...
ceramah singkat tentang sabar
5-min read

3 Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar | Kamu Bisa Terapkan untuk Hadapi Cobaan Puasa!

ceramah singkat tentang sabar

Butuh stok sabar? Baca dulu contoh ceramah singkat tentang sabar berikut ini!

Masalah tertentu akan hadir dalam hidup setiap manusia. Namun, cara menghadapi masalah setiap orang berbeda-beda, salah satu caranya adalah dengan bersabar. Banyak orang yang bilang kalau sabar adalah hal yang mudah diucapkan, tapi sulit untuk dilakukan. Kadang juga bukan bawaan dari zodiak paling sabar. Betul?

Ya, mungkin perkataan tersebut ada benarnya, gaes. Sebab sifat sabar merupakan sifat yang harus kita pelajari. Dengan bersabar dapat memberikan nilai sendiri terhadap seseorang dalam menghadapi masalah.

Bahkan di dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang sabar. Seperti surat Al-Baqarah berikut ini.

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوااسْتَعِيْنُوْابِالصَّبْرِوَالصَّلٰوةِۗاِنَّاللّٰهَمَعَالصّٰبِرِيْنَ

Yā ayyuhal-lażīna āmanusta‘īnū biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh(ti), innallāha ma‘aṣ-ṣābirīn(a).

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153).

Karena pentingnya sifat sabar, maka sebaiknya kamu menyimak contoh ceramah singkat tentang sabar berikut ini, yuk!

Info wajib baca: 3 Contoh Ceramah Singkat tentang Ilmu, Yuk Pahami Wajibnya Menuntut Ilmu!

Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar 

ceramah singkat tentang sabar
Source: Masagipedia

Berikut adalah contoh-contoh ceramah singkat tentang sabar yang dapat kamu pahami, ya.

1. Contoh pertama ceramah singkat tentang sabar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ هَدٰىنَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَآ اَنْ هَدٰىنَا اللّٰهُ لَقَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۗ وَنُوْدُوْٓا اَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ اُوْرِثْتُمُوْهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Alhamdulillahilladzi hadana lihadza, wa ma kunna linahtadiya laula an hadanallah, laqodja at rusulu robbina bil haq. Wa nuduw an tilkumul jannatu uwristumuwha bima kuntum ta’maluwn. 

Pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita segala kenikmatan. Dari mulai nikmat iman, nikmat sehat, nikmat sempat, dan nikmat-nikmat lainnya sehingga kita semua bisa berkumpul di sini. 

Tidak lupa, sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang telah membimbing kita dengan sunah-sunahnya.

Dan juga kepada Bapak-bapak, ibu-ibu, dan para hadirin sekalian yang telah menyempatkan diri untuk hadir di sini. Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit ceramah agama ataupun nasihat agama tentang kesabaran.

Sudah kita ketahui bersama bahwa kesabaran itu merupakan suatu sifat mulia yang wajib ada pada diri manusia. Sabar merupakan kewajiban yang harus kita kerjakan. Seperti firman Allah sudah dalam surat Ar-Ra’d berikut:

وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ 

Wal-lażīna ṣabarubtigā’a wajhi rabbihim wa aqāmuṣ-ṣalāta wa anfaqū mimmā razaqnāhum sirraw wa ‘alāniyataw wa yadra’ūna bil-ḥasanatis-sayyi’ata ulā’ika lahum ‘uqbad-dār(i).

Artinya: orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik). (QS. Ar-Ra’d: 22).

Kenapa Allah memerintahkan kita untuk bersabar? Karena Allah memberikan kewajiban ibadah kepada kita, Allah juga memberi beberapa cobaan tujuannya yaitu Allah ingin mengetahui bagaimana kualitas keimanan kita, Allah juga ingin mengetahui bagaimana kualitas Islam kita Apakah hanya baik dalam ucapan saja atau selalu konsisten selalu ibadah kepada Allah.

Allah juga menjanjikan pahala yang besar bagi hambanya yang sabar, seperti pada ayat berikut ini.

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Mā ‘indakum yanfadu wa mā ‘indallāhi bāq(in), wa lanajziyannal-lażīna ṣabarū ajrahum bi’aḥsani mā kānū ya‘malūn(a). (QS An-Nahl: 96).

Artinya: Apa yang ada di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Kami pasti akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang selalu mereka kerjakan.

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan, apabila ada perkataan yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

2. Contoh kedua ceramah singkat tentang sabar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini kita dapat bertemu dan berkumpul bersama-sama.

Jika tanpa nikmat-Nya, kita tidak akan dapat berkumpul dan mendengarkan ceramah pada kesempatan ini yaitu tentang sabar.

Keutamaan orang yang sabar yaitu banyak sekali, yang pertama orang yang bersabar itu akan diberi pahala yang sangat besar, yang kedua Allah mencintai orang-orang yang bersabar, dan yang ketiga Allah beserta orang-orang yang bersabar.

Umpama kita mendapat cobaan dari Allah itu masih lebih ringan daripada cobaan yang menimpa orang-orang terdahulu. Orang-orang iman terdahulu, para nabi dan para sahabat itu mendapat cobaan yang sangat besar.

Apalagi sudah kita kaji bersama bagaimana para nabi para rasul menghadapi berbagai cobaan.

Contohnya Nabi Ayub, yang menderita sakit sampai 18 tahun kurang lebih. Tidak hanya itu, istri beliau juga pergi, anak-anak beliau berjumlah 14 anak diwafatkan oleh Allah. Melihat cobaan besar yang dialami oleh Nabi Ayub Alaihissalam tentunya kita masih merasa ringan dibandingkan dengan yang beliau terima.

Kita mungkin diberi cobaan sakit, itu pun hanya beberapa hari, kemudian Allah berikan kesembuhan.

Sehingga untuk menambah kesabaran kita, supaya kita tidak marah, supaya kita tidak mengeluh yaitu dengan cara kita melihat bagaimana musibah ataupun cobaan yang dialami oleh para nabi para rasul. Dengan hal itu kita bisa bersyukur kepada Allah. 

Umpama mendapat cobaan, kita bisa ridho, bisa bersyukur, dan husnudzon dengan cobaan yang menimpa kepada kita. Di samping itu dengan Allah memberi cobaan, berarti Allah cinta pada kita.

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan, apabila ada perkataan yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Info wajib baca: 8 Tempat Bukber di Malang yang Murah dan Nyaman | Cocok Buat Reuni Kecil-kecilan Juga

Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar dan Syukur

ceramah singkat tentang sabar
Source: Freepik (Wirestock)

Tidak lengkap rasanya jika membahas sabar tanpa syukur, maka berikut merupakan contoh ceramah singkatnya.

3. Contoh pertama ceramah singkat tentang sabar dan syukur

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Puji Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan sampai hari ini. Shalawat dan doa selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw beserta keluarga, para sahabat dan umatnya hingga akhir zaman. 

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah ceramah yang berjudul “Bersyukur kepada Allah SWT”. Sebelum itu, terdapat nasehat tentang sabar yang ingin saya sampaikan.

Secara garis besar, sabar terdiri atas tiga macam. Di antaranya yaitu:

-Pertama adalah sabar di dalam menepati perintah dari Allah. Apapun cobaannya, di manapun berada, kapanpun, dan bagaimanapun keadaan kita supaya sabar dalam menetapi kewajiban ibadah kepada Allah. 

-Kedua adalah sabar dalam menjauhi larangan dari Allah. Sabar menjauhi keharaman-keharamannya, meskipun kita ini ada kesempatan untuk berbuat maksiat, ada kesempatan untuk berbuat dosa. Namun kita paham bahwa itu adalah dosa, itu melanggar, itu maksiat. Maka dengan kita menjauhi hal-hal tersebut itu termasuk bagian dari kesabaran.

-Ketiga adalah sabar dalam menghadapi cobaan dari Allah.

Hadirin yang berbahagia, syukur mempunyai makna yaitu berterima kasih dan menerima dengan sepenuh hati akan anugerah atau nikmat yang allah berikan kepada kita. 

Kita tidak akan bisa menghitung, mengira berapa banyak nikmat yang Allah berikan, mulai dari nikmat kesehatan, nikmat iman, nikmat masih bisa berfikir dan berbagai nikmat lagi yang tak bisa kita hitung satu persatu. 

Namun yang menjadi permasalahannya adalah mengapa kita tidak bisa bersyukur akan semua nikmat yang Allah berikan? dan mengapa kita selalu berfikir bahwa nikmat itu berupa materi / uang.

Pemikiran seperti ini sebenarnya sangat lah salah dan fatal, karena apabila kita berpikir seperti ini berarti kita termasuk orang yang kufur.

Maka dari itu apabila kita tidak ingin masuk ke dalam golongan orang orang yang kufur itu maka hendaknya kita bersyukur. 

Dampak positif dari bersyukur: 

1. Menghilangkan rasa sombong dan angkuh. 

2. Menyadarkan diri bahwa semua yang dimiliki adalah kepunyaan Allah Semata. 

3. Menyadarkan diri bahwa kita lebih beruntung dari pada orang lain. 

4. Membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. 

Apabila kita tidak ingin kufur maka kita jangan pernah sekali-kali memandang ke atas kita tapi cobalah kita memandang kebawah karena dari situlah kita akan tersadar bahwa seberuntungnya kita dibanding orang lain.

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan, apabila ada perkataan yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Dengan menyimak contoh ceramah singkat tentang sabar tadi, semoga bisa membuat kamu memetik banyak pelajaran tentang pentingnya sifat sabar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare