...
doa untuk kedua orang tua
5-min read

Doa Untuk Kedua Orang Tua, Baik yang Masih Hidup Maupun Sudah Meninggal

doa untuk kedua orang tua

Mengirimkan doa untuk kedua orang tua sama halnya dengan memberikan hadiah berbentuk fisik. Bahkan doa lebih bermakna, karena bermanfaat untuk dunia akhirat.

Mendoakan orang tua merupakan aktivitas yang dianjurkan dalam Islam, sebab orang tua merupakan orang yang merawat kita dari kecil hingga besar dengan penuh kasih sayang. Namun, doa seperti apa yang pantas untuk diberikan kepada mereka?

Dalam artikel ini, Minkost akan memberikanmu alasan mengapa perlu untuk mendoakan orang tua serta beberapa doa yang bisa kamu kirimkan untuk mereka. Baca sampai habis, ya!

Mengapa Perlu Mengirimkan Doa Untuk Kedua Orang Tua?

doa untuk kedua orang tua
Source: NU Online Jatim

“Tuhanmu telah menetapkan agar kamu tidak menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu. Jika salah satu atau kedua-duanya mencapai usia tua dalam hidupmu, janganlah kamu mengucapkan kata-kata yang menghina atau menolaknya, tetapi sapalah mereka dengan kata-kata yang baik. Dan karena kebaikan, turunkan kepada mereka sayap kerendahan hati, dan katakanlah: ‘Ya Tuhanku! Berikanlah kepada mereka rahmat-Mu sebagaimana mereka menyayangiku di masa kanak-kanak.'” (al-Isra, 17/23-24 )

Pada awal ayat disebutkan bahwa keinginan sah mereka harus dipenuhi dan diperlakukan dengan baik dengan perintah “Bersikaplah baik kepada orang tua!” Sebab, kata “ihsan” yang disebutkan dalam ayat tersebut melampaui ketaatan.

Kita diperintahkan untuk bersikap lebih peka terhadap mereka setelah itu terutama ketika mereka menjadi tua dan memperlakukan mereka dengan baik dalam lima derajat:

  1. Jangan menganggap melayani mereka sebagai suatu beban; jangan mengucapkan sepatah kata pun yang menghina mereka.
  2. Jangan mengusir mereka.
  3. Katakan pada mereka kata-kata yang manis dan lembut.
  4. Turunkan kepada mereka sayap kerendahan hati dengan kebaikan.
  5. Berdoalah sebagai berikut: Ya Tuhanku! Berikan pada mereka Rahmat-Mu bahkan ketika mereka menyayangiku di masa kanak-kanak!’

Info wajib baca: Doa Sapu Jagat, Arab, Latin, Beserta Artinya

Apa Saja Doa Untuk Kedua Orang Tua?

Berikut beberapa pilihan doa yang bisa kamu panjatkan untuk orang tua:

1. Doa untuk kedua orang tua yang masih hidup

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku diwaktu aku kecil.”

2. Doa untuk orang tua yang sedang sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Arab Latin: Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan.”

3. Doa kepada ibu yang masih hidup

Apabila ingin mendoakan ibu yang masih hidup di dunia, kamu bisa melantunkan bacaan berikut:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Arab Latin: Allâhummâghfirlii, dzunubii, waliwaâlidayya, wâr hamhummâ, kâmaa rabbâyaanii shâgiiraa. walijâmi’il musliminâ, wâlmuslimâati, walmu’miniinâ, wâl mu’minâati, al ahyâa’i minhum wâl amwâti, watâabi’ wabâinanaa, wa bainâhum bil khâiraati, râbbighfir wârham wa antâ khâirur raâhimiina, wâlaa quwwâta, illa biilâahi ‘aliyyil adzim

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

4. Doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia

Source: Orami

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Latin: Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu’allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

Info wajib baca: Bacaan Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Keutamaannya

5. Pelengkap doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Selain doa di atas, kamu juga bisa melanjutkannya dengan doa berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

Arab latin: Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa’fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”

Selanjutnya, untuk menutup doa kepada orang tua yang sudah meninggal, kamu bisa membaca doa sapu jagat, sholawat nabi dan membaca surah al-Fatihah.


Kita telah mengeksplorasi makna doa untuk orang tua. Mendoakan orang tua merupakan tindakan yang mengandung nilai yang mendalam dan penuh cinta. Mengirimkan doa juga salah satu cara kita mengungkapkan rasa terima kasih, harapan, dan kasih sayang kita terhadap mereka.

Mau menambah pengetahuan lainnya? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare