleh Nabi Zulkifli semasa hidupnya ialah ketika diangkat menjadi raja. Kisah ini diawali saat Nabi Zulkifli menyanggupi persyaratan menjadi raja selanjutnya setelah Nabi Ilyasa yang pada saat itu telah memasuki usia tua.

Nabi Ilyasa pun membuat pengumuman dan mengumpulkan para pengikutnya. Dalam pengumuman tersebut, Nabi Ilyasa berkata barang siapa yang sanggup memenuhi ketiga syarat darinya, maka akan diangkat menjadi raja selanjutnya untuk menggantikannya. Ketiga syarat tersebut meliputi berpuasa pada siang hari, bangun pada malam hari, dan tidak mudah marah.

Mendengar hal tersebut, Nabi Zulkifli berdiri dan mengatakan bahwa ia sanggup. Namun, Nabi Ilyasa belum langsung mengambil keputusan. Keesokannya, Nabi Ilyasa melakukan pengumuman yang sama dan Nabi Zulkifli kembali berdiri dan menyatakan kesanggupan atas syarat-syarat tersebut.

Pada akhirnya, Nabi Ilyasa pun mengangkat Nabi Zulkifli sebagai raja selanjutnya. Hal ini merupakan salah satu mukjizat Nabi Zulkifli dari Allah SWT.

Info wajib baca: Kisah Nabi Nuh Singkat dan Pelajarannya


Itu tadi pembahasan terkait sosok Nabi Zulkifli dan mukjizat yang ia miliki semasa hidupnya. Dari penjelasan di atas, umat muslim dapat mencerminkan sifat sabar dan pantang menyerah dalam berdoa kepada Allah SWT dari kisah Nabi Zulkifli. Meskipun sabar merupakan salah satu hal yang sangat sulit dijalani oleh manusia, namun ganjaran Allah SWT. terhadap orang-orang yang sabar juga luar biasa hebatnya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Solo Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare