...
haid hari jumat
5-min read

Rahasia di Balik Arti Haid Hari Jumat Menurut Primbon Jawa

haid hari jumat

Menurut primbon Jawa, haid hari Jumat ternyata pertanda sedang mendapatkan kedamaian batin, loh!

Kamu pernah denger arti menarik di balik haid hari Jumat menurut primbon Jawa? Jika belum, maka kamu berada di tempat yang tepat untuk mempelajarinya lebih lanjut! Dalam budaya Jawa, banyak kepercayaan dan tradisi yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Salah satu tradisinya adalah arti dari periode menstruasi pada hari Jumat. Kami akan membahas dengan detail segala hal menarik seputar primbon ini – mulai dari maknanya yang kuno hingga penggambarannya dalam kehidupan sehari-hari. Bersiaplah untuk menggali pengetahuan baru dan misteri mendalam, karena dunia primbon tak pernah berhenti memberikan kejutan!

Arti Haid Hari Jumat Menurut Primbon Jawa

Dalam kepercayaan primbon Jawa sendiri, ada banyak hal yang memiliki arti serta pertanda masing-masing. Primbon juga seringkali digunakan oleh orang Jawa untuk menentukan watak sampai jodoh seseorang, misalnya weton Jumat Pahing yang kabarnya jadi pribadi boros tapi rezekinya tetep lancar.

Selain bahasan terkait weton atau hari kelahiran seseorang, primbon Jawa sendiri juga banyak membahas arti dari berbagai macam jenis mimpi, mulai dari mimpi yang menurut kita aneh sampai mimpi yang menurut kita biasa aja seperti arti mimpi rambut rontok.

Nggak cuma soal watak seseorang yang lahir pada hari menurut tanggalan Jawa, primbon juga ternyata membahas hal lainnya yang mungkin nggak kepikiran oleh kita seperti arti haid hari Jumat!

Menurut kepercayaan primbon Jawa, seseorang yang datang bulannya dimulai pada hari Jumat, maka itu merupakan pertanda ia sedang mendapat ketenangan batin serta ketenteraman pikiran.

Kabarnya, tidak akan ada pengaruh masalah yang menyelimuti serta tidak ada firasat buruk yang sedang atau akan terjadi dalam waktu dekat.

Info wajib baca: Mengenal Weton Jumat Pon: Watak, Karier, dan Jodoh!

Arti Hari Jumat Menurut Primbon Jawa

haid hari jumat
Source: Popbela.com

Kalo tadi adalah bahasan terkait hari haid pertama menurut primbon, sekarang kita bahas arti dari hari Jumatnya, yuk!

Berdasarkan buku Kitab primbon Jawa Serbaguna, arti hari Jumat sendiri memiliki sifat “Semuci suci, lan kudu resik-resik”. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, maka arti “Semuci suci, lan kudu resik-resik” adalah suka berpura-pura menjadi orang suci dan suka kebersihan dalam segala hal.

Dengan demikian, arti hari Jumat menurut primbon Jawa adalah pertanda tentang seseorang yang suka berpura-pura menjadi orang suci. Selain itu, arti hari Jumat juga pertanda kebersihan dalam segala hal.

Tapi perlu diingat, tiap orang yang lahir di hari ini belum tentu memiliki sifat yang sama, ya. Dalam hal sifat pura-pura suka kebersihan ini malah bisa jadi berdampak baik, loh.

Dampak baik apa? Orang yang pura-pura suka kebersihan nanti lama-lama bakal jadi kebiasaan bersih juga, kan?

Info wajib baca: Keunikan Weton Jumat Wage, Baik tapi Sial?

Penyebab Siklus Haid Tidak Normal

haid hari jumat
Source: artikel Rumah123.com

Seperti yang kita tau, siklus haid sendiri normalnya rutin terjadi setiap sebulan sekali bagi para perempuan. Tapi tau nggak, kalo ternyata siklus haid yang nggak normal juga bisa terjadi?

Siklus haid yang tidak normal dapat mencakup perubahan dalam lamanya siklus, jumlah darah yang keluar, atau gejala-gejala lain yang tidak biasa. Ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari siklus haid yang tidak normal:

1. Stres dan gaya hidup

Stres yang berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan memengaruhi siklus haid. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidur yang tidak cukup, konsumsi makanan tidak seimbang, dan kurangnya aktivitas fisik, juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan mengganggu siklus haid.

2. Gangguan hormon

Gangguan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, dan gangguan hipotalamus atau hipofisis dapat menyebabkan ketidaknormalan dalam siklus haid. PCOS terkait dengan produksi hormon yang tidak seimbang, sedangkan masalah pada tiroid dapat memengaruhi produksi hormon tiroid yang dapat mempengaruhi siklus haid.

3. Berat badan

Kondisi berat badan yang sangat rendah atau sangat tinggi dapat mempengaruhi siklus haid. Perubahan berat badan yang drastis dapat memengaruhi produksi hormon, terutama hormon reproduksi, yang pada gilirannya mempengaruhi siklus haid.

4. Menopause dan perimenopause

Menopause adalah tahap dalam hidup seorang wanita ketika ia berhenti mengalami menstruasi. Perimenopause adalah masa transisi menuju menopause. Selama perimenopause, siklus haid bisa menjadi tidak teratur sebelum akhirnya berhenti sama sekali.

5. Kontrasepsi hormonal

Penggunaan kontrasepsi hormonal seperti pil KB atau IUD hormonal dapat mempengaruhi siklus haid. Beberapa wanita mungkin mengalami perubahan dalam lamanya siklus atau jumlah darah yang keluar.


Disamping arti haid hari Jumat yang dipercaya oleh sebagian orang yang masih berpegang pada ramalan primbon Jawa, kamu sendiri percaya nggak? Atau mungkin punya pendapat lainnya soal arti dari haid hari Jumat ini? Boleh banget tulis di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Jakarta Pusat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare