...
weton jumat wage
5-min read

Keunikan Weton Jumat Wage, Baik tapi Sial?

weton jumat wage

Para empunya weton Jumat Wage, ini beberapa keistimewaan kamu, lho. Cek, yuk!

Weton atau hari lahir menurut kepercayaan Jawa, dipercaya memiliki keistimewaannya masing-masing, nggak terkecuali dengan weton kali ini. Buat kamu yang lahir di Jumat Wage, ini dia beberapa keistimewaanmu.

Weton adalah istilah dalam budaya Jawa yang merujuk pada penanggalan kelahiran seseorang. Konsep weton sangat penting dalam kehidupan masyarakat Jawa karena dipercayai memiliki pengaruh pada karakteristik, sifat, dan takdir seseorang.

Jumat Wage adalah salah satu kombinasi hari kelahiran dalam kalender Jawa. Jumat adalah hari ke-6 dalam sistem hari lahir atau hari biasa, sementara Wage adalah salah satu dari lima hari dalam pekan pasaran di kalender Jawa. Lima hari pasaran tersebut adalah Wage, Kliwon, Legi, Pahing, dan Pon.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, weton Jumat Wage memiliki arti yang khusus dan memiliki pengaruh pada karakteristik dan takdir seseorang yang lahir pada hari tersebut. Yuk, kita langsung simak beberapa keistimewaan weton yang satu ini!

Info wajib baca: Weton Minggu Wage, Cek Watak Sampai Peruntunganmu di Sini!

Keistimewaan Weton Jumat Wage

Beda weton, pastinya beda watak, sampai jodohnya. Nggak terkecuali dengan weton Jumat Wage berikut ini. Jumat Wage sendiri memiliki neptu yang lumayan kecil, yaitu 10. Dihitung berdasarkan hari lahir Jumat yang bernilai 6 dan hari pasaran Wage yang bernilai 4.

Neptu ini tentunya jadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal-hal yang berkaitan dengan weton Jumat Wage. Udah penasaran? Langsung simak aja, yuk!

1. Watak Weton Jumat Wage

weton jumat wage
Source: Dragen Zigic (Freepik)

Menurut Primbon Jawa, weton Jumat Wage dipengaruhi oleh “Lintang Maglut,” yang memberikan karakteristik positif kepada individu yang lahir pada hari ini.

Orang-orang dengan weton ini cenderung memiliki watak yang baik, jujur, dan berpikiran bersih. Mereka dikenal sebagai sosok yang suka menolong dan memiliki hati yang lembut.

Selain itu, orang dengan weton Jumat Wage juga dikenal sebagai individu yang cerdas, selalu bersemangat, dan aktif dalam segala aspek kehidupan. Mereka umumnya bersifat ramah dan mudah berinteraksi dengan orang lain, menjalin hubungan pertemanan yang kuat.

Meskipun memiliki banyak sifat positif, ada juga sisi gelap yang terkait dengan weton Jumat Wage. Orang-orang yang lahir pada hari ini dapat cenderung pandai berbohong, terkadang terlihat angkuh atau sombong, dan sulit memberi maaf. Kesulitan-kesulitan ini dapat memengaruhi hubungan asmara dan pertemanan mereka.

Namun, masih ada harapan, kok. Sifat-sifat buruk dan kesialan yang terkait dengan weton Jumat Wage konon dapat diatasi melalui ruwatan atau upacara keagamaan. Hal ini diharapkan dapat menjaga masa depan seseorang yang memiliki weton ini.

2. Rezeki

weton jumat wage
Source: 8photo (Freepik)

Rezeki seseorang yang lahir pada hari Jumat Wage cenderung sulit dan mengalir sangat kecil, terutama karena neptunya yang relatif kecil (10). Namun, ada harapan di sini, karena di usia antara 30 hingga 35 tahun, mereka diprediksi akan mengalami masa kejayaan.

Untuk mencapai kesuksesan ini, seseorang dengan weton Jumat Wage perlu memenuhi beberapa syarat. Mereka harus tetap ulet, bersemangat, dan jujur sejak usia muda.

Kunci untuk mencapai keberuntungan ini adalah tetap berhati-hati, bekerja dengan jujur, dan menjaga semangat kerja. Ini akan membantu mereka mencapai kesuksesan dan meningkatkan peruntungan mereka.

3. Jodoh

weton jumat wage
Source: master1305 (Freepik)

Mencari pasangan hidup adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan seseorang. Bagi para pemilik weton Jumat Wage, cocoknya pasangan hidup mereka adalah yang memiliki neptu 9 atau 14. Ini berarti mereka cocok dengan individu yang lahir pada hari Senin Legi, Rabu Pon, Minggu Pahing, Sabtu Legi, Jumat Kliwon, dan Minggu Wage.

Dengan pasangan yang berasal dari salah satu hari tersebut, rumah tangga mereka diprediksi akan harmonis, bahagia, dan langgeng hingga akhir hayat. Meskipun weton bisa memberikan petunjuk tentang cocok atau tidaknya seseorang dengan pasangan tertentu, sebaiknya tidak menjadikan weton sebagai satu-satunya faktor dalam hubungan asmara, ya.

Info wajib baca: Waduh, Weton Jumat Kliwon Kurang Beruntung Soal Rezeki?

Beda Weton dan Neptu

Dari tadi nyebut ‘weton’ sama ‘neptu’, emang beda, min? Beda, dong! Seperti yang sudah dijelaskan di awal, weton adalah hari kelahiran seseorang dalam kalender Jawa, yang merupakan gabungan dari hari lahir (Senin – Sabtu) dan hari pasaran (Pon, Wage, Legi, Pahing, dan Kliwon).

Sementara itu, neptu adalah jumlah nilai dari hari kelahiran seseorang, di mana neptu adalah jumlah dari nilai masing-masing hari lahir dan hari pasaran. Sebagai contoh, neptu untuk Jumat Wage adalah 10, yang dihitung berdasarkan nilai 6 (hari lahir Jumat) dan 4 (hari pasaran Wage). Jadi, weton dan neptu adalah dua konsep terpisah, meskipun keduanya berkaitan erat dalam budaya Jawa.

Jadi sudah jelas, ya, gaes. Weton dan neptu adalah dua hal yang berbeda, tapi tetap berhubungan satu sama lain.


Nah, itulah sedikit bahasan terkait watak, rezeki, dan jodoh bagi seseorang yang lahir pada Jumat Wage. Buat kamu yang percaya, monggo, jadikan informasi di atas sebagai wejangan hidup, tapi ambil yang positifnya aja, ya. Buat kamu yang cuma mau jadikan ini sebagai hiburan, juga boleh banget!

Dengan menghargai kepercayaan terkait weton Jawa, kamu juga turut melestarikan salah satu budaya nenek moyang Indonesia yang masih eksis sampai sekarang. Kira-kira dari penjelasan di atas ada yang relate nggak, nih? Tulis di komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare