...
contoh tari kreasi baru
5-min read

Contoh Tari Kreasi Baru Pola Tradisional dan Tanpa Pola | Dari Tari Merak hingga Break Dance

contoh tari kreasi baru

Break dance termasuk ke dalam salah satu contoh tari kreasi baru tanpa pola tradisional. Cari tahu jenis tari lainnya di sini

Tari telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia karena mewakili kekayaan dan keindahan yang dimiliki oleh bangsa ini. Namun, dalam perkembangannya, tarian juga mengalami evolusi dan memberikan ruang bagi kreativitas baru untuk berkembang.

Nah, salah satu bentuk hasil kreativitas tersebut adalah tari kreasi baru. Walaupun namanya belum begitu akrab di telinga, namun beberapa contoh tari kreasi baru pastinya sudah pernah kamu lihat sebelumnya.

Supaya makin kenal dengan bentuk tarian satu ini. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu tari kreasi baru dan contohnya di artikel berikut ini!

Apa Itu Tari Kreasi Baru?

contoh tari kreasi baru
Source: Tirto.id

Tari kreasi baru adalah bentuk tarian yang lahir dari imajinasi dan kreativitas para penari serta koreografer. Dalam tarian ini, mereka tidak terikat oleh aturan tradisional atau gerakan yang sudah ada sebelumnya, namun bebas menggabungkan berbagai elemen seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, musik, kostum, dan properti untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Salah satu ciri utama dari tari kreasi baru adalah inovasinya. Mulai dari gerakan unik hingga narasi cerita yang diangkat melalui langkah-langkah tariannya. Bahkan, tari kreasi baru juga sering kali mengusung tema-tema modern dan kontemporer yang relevan dengan zaman sekarang.

Info wajib baca: Upacara Adat Betawi: Pernikahan hingga Kematian yang Punya Nilai Simbolis

Para penari dan koreografer menggunakan kebebasan artistik ini untuk mengeksplorasi batas-batas konvensional seni tari. Mereka dapat memadukan teknik-teknik tradisional dengan gaya-gaya modern sehingga menciptakan kombinasi yang menarik dan segar bagi penonton.

Dengan keunikan konsep serta pesona artistiknya, tidak heran jika tari kreasi baru semakin digemari oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Selain sebagai sarana hiburan, tarian ini juga menjadi medium untuk menyampaikan pesan-pesan moral atau isu-isu aktual dalam masyarakat.

Secara umum, tari kreasi baru terbagi menjad tarian dengan pola tradisional dan dan tanpa pola tradisional. Berikut ini contoh dari masing-masing tariannya:

Tari Kreasi Baru dengan Pola Tradisional

contoh tari kreasi baru
Source: Sering Jalan

Salah satu ciri khas dari jenis tari ini adalah penggunaan properti yang tradisional dengan pola dan koreografer yang sedikit mengalami pembaruan.

1. Tari Nguri

Tari Nguri merupakan salah satu tari tradisional NTB yang memiliki pola gerakan khas. Dalam tari kreasi baru ini, elemen-elemen tradisional seperti gerakan tangan dan kaki yang elegan dipadukan dengan inovasi koreografi modern.

Biasanya, tarian ini digunakan untuk menyambut tamu atau raja-raja. Namun begitu, tarian ini belakangan juga kerap ditampilkan sebagai hiburan rakyat..

2. Tari Merak, contoh tari kreasi baru dari Jawa Barat

Tari Merak adalah tari tradisional dari Jawa Barat yang menggambarkan burung merak yang indah. Dalam tari kreasi baru ini, penari mempertahankan gerakan-gerakan tradisional Merak, tetapi juga menambahkan elemen-elemen baru seperti penggunaan aksesori yang lebih kreatif dan kombinasi musik modern.

Dengan demikian, Tari Merak menggabungkan keanggunan tradisional dengan kreativitas kontemporer, menciptakan pengalaman yang memukau bagi penonton.

3. Tari Rara Ngigel

Berasal dari Yogyakarta, Tari Rara Ngigel termasuk tari kreasi baru yang sangat khas. Tarian ini pun menceritakan tentang anak perempuan dan laki-laki. Maka dari itu, koreo dari tari dibuat berpasangan.

4. Tari Kupu-kupu, contoh tari kreasi baru dari Bali

Tari Kupu-kupu berasal dari Bali menggambarkan perubahan kehidupan seekor kupu-kupu. Dalam tari kreasi baru ini, penari memadukan gerakan-gerakan tradisional yang lemah gemulai dengan elemen-elemen modern seperti tata panggung yang inovatif dan penggunaan pencahayaan yang menarik.

5, Tari Manipuren

Tari Manipuren mengadopsi salah satu tarian dari Manipur, India yang memiliki akar tradisional yang dalam. Tarian ini menggunakan musik dan kostum yang lebih eksperimental, menciptakan pengalaman yang menggugah dan penuh kekuatan. 

Info wajib baca: Contoh Yel Yel MPLS, Bisa Jadi Inspirasi!

Tari Kreasi Baru Tanpa Pola Tradisional:

Source; Urbanasia

Tarian jenis ini termasuk yang sangat bebas dalam gerakannya karena tidak mewakili tradisi tertentu. Beberapa contoh tarian yang termasuk ke dalam tarian ini yaitu:

1. Hip-Hop Dance, tari kreasi baru yang modern

Hip-hop dance adalah salah satu bentuk tari kreasi baru yang lahir dari budaya perkotaan. Gerakan-gerakan yang energik dan dinamis menggabungkan elemen-elemen tarian Afrika, street dance, dan break dance.

Dalam hip-hop dance, penari bebas mengekspresikan diri mereka dengan gerakan yang kuat dan ritmis, menciptakan karya-karya yang memukau dan relevan dalam budaya populer saat ini.

2. Break Dance

Break dance adalah tarian kreasi baru yang memperlihatkan gerakan-gerakan acrobatic yang spektakuler. Dalam break dance, penari menggunakan kekuatan tubuh, kelenturan, dan kreativitas untuk menciptakan gerakan yang luar biasa. Gerakan-gerakan bebas dan improvisasi menjadi ciri khas dari tari ini dan memberikan kebebasan ekspresi yang tak terbatas.

3. Ballroom Dance

Ballroom dance adalah jenis tari sosial yang mencakup berbagai gaya seperti tango, waltz, foxtrot, dan lainnya. Dalam tari kreasi baru ballroom dance, penari menggabungkan gerakan-gerakan klasik dengan elemen-elemen koreografi yang lebih kreatif dan dinamis. Mereka bermain dengan ritme, kecepatan, dan tata panggung untuk menciptakan pertunjukan yang menarik dan menghibur.


Itu lah beberapa contoh tari kreasi baru yang perlu kamu tahu. Apakah kamu mengenali salah satunya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare