...
haid hari sabtu
5-min read

Menyingkap Rahasia Arti Haid Hari Sabtu Menurut Primbon Jawa

haid hari sabtu

Penasaran sama rahasia dari arti haid hari Sabtu menurut primbon Jawa?

Kali ini, kita akan membahas salah satu misteri yang mungkin belum kamu tau arti haid hari Sabtu menurut primbon Jawa. Dalam budaya Jawa, banyak kepercayaan dan mitos yang terkait dengan hari-hari tertentu dalam seminggu, termasuk menstruasi pada hari Sabtu.

Apakah ada makna khusus di balik fenomena ini? Mari kita telusuri bersama-sama dan rasakan sentuhan mistis dari kearifan lokal nenek moyang kita berikut ini!

Arti Haid Hari Sabtu Berdasarkan Primbon Jawa

haid hari sabtu
Source: Ladiestory.ID

Menurut Primbon Jawa, haid pada hari Sabtu maka ada firasat tertentu yang diterima oleh wanita tersebut. Adanya firasat pada haid itu berbeda-beda, ada yang pertanda kebahagiaan hingga kabar kurang menyenangkan.

Menurut salah satu sumber, jika kamu mengalami haid pada hari Sabtu, ini artinya jadi sebuah pertanda kalau kamu akan terkejut dengan sebuah kejadian tertentu. Entah itu karena kejadian yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

Yang penting, kamu harus mempersiapkan diri dalam menghadapi apa yang akan terjadi kedepannya entah itu terkait hal baik maupun yang nggak baik, biar kamu nggak terlalu kaget atau terpukul nantinya.

Selain arti haid berdasarkan hari, ternyata ramalan haidnya seorang perempuan juga bisa berbeda-beda tergantung pada bulan apa mereka datang bulan.

Info wajib baca: Weton Sabtu Pahing Punya Watak Keras! Cari Tahu Jodoh dan Peruntungannya di Sini

Arti hari Sabtu berdasarkan primbon Jawa

Menurut buku primbon Jawa, arti hari Sabtu sendiri berhubungan dengan sifat “serakah barang karepe lan srumbung”. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, maka artinya adalah “sifat serakah dalam berbagai hal dan angkuh”.

Dengan demikian, arti hari Sabtu menurut Primbon Jawa ini adalah serakah dan angkuh. Tapi, nggak berarti semua orang yang lahir di hari Sabtu ini memiliki sifat demikian, ya. Sifat dan watak seseorang bisa berbeda-beda tergantung wetonnya, contohnya seperti weton Sabtu Kliwon.

Arti Haid Berdasarkan Bulan Menurut Primbon

Siapa sangka kalau selain terkait dengan ramalan berdasarkan hari di mana seseorang perempuan datang bulan, ternyata beda bulan saat haid datang juga bisa berbeda artinya, loh! Kira-kira apa aja artinya?

  • Datang bulan pada Januari biasanya menandakan kalo kamu akan merasa senang
  • Datang bulan pada Februari berarti akan ada yang sayang sama kamu
  • Datang bulan pada Maret artinya kamu akan ditunggu orang
  • Datang bulan pada April berarti akan ada yang cinta
  • Datang bulan pada Mei berarti akan diganggu pikiran tidak enak
  • Datang bulan pada Juni berarti kamu akan dibenci oleh seseorang
  • Datang bulan pada Juli berarti kamu akan diharapkan seseorang
  • Datang bulan pada Agustus berarti akan ada yang sayang dan rindu [adamu
  • Datang bulan pada September berarti akan ada yang cinta denganmu
  • Datang bulan pada Oktober berarti akan ada yang menanti kehadiranmu
  • Datang bulan pada November berarti akan ada yang rindu
  • Datang bulan pada Desember berarti akan ada yang menunggu kamu

Info wajib baca: Aura Positif yang Terpancar dari Weton Sabtu Pon

Kenapa Hari Datang Bulan Bisa Berbeda Tiap Bulannya?

haid hari sabtu
Source: Jowonews

Faktanya, panjang siklus menstruasi wanita dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Siklus menstruasi adalah proses alami di mana tubuh wanita mempersiapkan diri untuk kemungkinan kehamilan setiap bulannya.

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung sekitar 28 hari, tetapi kisaran normalnya bisa antara 21 hingga 35 hari. Variasi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor fisiologis, hormonal, dan lingkungan. Berikut beberapa alasan mengapa panjang siklus menstruasi dapat berbeda-beda:

1. Faktor hormonal

Siklus menstruasi dikendalikan oleh berbagai hormon, termasuk hormon estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh ovarium. Ketidakseimbangan hormon ini atau fluktuasi alami dalam kadar hormon bisa memengaruhi panjang siklus. Selama fase folikular (sebelum ovulasi), kadar estrogen meningkat dan dapat memengaruhi waktu ovulasi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi panjang siklus.

2. Stres

Stres fisik atau emosional dapat memengaruhi hormon reproduksi dan mengganggu siklus menstruasi. Hormon stres seperti kortisol dapat mempengaruhi pelepasan hormon-hormon reproduksi, menyebabkan perubahan dalam panjang siklus.

3. Gizi dan kesehatan umum

Gizi yang tidak seimbang atau masalah kesehatan tertentu dapat berdampak pada regulasi hormon dan panjang siklus. Kekurangan nutrisi atau berat badan yang sangat rendah dapat mengganggu produksi hormon reproduksi.

4. Aktivitas fisik

Tingkat aktivitas fisik yang tinggi atau rendah juga dapat mempengaruhi panjang siklus menstruasi. Olahraga berat yang berlebihan atau, sebaliknya, gaya hidup yang sangat pasif, dapat mengganggu regulasi hormon dan mengubah siklus.

5. Masalah kesehatan

Kondisi medis tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau gangguan tiroid, dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi panjang siklus.


Selain ramalan tentang haid hari Sabtu yang pastinya menarik buat kamu simak, jangan sampai lalai sama kondisi haid serta kesehatan organ reproduksi kamu. Nggak cuma telat haid yang perlu kamu perhatikan, tapi juga tanda-tanda penyakit lain seperti kista ovarium.

Biar terhindar dari salah satu penyakit tersebut, kamu bisa mulai dengan menghindari makanan penyebab kista ovarium dan mulai gaya hidup sehat!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare