...
contoh puisi akrostik
5-min read

Merangkai Kata Indah dengan Unik: Pengertian serta Contoh Puisi Akrostik

contoh puisi akrostik

Pernah liat orang main games bikin puisi dari huruf depan sebuah kata? Itu adalah salah satu contoh puisi akrostik!

Apakah kamu pernah mendengar tentang puisi akrostik? Sebuah bentuk puisi yang mampu merangkai kata-kata dengan indah, tapi dengan cara penulisan dan perangkaian yang cukup unik, lain dari biasanya!

Kali ini, Kostmin akan membahas soal puisi akrostik, mulai dari pengertiannya hingga beberapa contoh-contohnya yang bisa jadi referensi kamu. Siap mencoba merangkai kata indah dengan cara yang unik?

Apa itu Puisi Akrostik?

Puisi akrostik adalah bentuk sastra yang menggunakan teknik penyusunan kata atau kalimat dari huruf awal atau awal kata-kata pada setiap baris puisi untuk membentuk kata, kalimat, atau nama tertentu.

Dalam puisi ini, huruf-huruf awal tersebut, ketika dibaca secara vertikal dari atas ke bawah, akan membentuk pesan atau makna tambahan yang terkait dengan isi puisi tersebut.

Bentuk puisi ini sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan tersembunyi, menyanjung seseorang, atau mengekspresikan perasaan melalui penggunaan kata-kata dengan cara yang kreatif.

Puisi akrostik sering ditemukan dalam kartu ucapan, puisi ulang tahun, atau bahkan dalam puisi-puisi dengan tema yang lebih kompleks. Bahkan jenis puisi ini juga sering kali dijadikan permainan, tuh, di mana seseorang harus bikin puisi dari sebuah kata acak.

Cara Membuat Puisi Akrostik

contoh puisi akrostik
Source: Merdeka.com

Puisi aktrostik punya daya tarik tersendiri, terlebih lagi gaya penulisannya yang cenderung nggak biasa karena kalimatnya harus dimulai dari setiap huruf dari judul puisi tersebut. Dilansir dari laman web Bukunesia, berikut cara membuat puisi akrostik yang bisa kamu coba!

1. Memilih dan menentukan kata pada judul

Tahap pertama dalam membuat sebuah contoh puisi akrostik adalah menentukan judul puisi yang berupa kata, dan umumnya judul dari puisi ini adalah satu kata. Kata ini perlu ditentukan di awal untuk memudahkan proses menjabarkan setiap hurufnya menjadi isi puisi.

Misal “CINTA”, “BUNGA”, atau nama orang lain, bahkan nama kita sendiri pun sebenarnya bisa jadi puisi akrostik, lho.

2. Susun judul secara vertikal

Nah, kalo kamu udah menentukan satu kata yang bakal kamu pake sebagai judul, maka tahap berikutnya adalah menyusunnya secara vertikal. Kamu bisa urutin huruf-huruf dari kata tersebut dari atas ke bawah atau dibalik untuk membuat akrostik terbalik.

3. Isi setiap baris puisi sesuai huruf depan yang sudah disusun

Udah disusun secara vertikal? Langkah selanjutnya yang harus kamu lakuin adalah mengisi setiap baris yang diawali dari huruf yang membentuk judul puisi. Gunakan kata yang tepat, sehingga makna puisi tetap terbentuk dan mudah dipahami oleh pembaca.

Misal jika kamu membuat puisi dengan judul “AWAN”, maka huruf bagian depan dari setiap baris kalimat pada puisi akrostik kamu harus diambil dari kata “AWAN” secara berurutan, sebagai berikut

A

W

A

N

Info wajib baca: Mewakili Rasa Terima Kasih: Puisi untuk Orang Tua yang Harus Dibacakan

4. Pakai diksi yang tepat

Jika kata yang kamu gunakan untuk membuat puisi terkesan terlalu pendek atau sebaliknya, maka bisa coba cari diksi atau bisa disebut sinonim (persamaan kata). Sehingga maknanya tetap sama meskipun memakai kata yang berbeda.

5. Cek ulang

Kenapa harus dicek ulang, Min? Tujuan dalam mengecek ulang puisi kamu yaitu agar bisa sesuai dengan keinginan dan harapan. Sekaligus mengecek juga apakah susunan kata yang kamu gunakan sudah tepat sesuai akrostik dan juga sesuai makna yang ingin disampaikan atau belum.

Kalau merasa belum bagus, kamu bisa coba mengganti bagian yang menurut kamu kurang pas dengan kata lain.

Contoh-Contoh Puisi Akrostik

contoh puisi akrostik
Source: Sonora.id

Masih belum ‘ngeh’ juga sama puisi yang satu ini? Kalo kamu suka nonton acara-acara TV, terutama variety show Korea, pasti pernah nemuin saat di mana sang bintang tamu diminta untuk merangkai sebuah puisi dari kata yang diberikan oleh presenter.

Siapa sangka kalau itu adalah salah satu contoh dari puisi akrostik? Buat kamu yang belum paham atau yang mau coba bikin, simak beberapa contohnya, yuk. Mulai dari puisi akrostik bebas sampai contoh puisi akrostik nama.

1. Contoh puisi akrostik: RINDU

Rasa pilu menghantui setiap mimpi indahku

Ingin rasanya aku menggapai paras cantikmu

Namun apalah daya tangan tak kuasa

Di mana aku bisa menggapaimu kembali

Untuk bersimpuh di kakimu

2. Contoh puisi akrostik: CINTA

Cintaku padamu sangat besar

Ingin kubahagiakan dirimu sampai kapan pun

Namamu selalu terngiang-ngiang

Tanpa pernah sedikit pun terlupakan

Aku benar-benar tulus mencintaimu sayang

3. Contoh puisi akrostik nama: RAHMA

Rona wajahmu menyejukkan hati

Alunan suara lembut bagai melodi

Hati yang penuh cinta dan kebijaksanaan

Menyapa dengan senyum, tak pernah pudar

Adil dalam bertindak, bijaksana dalam kata-kata

Info wajib baca: 12 Contoh Geguritan dengan Tema Pendidikan beserta Maknanya | Singkat tapi Menginspirasi

4. Contoh puisi akrostik nama: MAYA

Menyusuri alam dalam khayalan

Aku terbang bebas di angkasa biru

Yakinkan diri, mimpi tak terhalang

Angan-angan indah, hati selalu bersemu

5. Contoh puisi akrostik nama: DIAN

Dalam senyummu, kala haru menjelma

Indah sinarmu menerangi dunia

Adil dalam sikap, tak pernah berprasangka

Namamu terukir dalam hati, selalu terjaga


Nah, sekarang kamu bisa menuangkan idemu nggak cuma dalam bentuk puisi biasa, tapi dalam bentuk puisi akrostik yang unik, bahkan bisa dijadikan kado puisi untuk guru! Selain itu, kamu juga bisa membaca cerpen Bahasa Indonesia di waktu luang jika ingin mencari inspirasi.

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare