...
kisah para nabi
5-min read

5 Kisah Para Nabi dan Rasul yang Dapat Kamu Teladani | Pas Dibaca di Bulan Ramadan

kisah para nabi

Ada banyak kisah para nabi yang menarik untuk dibahas dan diteladani, nih.

Nabi dan rasul merupakan sosok yang dijadikan suri teladan bagi umat Islam. Semua tingkah laku dan kebaikan semasa hidup nabi maupun rasul pantas dijadikan contoh setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist telah memuat berbagai kisah nabi tentang kehidupan masa lalu sebagai pembelajaran kepada umat manusia. Berbagai kisah nabi tersebut tentunya sangat menarik untuk dipelajari. 

Untuk mengetahui beberapa kisah tentang nabi dan meningkatkan wawasan kamu tentang kehidupan nabi, yuk, simak artikel ini sampai habis, ya.

Info wajib baca: 3 Contoh Ceramah Singkat tentang Sabar | Kamu Bisa Terapkan untuk Hadapi Cobaan Puasa!

Pengertian Nabi 

kisah para nabi
Source: Lombok Insider

Secara etimologi, kata ‘Nabi’ berasal dari kata naba yang berarti ‘dari tempat yang tinggi’. Adapun pengertian nabi secara umum yaitu Hamba Allah SWT yang mendapat keutamaan berupa wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri.

Sementara rasul berasal dari kata “risala” yang berarti penyampaian. Dapat disebut bahwa rasul adalah seorang penyampai, atau nabi yang mendapatkan wahyu serta wajib menyampaikannya. Rasul sudah tentu nabi, tapi setiap nabi belum tentu merupakan rasul.

Jumlah seluruh nabi sangat banyak sehingga tak terhitung. Namun dalam Islam, kita wajib mengimani 25 nabi dan rasul.

Mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad, memiliki kisah yang bisa menjadi suri teladan bagi manusia. Masing-masing nabi memiliki riwayat dan ceritanya yang penuh perjuangan dalam menegakkan ajaran Islam.

Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari keteladanan para nabi. Dengan mempelajarinya dan meniru kebaikannya tentu akan membuat seseorang jadi manusia yang lebih baik.

5 Kisah Para Nabi dan Rasul

kisah para nabi
Source: Orami

Berikut merupakan lima kisah nabi yang dapat kamu petik pelajaran dan hikmahnya.

1. Nabi Adam

Kisah Nabi Adam menceritakan nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan Allah SWT, dan kemudian menghuni bumi untuk pertama kalinya juga. Nabi Adam tercipta dari tanah dan Allah memuliakannya dengan memberinya mukjizat pengetahuan tentang semesta. 

Mukjizat pengetahuan yang dimiliki Nabi Adam diterangkan pula dalam Alquran, “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya” (QS Al Baqarah : 31). 

Setelah Nabi Adam, Allah menciptakan Hawa yang kemudian menjadi istrinya. Keduanya tinggal di surga, namun karena bujukan iblis, Adam dan Hawa memakan buah khuldi yang sebenarnya telah dilarang oleh Allah. Meski sudah bertobat, Allah tetap memerintahkan mereka turun ke bumi. 

Kisah Nabi Adam mengandung banyak pelajaran berharga. Terutama tentang nilai ketaatan kepada Yang Maha Kuasa. Mulai dari kisah Nabi Adam dan Siti Hawa di langit. Hingga kisah mereka di bumi beserta anak-anaknya. Nilai ketaatan seorang hamba kepada Sang Pencipta banyak terkandung di dalam ceritanya.

2. Nabi Idris

api
Source: Pexels

Nabi Idris adalah keturunan keenam Nabi Adam yang terkenal dengan kecerdasannya. Nama Idris berasal dari kata ‘Darasa’ yang berarti belajar. Sebab, Nabi Idris dikenal sebagai sosok yang sangat gemar belajar dan suka mengamati fenomena alam semesta. 

Nabi Idris juga dikenal dengan sebutan Akhnukh bin Yarid. Beliau dilahirkan dari seorang perempuan bernama Iqlima.

Selama 345 tahun Nabi Idris hidup di dunia, Nabi Idris diutus oleh Allah SWT untuk menyebarkan agama di Babilonia, Irak Kuno. Namun, akhirnya beliau hijrah ke Mesir karena penduduk Babilonia tidak bisa menerima apa yang telah ia ajarkan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, Nabi Idris dikenal sebagai orang yang gemar bertasbih kepada Allah. Ia juga selalu melakukan berbagai keterampilan seperti belajar, menulis, dan menjahit. Keterampilan-keterampilan itu kemudian ia ajarkan kepada kaumnya.

Mukjizat Nabi Idris yang diberikan Allah lainnya adalah bisa melihat Surga dan Neraka. Begitu terpesonanya Nabi Idris saat melihat surga dan pingsan tatkala melihat dahsyatnya api neraka. 

3. Nabi Nuh 

Nabi Nuh merupakan salah satu nabi  yang masuk golongan Ulul Azmi. Ulul Azmi sendiri adalah sebuah gelar khusus bagi golongan rasul pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa. Semasa dakwahnya, Nabi Nuh mendapatkan banyak tantangan dan penolakan, termasuk dari anak dan istrinya.

Allah mengutus Nabi Nuh untuk berdakwah kepada kaum Bani Rasib. Mereka merupakan kaum yang menyembah patung dan berhala. Setelah berdakwah selama 500 tahun, hanya sedikit dari kaum Bani Rasib yang mengikuti ajakan Nabi Nuh untuk memeluk Islam. Bahkan anak dan istri beliau pun ikut membangkang.

Suatu hari Nabi Nuh menerima perintah dari Allah untuk merakit sebuah kapal. Tapi kaum Bani Rasib malah menghina dan menganggap beliau tidak waras.

Nabi Nuh yang sudah menahan kesabaran luar biasa ini pun akhirnya berdoa. Beliau berdoa agar kaum Bani Rasib yang begitu angkuh dan zalim dilenyapkan. Kemudian setiap makhluk baik orang-orang yang beriman maupun binatang naik ke kapal.

Sedangkan, atas izin Allah SWT, kaum Bani Rasib binasa ditelan banjir, termasuk anak istri Nabi Nuh yang membangkang juga ikut binasa.

4. Nabi Ibrahim 

Nabi Ibrahim merupakan satu di antara nabi yang kisahnya banyak diceritakan dalam Al-Qur’an. Beliau juga merupakan salah satu rasul Ulul Azmi.

Pertama, ketika beliau berdakwah kepada kaumnya yang menyembah berhala. Bahkan ayah beliau pun adalah seorang penyembah berhala.

Namun, seruan Nabi Ibrahim tidak dihiraukan oleh kaumnya. Meski sudah berkali-kali diajak untuk menetapi agama Islam, namun mereka tetap ingkar.

Kisah kedua adalah tentang perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Ibrahim mendapatkan perintah untuk menyembelih anaknya melalui mimpi. Di mana beliau telah menunggu sekian tahun lamanya untuk dikaruniai seorang anak.

domba
Source: Orami

Namun dengan ketakwaannya, beliau ikhlas untuk melaksanakan perintah Allah. Begitupun Nabi Ismail, yang selalu meyakinkan ayahnya.

Dan atas izin Allah, saat Nabi Ismail hendak disembelih, ia tiba-tiba diganti oleh domba yang berasal dari surga. Ini merupakan buah dari kesabaran dan ketakwaan Nabi Ibrahim. Kisah inilah yang menjadi pembelajaran bagi umat Muslim untuk melakukan qurban.

Ketiga adalah ketika Ibrahim dibakar oleh Raja Namrud. Namun atas pertolongan Allah, api yang berkobar begitu panas, justru terasa dingin saat menyentuh kulit Nabi Ibrahim.

Info wajib baca: 5 Tempat Bukber di Padang | Dari Cafe sampai Restoran!

5. Nabi Muhammad

Sangat banyak kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW baik yang terdapat di Al-Qur’an maupun Al-Hadist. Mukjizat terbesar Nabi Muhammad yaitu mendapatkan wahyu Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Kesabaran dan keteguhan Nabi Muhammad dalam berdakwah juga sangat luar biasa, dan nabi Muhammad juga menjadi rasul Ulul Azmi yang terakhir.

Nabi Muhammad memulai dakwahnya secara terang-terangan pada keluarga paling dekat yaitu kalangan Bani Hasyim. Hanya Ali bin Abu Thalib yang mau menerima dan memutuskan untuk beriman kepada Allah.

Dakwah secara terang-terangan ini selalu mendapatkan pertentangan oleh kaum Quraisy. Bahkan tak jarang orang menuduh Nabi Muhammad gila dan melemparkan kotoran ke tubuh Nabi. Tidak hanya itu, Abu Jahal dan Abu Lahab sebagai pamannya juga ikut menentang Rasul selama berdakwah.

Kesabaran beliau patut dijadikan teladan bagi manusia, pasalnya beliau sama sekali tak pernah menyimpan dendam. Meski kerap diperlakukan buruk oleh kaum beliau di masa itu. Namun, Nabi Muhammad tetap bersabar dan tidak pernah membalas perlakuan mereka.

Banyak kisah yang diceritakan tentang bagaimana orang-orang yang masuk Islam, tak jarang awalnya adalah mereka yang sangat membenci Nabi Muhammad. Salah satunya kisah seorang nenek yang kala itu sedang bersusah payah membawa beban.

Saat melihatnya, Nabi langsung membantu nenek tersebut. Tapi, sepanjang perjalanan, nenek tersebut hanya menjelek-jelekan tentang Nabi Muhammad. Ia tak sadar bahwa yang lagi menolongnya adalah Nabi yang sedang ia jelekan. Pada akhirnya Nabi tetap mendengarkan ocehan nenek tersebut tanpa berkata apa-apa.

Nabi Muhammad merupakan nabi terakhir sekaligus penutup. Tak ada lagi nabi lain setelah Nabi Muhammad wafat.


Dengan menyimak kisah para nabi dan rasul tadi, semoga kamu bisa memetik banyak pelajaran dan meniru kebaikannya, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Depok Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare