...
outfit kondangan pria kemeja hitam
5-min read

4 Ide Outfit Kondangan Pria dengan Kemeja Hitam, Kasual dan Elegan!

outfit kondangan pria kemeja hitam

Outfit kondangan pria kemeja hitam ini bikin kamu nggak pake lama buat menghadiri pesta.

Saat menerima undangan pernikahan, sering kali kita bingung memilih outfit yang tepat untuk dipakai. Tak jarang juga, hal ini memakan waktu yang lama hingga mengakibatkan kita telat datang ke suatu acara.

Namun jangan khawatir! Kali ini, kamu nggak bakal telat ke acara kondangan lagi karena ada padu padan outfit kondangan pria dengan kemeja hitam yang akan membuatmu tampil elegan dan stylish saat menghadiri acara pesta. Simak terus artikel ini, ya!

Tips Mix and Match Outfit Kondangan Kemeja Hitam

Kondangan merupakan sebuah acara sosial yang sering dihadiri oleh orang dewasa. Selain batik, para pria biasanya mengenakan kemeja hitam saat menghadiri kondangan. Agar tampilan kamu lebih menarik, ada tips dan trik untuk padu padan outfit kondangan pria kemeja hitam.

1. Pilih material kemeja yang nyaman

Pertama-tama, perhatikanlah material dari kemejanya. Kemeja hitam terbaik adalah yang berbahan katun atau linen. Material ini nyaman digunakan dan tidak terlalu tebal sehingga cocok dipadukan dengan celana apa saja.

Jika kamu ingin terlihat lebih stylish, pilihlah kemeja hitam yang berdetail ruffle (ornamen kain yang dijahit kerut) atau jabot (aksesori leher). Detail tersebut akan memberikan nilai estetika tambahan terhadap outfit kondangan kamu.

2. Pemilihan warna celana

outfit kemeja hitam shawn mendes
Source: GQ

Kedua, ketika menentukan celana untuk dipadukan dengan kemeja hitam, pastikan untuk memilih warna yang benar-benar kontras dengan warna hitamnya agar outfitmu tidak terlihat monoton. Misalnya celana warna cokelat, navy blue, atau abu-abu.

Pemilihan warna celana tersebut juga penting sehingga kamu dapat lebih terlihat stand out dibandingkan jika menggunakan pakaian serbahitam (all black outfit) dari atas kepala hingga kaki. Namun, jika kamu tetap ingin menggunakan celana hitam, coba padukan blazer hitam namun dengan inner shirt (kemeja dalam) dengan warna yang kontras dan kasual misalnya seperti warna putih.

3. Penyesuaian aksesori

Kemeja hitam juga merupakan opsi yang sempurna untuk berbagai acara kondangan. Salah satu tips memakai kemeja hitam di kondangan selanjutnya agar tampak lebih anggun dan percaya diri adalah dengan menyesuaikan aksesori.

Untuk membuat outfit kondangan pria kemeja hitam lebih hidup, kamu bisa coba untuk menambahkan sentuhan warna dengan melengkapi dengan celana denim atau sepatu berwarna. Aksesori seperti ikat pinggang juga dapat menambahkan nilai estetika pada gayamu sehingga bisa tampil lebih percaya diri dan menarik dalam setiap acara kondangan yang kamu hadiri.

Selain aksesori seperti ikat pinggang, sepatu juga penting untuk mencocokkan outfit kamu. Sepatu loafers juga cocok dipadankan dengan kemeja hitam dengan celana semi-formal atau casual serta rompi panjang/jaket pendek saat acara resmi maupun tidak resmi.

Info wajib baca: 10 Inspirasi Outfit Kondangan Simple, Cantik Tanpa Ribet!

Rekomendasi Outfit Kondangan Pria Kemeja Hitam Kasual

Kalau kamu lebih suka tipe kasual, coba intip rekomendasi outfit berikut ini, yuk!

Ketika ada acara kondangan, sebagian besar pria akan mengenakan kemeja hitam dengan gaya yang santai. Untuk membuat penampilan kamu terlihat lebih menarik, kamu bisa memadukan kemeja hitam dengan jins atau celana chino yang nyaman dipakai.

Berikut beberapa rekomendasi outfit kondangan pria kemeja hitam kasual yang dapat kamu coba.

1. Kemeja hitam dengan celana kontras

Kemeja hitam dengan celana kontras
Source: Cianjur Ekspres – Jabar Ekspres

Rekomendasi outfit yang kedua ialah kemeja hitam dengan pemilihan warna celana yang kontras. Hal ini bertujuan agar membuat outfit kamu lebih berwarna.

Layaknya contoh foto, kamu bisa menggunakan aksesori seperti kacamata atau jam tangan yang dapat membuat tampilan kamu menjadi lebih keren dan menarik. Untuk outfit ini, kamu juga bisa menggunakan pantofel atau loafers berwarna hitam.

2. Kemeja hitam dengan rompi

Kemeja hitam dengan rompi
Source: AliExpress

Rekomendasi outfit pria dengan kemeja hitam yang pertama ialah dengan memadukannya dengan rompi. Kamu bisa memilih rompi seperti model di atas dengan warna yang lebih terang atau kontras.

Untuk menambahkan sifat elegan dalam konsep outfitnya, kamu juga bisa menggunakan aksesori tambahan seperti kacamata atau jam tangan. Sepatu loafers atau pantofel juga cocok untuk dipadukan dengan outfit ini.

3. Outfit kondangan pria, padu padan kemeja hitam dengan cardigan

Kemeja hitam dengan cardigan
Source: Lookastic

Perpaduan outfit berikutnya kamu dapat menggunakan kemeja hitam dengan luaran cardigan berwarna sedikit lebih cerah seperti navy blue misalnya. Pemakaian cardigan yang membalut kemeja tersebut akan memberikan kesan kasual pada outfit kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aksesori seperti yang ada di foto menggunakan ikat pinggang atau bisa juga jam tangan. Kamu dapat memilih pantofel atau loafers dengan warna yang cocok dengan bajum. Soal warnanya, sih, bisa dicocokkan dengan warna kemeja atau cardigan yang akan kamu pakai.

Info wajib baca: 6 Contoh Undangan Reuni Wajib Tahu untuk Panitia Acara Reunian

4. Blazer dan celana hitam dengan kemeja putih

 Blazer dan celana hitam dengan kemeja putih
Source: IDN Times

Rekomendasi outfit yang terakhir yaitu kamu bisa mencoba untuk memadukan blazer dan celana hitam dengan kemeja di dalamnya. Sebenarnya, kamu bisa memilih untuk menggunakan kemeja hitam atau putih untuk model outfit seperti di foto.

Tentunya antara warna hitam dan putih akan menampilkan kesan yang berbeda. Tampilan dengan kemeja putih ini akan menghindarkanmu dari konsep warna monoton akibat paduan warna hitam blazer dan celana. Selain itu, kamu juga bisa melepas kancing pada jas untuk menambah kesan kasual.

Untuk outfit ini, kamu bisa memakai sepatu loafers berwarna hitam atau cokelat untuk menambah kesan kasual. Gunakan juga aksesori tambahan seperti di foto yaitu kacamata atau aksesori lain seperti jam tangan.

5. Outfit kondangan pria dengan kemeja hitam sebagai outer

outfit kondangan pria kemeja hitam
Source: Shopee

Tidak hanya sebagai outfit tunggal, kamu bisa mengenakan kemeja hitam sebagai outer, lho. Di dalam kemeja hitam, kamu bisa menambahkan kaos yang rapi. Nah, padupadankan dengan celana bahan dan sepatu pantofel supaya kesan formal tetap terjaga.

Updated by Aziza


Itu dia beberapa rekomendasi paduan outfit kondangan untuk pria menggunakan kemeja hitam. Warna hitam pada pakaian selalu menjadi pilihan tepat untuk membuat outfit kamu tampak kasual, elegan, dan estetik sekaligus. Kalau kamu punya rekomendasi sendiri nggak buat mix and match outfit kondangan? Boleh coba tinggalkan komentar di bawah, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Semarang Murah

Info Kost Jakarta Timur Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bekasi Murah

Kost Manado Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare