...
contoh rundown acara
5-min read

Cari Contoh Rundown Acara? Yuk, Intip di Sini!

contoh rundown acara

Cek contoh rundown acara yang bisa kamu jadikan referensi di sini, yuk!

Siapa, sih, yang nggak mau acaranya berjalan dengan lancar? Pasti semua orang yang sudah pernah menyelenggarakan sebuah acara baik yang besar maupun kecil, ingin acaranya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan, kan?

Nah, ada, nih, satu hal yang harus diperhatikan kalau mau acara berjalan dengan lancar. Kalau kamu menjadi panitia, membuat rundown acara sangatlah penting agar acara dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Namun, seringkali kita masih kebingungan dalam menentukan format dan struktur yang tepat. Nah, jangan khawatir! Di dalam artikel ini akan ada beberapa contoh rundown acara yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Apa itu Rundown Acara?

contoh rundown acara
Source: Freepik

Apa itu rundown acara? Rundown acara adalah daftar kegiatan yang akan diselenggarakan selama suatu acara. Rundown membantu para panitia dan peserta acara untuk mengetahui secara detail apa yang akan terjadi selama acara berlangsung sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Lebih spesifiknya, rundown acara adalah daftar kegiatan yang akan dilakukan selama acara berlangsung. Rundown acara biasanya dibuat oleh panitia acara dan dijadikan panduan untuk seluruh tim yang terlibat dalam acara.

Dengan membuat rundown acara, kamu bisa menentukan urutan kegiatan yang akan dilakukan, waktu pelaksanaannya, dan siapa yang akan melakukannya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan catatan tambahan seperti hal-hal yang perlu diperhatikan selama acara berlangsung.

Pentingnya Membuat Rundown Acara

Membuat rundown acara adalah salah satu tugas utama para panitia dan penyelenggara sebuah acara. Rundown sendiri adalah daftar urutan kejadian yang akan dilakukan dalam suatu acara, dari awal hingga selesai.

Ada beberapa alasan kenapa membuat rundown acara sangat penting. Pertama, dengan membuat rundown, kamu bisa memastikan bahwa setiap elemen acara tertata dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kedua, membuat rundown juga bisa membantu kamu dalam mengelola anggaran acara yang diselenggarakan. Ketiga, dengan membuat dan mengedit rundown secara teratur, kamu dapat mengurangi stres ketika harus menyiapkan sebuah acara.

Kalau nggak ada rundown, acara yang kamu gelar kemungkinan besar bakal berantakan dan pembawa acara beserta para tamu akan kebingungan. Oleh karena itu, membuat rundown sangat penting buat kamu-kamu yang ingin menyelenggarakan sebuah acara.

Langkah Demi Langkah Membuat Rundown Acara

Sebelum membuat sebuah rundown untuk acara kamu, ada baiknya kamu perhatikan langkah-langkah berikut ini biar rundown yang dibuat nggak berantakan!

  1. Kamu harus memiliki gambaran keseluruhan dari acara tersebut. Untuk mendapatkan gambaran ini, buatlah sebuah garis besar atau kerangka dari acara yang bakalan kamu buat. Buat dengan menyertakan semua elemen penting dari acara, seperti waktu dan tempat acara, jenis acara, apa yang akan dilakukan, siapa yang akan menghadiri acara, dan lain-lain.
  2. Tentukan tempat dan waktu dimana acara akan diselenggarakan. Misalnya, kalau ingin mengadakan sebuah seminar, maka pilihlah ruangan yang cocok untuk seminar, serta waktu mulai misalnya jam 10 pagi.
  3. Setelah itu, atur urutan jam terkait apa saja yang dilakukan di segmen tersebut. Misal, ada ice breaking bersama mc selama 5 menit setelah menyampaikan materi, atau isoma (istirahat, sholat, dan makan) ketika sudah waktunya untuk sholat bagi umat muslim, hingga jam berapa selesainya acara tersebut.
  4. List para panitia yang bertanggung jawab di setiap segmen, misal untuk pembukaan ada mc, kalau acara kamu menghadirkan bintang tamu, catat siapa yang bertugas memberitahukan bintang tamu untuk bersiap sebelum tampil.
  5. Terakhir, cek kembali rundown yang sudah kamu buat, jangan luupa berdiskusi ulang dengan panitia yang lain terkait rundown yang sudah dibuat agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Info wajib baca: 5 Outfit Kondangan Hijab yang Simpel | Ada Tips Tampil Maksimal

Catatan Penting Saat Membuat Rundown Acara

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat rundown acara, salah satunya adalah urutan kegiatan. Urutan acara yang tertata dengan baik akan membuat acara berjalan lancar dan menghindari kekacauan.

Selain itu, jadwal acara juga perlu disiapkan sebelumnya agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Jika kamu mau membuat rundown acara sendiri, sebaiknya mencari contoh rundown acara untuk referensi.

Ngomong-ngomong soal referensi, di bawah ini ada beberapa contoh rundown acara yang dapat kamu jadikan referensi untuk membuat rundown yang tepat agar acara berjalan dengan lancar. Simak sampai habis, ya!

Contoh Rundown Acara yang Baik dan Tepat

Pada dasarnya, rundown acara adalah daftar kegiatan yang akan dilakukan selama suatu acara. Biasanya, rundown acara disusun berdasarkan urutan kegiatan, mulai dari acara utama hingga acara penutup. Selain itu, rundown acara juga mencakup waktu dan tempat dimana setiap kegiatan akan dilakukan.

Oleh karena itu, membuat rundown acara yang baik dan detail sangat penting biar seluruh kegiatan berjalan lancar sesuai dengan rencana. Berikut adalah contoh rundown acara yang baik, dan mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Acara musik

contoh rundown acara
Source: Detikcom

2. Acara malam keakraban

contoh rundown acara
Source: RomaDecade

Info wajib baca: 4 Ide Outfit Kondangan Pria dengan Kemeja Hitam, Kasual dan Elegan!

3. Acara pernikahan

pernikahan
Source: Detikcom

4. Acara seminar

seminar
Source: library.uii.ac.id

Rundown jadi salah satu elemen penting dalam sebuah acara, baik formal maupun informal. Dengan adanya rundown, acara yang diselenggarakan bakal berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, tanpa adanya sebuah halangan. Selain itu, rundown juga membuat acara menjadi lebih terorganisir dengan baik.


Dalam membuat sebuah acara, nggak cuma panitia atau tempat aja yang diperhatikan, susunan acara juga nggak kalah penting. Kalau nggak ada susunan acara atau rundown, acara yang sudah dipersiapkan bisa jadi berjalan tidak sesuai ekspektasi. Selain itu, kegiatan dalam acaranya jadi kurang jelas. Tentu nggak mau, kan, kalau hal itu sampai terjadi?

Beberapa contoh rundown acara di atas bisa jadi referensi buat kamu-kamu yang mau membuat sebuah acara. Jangan lupa perhatikan langkah-langkah pembuatan rundown agar susunan acara yang kamu buat semakin jelas, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare