...
5-min read

Boikot Israel, 4 Brand Populer Ini Ramai Berikan Diskon

Banyak diskon yang diberikan sejumlah brand besar sebagai respons atas tudingan keberpihakannya kepada Israel.

Seperti yang diketahui, perang yang terjadi antara Israel dan Palestina menimbulkan sejumlah perubahan tak hanya di kedua negara tersebut, namun juga di Indonesia. Dampak yang paling terasa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) adalah pada bidang ekonomi. Hal itu dikarenakan banyak brand yang berasal dari Israel maupun mendukungnya, dari bidang teknologi sampai food and beverages.

Dampak tersebut membuat banyak brand memberikan diskon kepada konsumen mereka, di antaranya untuk meningkatkan kembali pendapatan maupun sebagai bentuk dukungan kepada Palestina. Apa saja brand yang memberikan diskon tersebut? Baca selengkapnya pada artikel ini!

Brand yang Memberikan Diskon Saat Produk Israel Diboikot

Ada sejumlah brand populer di Indonesia yang memberikan diskon khusus pada para pelanggannya. Berikut di antaranya:

1. McDonald’s Indonesia

McDonald’s adalah salah satu restoran fast food terbesar di dunia yang berdiri sejak tahun 1955 di California, Amerika Serikat. Mereka memiliki produk unggulan berupa Burger bernama Bigmac, dan pada saat ini, McDonald’s telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. McDonald’s pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin.

Brand food and beverages yang namanya terkenal di seluruh dunia ini juga dituding pro terhadap Israel. Banyak masyarakat Indonesia yang memboikot brand yang satu ini dan beralih ke merek lain untuk menyantap ayam goreng, burger, maupun makanan penutup. Diketahui belakangan ini McDonald’s Indonesia memberikan banyak diskon yang diunggah pada akun instagram mereka, yakni @mcdonalsid.

Dianggap mendukung Israel, mereka menyatakan keprihatinan mereka terhadap perang yang terjadi antara Israel dan Palestina. Meskipun begitu, banyak warga net yang menganggap bahwa pernyataan mereka abu-abu.

Tak hanya di Indonesia, negara-negara lain juga menunjukkan keberpihakkan mereka terhadap Palestina. Di Lebanon misalnya, masyarakat melakukan aksi protes ‘Free Palestine’ di depan gedung McDonald’s. “Sejumlah besar warga berkumpul di depan restoran cepat saji terkenal McDonald’s di Saida sebagai protes terhadap dukungannya terhadap Israel dalam perang terhadap Palestina,” cuit akun @ThisIsBeirut di X, seperti yang dilansir dari The Street, Senin (16/10/2023).

Info wajib baca: Bijaklah Dalam Memilih! Berikut 7 Merek Produk Kecantikan Asal Israel

2. Aqua

diskon israel
Source: Sehat Aqua

AQUA Group merupakan pelopor produsen air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia yang sudah berumur 40 tahun. Dikutip dari website Unnes, Aqua awalnya didirikan oleh Pak Tirto Utomo pada tahun 1973 dengan pabrik pertamanya di Bekasi.

Ide untuk membuat air mineral kemasan ini pada saat Tirto sedang bekerja dengan perusahaan Pertamina. Pada saat itu, Pak Tirto sedang menjamu tamu dari luar negeri yang sering mengeluh soal air minum.

Produk yang satu ini berasal dari Danone yang berpusat di Prancis. Alasan diboikotnya perusahaan ini yaitu dikarenakan mereka mendukung Israel. Diketahui, sejumlah minimarket dan supermarket memberikan diskon terhadap produk ini, sebab banyak konsumen yang beralih ke merek air mineral lain. Dari pihak Aqua sendiri telah membantah statement yang menyatakan bahwa mereka pro terhadap Israel.

Diketahui, produk air mineral terkenal yang satu ini memberikan potongan harga, yakni dengan strategi beli 1 gratis 1. Kini Aqua dijual hanya dengan harga 6.400 per dua botolnya.

3. Starbucks

diskon israel
Source: Twitter.com/droos_online

Starbucks berdiri sejak tahun 1971 di sepanjang jalan berbatu di Pasar Pike Place yang bersejarah di Seattle. Nah, di sinilah Starbucks membuka toko pertamanya, menawarkan biji kopi segar, teh, dan rempah-rempah dari seluruh dunia untuk dibawa pulang oleh pelanggan mereka. Nama Starbucks sendiri terinspirasi oleh kisah klasik, “Moby-Dick,” yang membangkitkan tradisi pelaut para pedagang kopi masa awal.

Brand minuman yang satu ini juga diketahui memberikan diskon besar-besaran kepada konsumen mereka akibat dampak boikot terhadap produk yang memberikan dukungan kepada Israel. Diketahui, Starbucks Mesir memberikan diskon sebanyak 78.5% untuk satu botol minuman kopi yang mereka jual. Meskipun begitu, pada 2014 silam, mereka menyatakan bahwa mereka tidak mendanai Israel dalam perang.

“Tidak. Hal ini tidak benar. Rumor bahwa Starbucks atau Howard Schultz memberikan dukungan keuangan kepada pemerintah dan/atau tentara Israel adalah sepenuhnya salah,” ungkap Starbucks pada kolom tanya jawab terkait sikap mereka terhadap dukungan dana kepada Israel. Meskipun begitu, pernyataan abu-abu Starbucks terhadap keberpihakan mereka membuat masyarakat tidak mau lagi membeli produk yang mereka jual.

Info wajib baca: Awal Sejarah Konflik Israel – Palestina, Berawal dari Pendirian Negara untuk Orang Yahudi

4. Teratu

Teratu merupakan merek skincare asal Indonesia milik beauty influencer, Alifah Ratu. Merek ini mengeluarkan sejumlah produk skincare, make up, dan deodoran yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tak hanya memberikan diskon bagi konsumen mereka, Teratu juga memberikan sebagian keuntungan mereka untuk korban perang di Palestina.

Tidak hanya memberikan harga yang terjangkau, Teratu juga memiliki produk-produk yang berkualitas. Salah satu produk Teratu, yaitu Skin Barrier Serum terbukti menunjukkan manfaat yang mereka claim pada kemasan mereka, seperti melembapkan dan memperbaiki skin barrier yang rusak.


Itulah sejumlah brand yang memberikan diskon di tengah maraknya boikot produk Israel maupun karena keberpihakan mereka kepada Palestina. Nah, apa kamu menggunakan salah satu produk di atas? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, yuk!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare