...
gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah
5-min read

7 Rekomendasi Gaya Rambut Pendek Pria Sesuai Bentuk Wajah, Cek Tips yang Cocok

gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah

Lagi cari gaya rambut yang cocok? Cek tips menentukan gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah!

Siapa bilang hanya kaum Hawa yang repot memilih model rambut wanita pendek? Pria pun bisa tampil lebih menarik dengan gaya rambut yang tepat.

Namun, bagaimana cara menentukan gaya rambut pendek yang cocok untuk pria berdasarkan bentuk wajahnya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini!

Bagaimana Cara Menentukan Gaya Rambut yang Tepat untuk Wajah Pria?

gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah
Source: IDN Times

Ada banyak faktor yang membuat potongan rambut sempurna untukmu. Berikut ini adalah panduan tentang memilih gaya rambut yang sesuai dengan kepribadian, bentuk wajah, dan gaya hidup seseorang.

1. Kenali bentuk wajah kamu

Penting juga untuk mengetahui bentuk wajah kamu karena ini akan membantumu menentukan gaya rambut yang cocok.

Ada beberapa bentuk wajah umum seperti persegi, oval, bulat, segitiga, dan kotak. Setiap bentuk wajah membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam memilih gaya rambut.

2. Pilih gaya rambut sesuai kepribadian

Gaya rambut juga dapat mencerminkan kepribadianmu. Jika kamu adalah orang yang ekstrover dan suka tampil mencolok, mungkin ingin mencoba gaya rambut yang berani seperti undercut atau pompadour.

Bagi mereka yang lebih suka penampilan yang klasik dan elegan, potongan rambut seperti quiff atau slicked-back dapat menjadi pilihan terbaik. Jika kamu lebih suka penampilan yang santai dan alami, pertimbangkan gaya rambut lebih panjang dan biarkan rapi.

3. Pertimbangkan tren terkini

Tren dalam gaya rambut terus berubah dari waktu ke waktu. Mengikuti tren terkini dapat memberikan tampilan yang segar dan modern. Kamu dapat mencari inspirasi melalui majalah mode, selebritas, atau mengikuti akun media sosial yang berfokus pada gaya rambut pria.

Namun, selalu ingat bahwa tidak semua tren cocok untuk semua orang, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kepribadian, bentuk wajah, dan gaya hidup kamu.

4. Sesuaikan dengan gaya hidupmu

Selanjutnya, pertimbangkan gaya hidup kamu saat memilih gaya rambut. Jika kamu memiliki pekerjaan yang membutuhkan tampilan profesional, nih, mungkin perlu memilih gaya rambut rapi dan teratur.

Di sisi lain, jika kamu memiliki gaya hidup yang lebih santai dan kreatif, silakan bereksperimen dengan potongan rambut lebih unik dan berani.

5. Konsultasikan dengan penata rambut profesional

Terakhir, jika kamu masih bingung atau tidak yakin dengan pilihan gaya rambut yang tepat, selalu ada baiknya berkonsultasi dengan penata rambut profesional.

Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk membantumu menemukan gaya rambut yang paling sesuai dengan kamu. Diskusikan preferensi kamu, tanyakan saran mereka, dan jangan ragu untuk mencoba sesuatu yang baru.

Info wajib baca: 10 Model Rambut Pria yang Cocok untuk Wajah Bulat Gemuk | Terlihat Lebih Slim dan Keren

Rekomendasi Gaya Rambut Pendek Pria Sesuai Bentuk Wajah

gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah
Source: Anotherorion.com

Tentu, berikut adalah beberapa saran gaya rambut pendek untuk pria sesuai dengan bentuk wajah yang berbeda. Gaya rambut yang tepat dapat meningkatkan penampilan dan membantu menonjolkan fitur terbaik pada wajahmu.

1. Gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah oval

Wajah oval dianggap sebagai bentuk wajah yang paling serasi, karena hampir semua gaya rambut cocok dengan baik. Pria dengan wajah oval dapat mencoba berbagai gaya rambut pendek, mulai dari potongan rata, undercut, pompadour pendek, hingga crew cut.

Gaya rambut pendek yang mempertahankan sedikit tekstur di bagian atas kepala biasanya cocok dengan sempurna untuk wajah oval.

2. Wajah persegi

Pria dengan wajah persegi biasanya memiliki garis rahang yang tegas dan kuat. Untuk memperhalus fitur ini, disarankan untuk memilih gaya rambut pendek dengan volume di bagian atas kepala dan sedikit panjang di bagian samping. Contoh gaya rambut yang cocok adalah faux hawk, quiff pendek, atau slicked back dengan tekstur.

3. Wajah bulat

Jika memiliki wajah bulat, pria dapat mencoba gaya rambut yang memberikan efek visual yang lebih panjang dan memanjangkan wajah.

Disarankan untuk menghindari potongan rambut yang terlalu pendek di samping dan pilihlah gaya rambut dengan volume di atas kepala. Contoh gaya rambut yang sesuai termasuk pompadour tinggi, comb over, atau side part dengan rambut yang diangkat ke atas.

4. Gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah segitiga

Wajah segitiga memiliki dagu yang lebar dan dahi yang sempit. Gaya rambut yang cocok adalah gaya rambut pendek dengan volume di bagian atas dan samping yang lebih tebal.

Undercut dengan rambut panjang di atas kepala dan samping pendek bisa menjadi pilihan yang baik. Pria dengan wajah segitiga juga dapat mencoba gaya rambut buzz cut atau crew cut.

Info wajib baca: 10 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Tanpa Bahan Kimia!

5. Wajah panjang

Untuk wajah panjang, gaya rambut yang cocok adalah yang memberikan kesan lebar pada wajah. Disarankan untuk menghindari gaya rambut dengan rambut yang terlalu pendek di samping.

Potongan rambut yang lebih panjang di atas kepala dengan samping yang sedikit lebih pendek bisa memberikan keseimbangan. Contoh gaya rambut yang cocok adalah pompadour, slicked back, atau comb over dengan rambut yang diangkat ke atas.

6. Wajah berbentuk hati

Pria dengan wajah berbentuk hati memiliki dahi yang secara dramatis lebih lebar daripada garis rahang, dan mungkin runcing, berbentuk sudut atau bulat. Kalau kamu memiliki wajah berbentuk hati, cobalah sesuatu yang sedikit lebih panjang dan lebih tebal di bagian atas dan samping.

Jangan takut untuk tampil berani dengan gaya rambut depan. Gaya ini akan membantu kamu menampilkan bagian bawah wajahmu agar terlihat lebih tirus. Beberapa gaya rambut terbaik untuk pria dengan wajah berbentuk hati meliputi.

  • Rambut Sebahu, sangat ideal untuk pria yang memiliki dagu lancip tapi nggak ingin memanjangkan rambut depan, potongan sebahu dapat membantu meratakan lebar wajah untuk penampilan yang lebih proporsional.
  • Textured Quiff, potongan ini seperti pompadour yang dipadukan dengan gaya elang tiruan dan cepak.
  • Pompadour, kenapa nggak pilih gaya pompadour klasik saja? Satu-satunya yang perlu diperhatikan di sini adalah, kalau kamu ingin mencoba gaya pompadour dan wajahmu berbentuk hati, pastikan kamu memilih gaya dengan tampilan yang lebih bervolume. Misalnya, gaya yang lebih mirip James Dean atau Elvis dibandingkan David Beckham.

7. Gaya rambut pendek pria sesuai bentuk wajah diamond

Pria dengan wajah berbentuk diamond memiliki tulang pipi yang lebar, namun garis rahang dan alis yang sempit. Untuk membuat wajah kamu terlihat lebih oval, sebaiknya pilih potongan rambut yang akan menambah lebar dahi kamu.

Beberapa gaya rambut terbaik untuk pria dengan wajah berlian meliputi berikut.

  • Potongan Bertekstur, pada wajah berbentuk diamond, tulang pipi adalah bagian yang paling lebar. Berarti ukuran dahi dan ukuran rahang keduanya lebih kecil dari tulang pipi.
  • Bagian Tengah Berbelahan Panjang, rahang yang lebar diimbangi dengan potongan rambut yang panjang dan berbelah tengah. Rambut tipis membantu menarik mata ke arah tengah wajah.
  • Menyisir ke Samping, rambut sebatas telinga terlihat bagus kalau disisir secara dramatis ke samping.

Selain bentuk wajah, faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah tekstur dan jenis rambut. Konsultasikan dengan tukang cukur atau penata rambut untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih spesifik berdasarkan karakteristik rambut kamu.

Tetaplah eksplorasi dan mencoba berbagai gaya rambut, karena yang terpenting adalah memilih gaya rambut yang membuat kamu merasa percaya diri dan nyaman. Kamu yang mau coba gaya rambut oppa Korea bisa intip model rambut pria Korea berikut ini, ya.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare