...
IESF 2023
5-min read

Selain IESF WEC 2023, Ini Daftar Turnamen Esport Terpopuler di Indonesia maupun Dunia

IESF 2023

Siapa jagoan kamu di IESF 2023 kali ini?

Saat ini, esports telah menjadi fenomena global yang menggemparkan dunia hiburan. Jutaan pemain dari seluruh penjuru planet ini bersaing dalam turnamen-turnamen penuh gengsi untuk memperebutkan hadiah besar dan reputasi tinggi

Salah satu turnamen esports yang cukup populer di dunia adalah IESF World Esports Championship. Pada tahun ini, IESF WEC 2023 digelar mulai dari tanggal 29 Agustus 2023 hingga 3 September 2023 dan diikuti oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.

Lantas, selain IESF WEC, apa saja turnamen esports lainnya yang cukup populer di mata pencinta games? Yuk, baca terus artikel ini sampai habis!

Info wajib baca: Apa Itu Notebook dan Laptop? Kenali Perbedaannya!

Apa itu IESF?

IESF 2023
Source: kincir.com

IESF, singkatan dari International Esports Federation adalah sebuah organisasi global yang didedikasikan untuk memajukan dan mengembangkan industri esports di seluruh dunia. Organisasi ini telah menjadi salah satu kekuatan pendorong utama dalam pertumbuhan pesat kompetisi esports dan pengakuan internasional terhadap atlet-atlet esports.

Dibentuk pada tahun 2008, IESF berfokus pada tiga bidang utama: kompetisi, pendidikan, dan pembinaan. Mereka menyelenggarakan turnamen-turnamen prestisius seperti World Championship dan Asian Championship sebagai ajang bagi para atlet esports untuk bersaing secara fair dan adil.

Salah satu momen yang sangat dinantikan oleh para pecinta esports adalah IESF World Championship tahun 2023. Turnamen ini dijadwalkan akan digelar di Indonesia! Para pemain profesional dari berbagai negara akan berkumpul untuk bertanding dalam beberapa disiplin game populer seperti Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Tekken 7, Street Fighter V, Hearthstone dan masih banyak lagi!

Tidak hanya itu saja, IESF juga meluncurkan program pendidikan serta pembinaan bagi para atlet muda agar dapat mengembangkan potensi mereka dalam dunia esports. Dengan demikian, IESF tidak hanya menjadi wadah untuk kompetisi tingkat dunia tetapi juga mendukung perkembangan jangka panjang industri ini.

Info wajib baca: Spek Minimum untuk Main Valorant | Game FPS yang Populer di Kalangan Gamer

Daftar Turnamen Esport Terpopuler di Indonesia dan Dunia

Ada banyak turnamen esports yang digelar di tahun 2023 ini, termasuk IESF World Esports Championship 2023. Pada tahun ini, turnamen IESF WEC 2023 diselenggarakan di Iaşi, Romania. Adapun beberapa daftar turnamen esport lainnya yang cukup populer antara lain adalah sebagai berikut:

1. MPL Indonesia

Source: terasjabar.id

Pada tahun ini, turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL Indonesia) memasuki season ke-12 dan berlangsung dari bulan Agustus hingga Oktober 2023. MPL Indonesia digelar sebagai bagian dari kualifikasi M5 World Championship.

2. M5 World Championship

M5 World Championship adalah ajang turnamen game “Mobile Legends” tingkat dunia  yang diselenggarakan oleh Moonton. Pada musim kelimanya ini, Filipina terpilih menjadi tuan rumahnya dan diselenggarakan pada bulan Desember 2023.

3. PMPL ID

Bisa dibilang, PMPL atau PUBG Mobile Pro League merupakan turnamen game online” PUBG” berskala nasional dan internasional. Turnamen ini diikuti berbagai tim esport profesional dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Biasanya, PMPL ID digelar dalam dua musim, yaitu spring dan fall.

4. Free Fire Master League (FFML)

Source: antaranews.com

Free Fire Master League (FFML) adalah turnamen kelas tertinggi dari judul game “Free Fire” di Indonesia. Pada turnamen ini, biasanya diikuti oleh 18 tim yang bertanding memperebutkan gelar sebagai tim Free Fire terbaik di Indonesia.

5. DOTA Pro Circuit

Dota Pro Circuit adalah rangkaian turnamen resmi game “Dota 2” yang secara resmi hadirkan pada tahun 2017. Dalam turnamen tersebut, berbagai tim esports profesional akan bertanding mengumpulkan Dota Pro Circuit Points sebanyak-banyaknya. Tim dengan perolehan DPC terbanyak, nantinya berhak mendapatkan undangan langsung ke The International.

Info wajib baca: Macam-Macam Virus Komputer yang Paling Sering Menyerang, Kenali dan Lindungi PC Kamu

6. IESF World Esports Championships

IESF WEC adalah turnamen tahunan berskala internasional yang diselenggarakan oleh IESF atau induk organisasi esports dunia. Menariknya, dalam turnamen IESF WEC tahun 2023 ini, selain “Mobile Legends” ada pula game lainnya yang dipertandingkan seperti “CS:GO”, “Dota 2”, “e-Football”, “Tekken 7”, hingga PUBG Mobile.


Nah, itulah deretan turnamen epsorts yang cukup populer dikalangan para pencinta games. Dalam dunia esports, turnamen memang menjadi ajang yang sangat penting bagi para pemain dan penggemar.

Melalui turnamen ini, mereka dapat berkompetisi secara fair dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka di hadapan penonton yang antusias. Di Indonesia maupun di seluruh dunia, ada beberapa turnamen esports yang sangat populer dan dinantikan setiap tahunnya.

Kalau kamu sendiri, turnamen esports mana yang menjadi favoritmu dan sering kamu ikuti, nih? Coba share di kolom komentar, yuk!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare